Beberapa Penyebab Paket internet Anda Cepat Habis

Kenapa paket internet cepat habis padahal tidak dipakai dan jarang browsing? Sebagian dari kita sebagai pengguna aktif smartphone baik android maupun ios pastinya kita sering kali menggunakan paket data untuk melakukan berbagai jenis aktivitas mulai dari mendownload games, mengupdate aplikasi, streaming video atau music hingga menggunakan kuota internet untuk menjelajahi sosial media bahkan banyak kegiatan lain lagi ketika kita memanfaatkan paket internet smartphone yang telah kita beli.

Akan tetapi ketika kita sering mengakses internet dengan menggunakan paket data tersebut pastinya akan paket internet anda akan mulai habis dan kita cenderung melakukan penghematan dengan mengurangi aktivitas yang menyedot banyak paket data misalkan mengurangi membuka sosial media seperti instagram, nah biasanya instagram ini banyak sekali menyedot kuota data apalagi jika anda membuka video-video tayangan dari seseorang yang kita follow di instagram. Meskipun hal tersebut memang benar-benar bisa mengurangi penggunaan paket data, ternyata pada beberapa kasus, paket data mobile yang dimiliki tetap saja terus berkurang hingga habis tanpa disadari. Kenapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasi paket internet yang cepat habis?

penyebab paket internet cepat habis

Penyebab Paket internet Anda Cepat Habis

Faktor yang menyebabkan paket data mobile kalian terus-menerus berkurang dengan cepat padahal jarang melakukan browsing maupun streaming adalah karena banyaknya aplikasi penyedot data mobile yang kalian instal.

Bayangkan saja, umumnya kita para pengguna aktif smartphone pasti akan memiliki lebih dari satu aplikasi media sosial di smartphone Android. Nah, memang itu tergolong wajar, tapi coba pikirkan lagi berapa banyak paket data mobile yang akan habis jika saja semua aplikasi media sosial aktif secara bersamaan.

Tidak hanya itu saja, beberapa dari aplikasi media sosial yang diinstal merupakan aplikasi yang tergolong banyak menyedot paket data mobile. Itu karena pada kedua aplikasi tersebut gambar yang diunggah ditampilkan dalam ukuran yang cukup besar. Belum lagi jika kalian menginstal sejumlah game online kemudian kalian tetap menjalankan game online tersebut di background, tentunya lama-kelamaan paket data mobile kalian akan terus terkuras.

Berikut ini Alasan mengapa paket internet anda cepat habis padahal jarang dipakai. Simak dengan seksama mungkin artikel ini dapat membantu anda.

1. Memperbarui/ Aplikasi Android

Update aplikasi merupakan salah satu penyebab yang membuat kuota cepat habis. Ketika kita menggunakan paket data yang ada pada smartphone untuk meng-update aplikasi di Google Play Store, dapat dipastikan ukuran aplikasi tersebut terbilang relatif besar. Terlebih lagi, jika update aplikasi tersebut lebih dari 2 atau 3 aplikasi, tentu dalam seketika anda sudah menghabiskan puluhan MB kuota internet.

Solusi untuk masalah kuota data anda adalah updatelah aplikasi dengan menggunakan wifi ini untuk menghindari paket data yang habis tersedot saat memperbarui apk yang terinstall di smartphone. Anda juga bisa mensetting playstore anda agar pada saat melakukan update otomatis pada saat terhubung dengan wifi.

2. Download Data/ File Ukuran Besar

Sama seperti update aplikasi, download data/ file di Internet juga termasuk boros kuota. Terlebih lagi, jika yang anda download merupakan video durasi panjang dengan ukuran yang besar tentu hal ini akan menguras kuota anda habis – habisan. Selain itu, download aplikasi juga dapat mempercepat habisnya kuota anda.

Solusi mengatasi hal ini adalah anda harus pintar – pintar dalam membatasi kuota setiap anda melakukan download. Manfaatkan area Wi-Fi sebaik – baiknya sebagai tempat untuk update aplikasi, download aplikasi/ game, lagu, murrotall, video, dan lainnya.

3. Streaming Video Youtube

Youtube adalah tempat paling seru dan paling banyak dilakukan oleh orang Indonesia sebagai tempat Streaming Video. Ada banyak ragam video yang bisa anda nikmati setiap hari mulai Fun, Religi, Hiburan, musik, dan lainnya. Rekomendasi terbaik, kunjungi situs Youtube sebagai media belajar, bukan untuk fun ataupun hiburan.

Anda bisa mencari tutorial apapun di Youtube mulai dari belajar Matematika, Fisika, atau bahkan mendengarkan video dakwah dari para ustad – ustad terbaik. Selain itu, kurangi kualitas video supaya kuota menjadi lebih hemat dan bisa bertahan satu bulan.

4. Bermain Game Online

Bermain game adalah salah satu peran penting yang seharusnya ditinggalkan atau dihindari oleh banyaknya pengguna Android. Hal ini sebagai tujuan supaya anda lebih fokus pada hal yang sifatnya berguna dan bermanfaat bagi diri kita sendiri. Main game adalah salah satu aktifitas yang cepat menguras kuota Internet. Terlebih lagi, saat ini ada game yang sangat populer seperti Pokemon GO, tentunya kuota anda akan habis dimakan oleh Game Online.

Untuk menghindar dari itu semua, coba tinggalkan HP Android anda dalam saku atau matikan Android anda supaya anda tidak terlalu sering bermain game. Lakukan aktifitas lain yang lebih berguna dan bermanfaat. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat kuota Internet.

5. Sosial & Messenger

Media sosial sudah menjadi hal wajib yang sering digunakan untuk mengisi waktu luang saat sedang intirahat. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa aplikasi media sosial yang sangat boros kuota, salah satunya adalah Instagram. Aplikasi tersebut sangat boros kuota karena harus load gambar dan video terus menerus. Maka dari itu, jangan terlalu sering membuka Instagram kalau anda tidak mau kehabisan kuota.

Selain itu, coba sibukkan hari – hari anda dengan Smartphone android dengan aktifitas – aktifitas lain yang lebih berguna dan bermanfaat. Matikan beberapa aplikasi media sosial yang anda miliki.

Demikianlah tips singkat cara mengatasi paket internet yang cepat habis dan solusi untuk menghemat paket data smartphone agar tidak berkurang.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…