Cara Mengatasi Baterai di Cas Malah tidak Penuh Atau Full 100% Work

Solusi dan cara mengatasi baterai smartphone android maupun iphone ios yang di cas malah berkurang dan tidak penuh. Beberapa masalah mengenai battery memang sangat menjengkelkan apalagi jika anda mendapatkan kendala seperti baterai hp yang dicas tidak penuh malah menjadi berkurang. Di sisi lain anda sangat memerlukan smartphone tersebut untuk beraktivitas.

Memang benar, salah satu alternatif cara untuk mengatasi battery tidak bisa di cas adalah dengan cara Anda bisa membeli powerbank dan hanya perlu diselipkan saja kedalam tas semuanya jadi beres. Namun apabila baterai tidak bertambah saat di charge ini dibiarkan saja, pemasalahannya tidak akan terselelsaikan. Powerbank hanyalah sebuah alternatif saja, bukan sebagai sebuah solusi untuk mengatasi baterai hp dicas tapi tidak bisa penuh. Lalu hal apa yang dapat menyebabkan hal ini terjadi?

Penyebab Mengapa baterai tidak bisa penuh saat di charge?

Sebagai pengguna smartphone atau gadget lainnya, kita perlu mengetahui jika bateria smartphone yang sudah penuh adalah dengan memeriksa indikator baterai sampai 100%. Penyebab baterai berkurang saat di charge bisa diakibatan oleh beberapa faktor yang terjadi, contohnya kemungkinan ada kerusakan pada port USB, port usb di hp retak, charger yang tidak sesuai, sumber listrik yang bukan tempatnya hingga indikator baterai android yang kemungkinan rusak atau error.

1. Pastikan Anda Menghubungkan USB Port Dengan Benar.

Salah satu kemungkinan charger tidak full pada smartphoen itu dikarenakan pada USB port yang ada di smartphone rusak atau patah akibat tidak berhati-hati saat menghubungkannya. Jadi ketika anda sedang mengecas gadget usahakan jangan sampai bengkok.

2. Charger yang Tidak Sesuai dengan Aslinya.

Sebelum anda menge cas hp lebih baik jangan asal ngecas hp terlebih dahulu, charger itu ada ukuran dayanya. Misalnya smartphone Anda adalah Samsung Galaxy S7 tapi di charging menggunakan charger Smartfren Andromax. Selain tidak sesuai hal ini juga memungkinkan baterai smartphone akan cepat rusak. Jadi gunakan aksesoris asli saja.

3. Ganti Kebel USB.

Pengguna smartphone yang battery hp nya tidak ful setelah di cas kelamaan sering mengalami masalah seperti ini sering juga diakibatkan oleh kabel USB yang bocor atau putus dari dalam. Hal ini diakibatkan sering menggulungkan kabel ke kepala charger dengan sangat kuat hingga susah untuk diluruskan kembali.

4. Ganti Baterai Smartphone.

Salah satu penyebab baterai tidak terisi saat dicas atau malah berkurang adalah karena rusaknya pada baterai itu sendiri. Coba Anda lihat apakah baterai tersebut menggembung atau mengempis?

5. Charging Dari Sumber yang Benar.

Nah ini salah satu kebiasaan yang sering dilakukan meskipun sedang tidak dalam mode darurat adalah ngecas dari laptop. Jangan heran kenapa baterai android tidak bisa full karena sumbernya sendiri asal saja

6. Custom ROM Tidak Cocok.

Bagi yang suka mengkostumisasi smartphone Android dengan custom ROM, kejadian ini sudah biasa. Indikator pada baterai terkadang jadi error dengan menampilkan daya 100% padahal hanya bertahan 15 menit saja. Untuk itu, kembalikan lagi ke ROM asli adtau bawaan.

7. Update atau Downgrade Android OS.

Pembaruan sistem yang diberikan biasanya akan memperbaiki bugs namun tidak menutup kemungkinan juga malah akan menimbulkan bugs baru yang menimpa baterai smartphone. Jika baterai hp dicas tidak bisa penuh setelah di update, lakukan downgrade dan sebaliknya.

8. Lihat Kecepatan Charger Sebelum Diganti.

Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh

Aplikasi Ampere dapat memperlihatkan kepada kita performa charger saat mengisi daya. Download aplikasinya di Play store kemudian cas smartphona Anda. Nantinya aplikasi ini akan menampilkan statistik dari charger tersebut.

9. Matikan dan Reboot.

Salah satu solusi mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh adlah dengan memuatnya ulang saat reboot. Matikan smartphone Anda kemudian cabut baterai, kartu SIM dan MicroSD. Diamkan selama beberap detik kemudian pasang dan hidupkan kembali.

10. Factory Reset.

Banyak pengguna yang lebih sering menuduh masalah ini diakibatkan oleh baterai yang sudah drop atau charger yang sudah rusak. Padahal Anda pun harus melihat masalah ini dari sisi lain, bisa saja indikator baterai error dan membohongi Anda. Salah satu cara untu memperbaiki error adalah dengan melakukan factory reset.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi battery smartphone yang di cas tidak penuh. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…