Cara Install Xposed Framework di Android Lollipop dan Marshmallow

Begini Cara Install Xposed Framework di Android Lollipop dan Marshmallow buat anda yang suka mengoprek bagian dalam software android.

Begini Cara Install Xposed Framework di Android Lollipop dan Marshmallow buat anda yang suka mengoprek bagian dalam software android. Apa sih Xposed Framework itu? Xposed Installer adalah aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan anda dalam mengedit aplikasi Android berformat APK tanpa perlu membongkar APK-nya.

Secara teknis, Xposed akan melebarkan atau memperpanjang proses eksekusi yang ada pada /system/bin/app_process agar dapat menjalankan file yang mempunyai ekstensi JAR. Tool ini menjadi salah satu aplikasi yang wajib di-install di smartphone maupun tablet Android yang sudah di-root. Berikut beberapa persiapan yang harus anda lakukan sebelum menginstal Xposed Installer di smartphone Android Lollipop dan Marshmallow.

Cara Install Xposed di Android Lollipop dan Marshmallow

Persyaratan Install Xposed Installer

Sebelum melanjutkan, anda harus mengetahui versi SDK dan architecture yang digunakan OS Android yang terpasang di smartphone anda saat ini. SDK atau API Level pengembangan Android Marshmallow adalah API Level 23 (SDK 23). Sementara untuk arsitektur Android yang dipakai adalah 32-bit untuk device dengan chipset ARMv7 dan 64-bit untuk chipset ARMv8. Cara mudah mengetahuinya adalah anda bisa install aplikasi AnTuTu. Selain itu, syarat untuk menginstall Xposed adalah smartphone anda harus sudah dalam keadaan root dan memiliki custom recovery. Jangan lupa melakukan backup ya.

Cara Install Xposed Installer

Kebetulan Jaka menggunakan smartphone Android 6.0 Marshmallow dengan arsitektur 64-bit, artinya Jaka menggunakan SDK23 dan ARM64. Maka, Jaka harus men-download file Xposed Framework SDK23 ARM64 di link ini, pastikan pilih yang terbaru ya. Berikut langkah-langkahnya. Selain itu, anda juga harus download aplikasi XposedInstaller_3.1.apk yang bisa anda download disini.

Cara Install Xposed Installer

  • Jika sudah download Framework yang sesuai, letakkan file tersebut di kartu memori. Kemudian nonaktifkan smartphone dan reboot ke menu recovery seperti TWRP
  • Cara masuk ke mode recovery, tergantung dari tipe smartphone. Biasanya dengan cara menekan dan tahan tombol volume atas + power secara bersamaan. 
  • Setelah masuk ke mode recovery, lalu pilih dan Install > cari file Xposed Framework yang tadi dipindah > Swipe to confirm flash. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika sudah, anda bisa langsung reboot smartphone anda. Pilih menu reboot to system dari mode recovery.
    Selanjutnya, install Aplikasi Xposed Framework 3.1. Selesai!

Demikianlah sedikit ulasan singkat dari kami mengenai bagaimana Cara Install Xposed Framework di Android Lollipop dan Marshmallow. Dengan ini anda bisa menginstal berbagai fitur baru yang keren, yang biasanya hanya terdapat di smartphone Android terbaru. Atau, bisa juga mengganti tampilan ikon baterai, sinyal, sim card, jam atau ikon di status bar, dan lainnya.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…