Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android? Umumnya aplikasi atau software sangat dibutuhkan pada smartphone atau gadget. Contohnya aplikasi pesan sms atau aplikasi chat seperti BBM (blackberry messenger) dengan aplikasi ini anda bisa mengirim sms atau pesan ke teman, kerabat, pasangan maupun keluarga. Ada 2 jenis aplikasi yaitu aplikasi bawaan atau pabrik smartphone tersebut dan aplikasi hasil dari download/unduhan dimana anda mendownload aplikasi di google play store atau di web dengan format ekstensi APK.

Apa penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di android? Kenapa setiap membuka aplikasi di android selalu tertutup sendiri atau force close? Pada dasarnya banyak sekali penyebab error pada smartphone yang membuat aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali. Biasanya ketika android sedang error saat membuka aplikasi maka akan ada keterangan atau pesan popup seperti seperti “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close, Not Enough Memory, atau Not Responding”. Pesan semacam itu pertanda bahwa aplikasi tersebut mengalami error sehingga tidak bisa dibuka dan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Penyebab kenapa aplikasi tidak bisa dibuka di android adalah sebagai berikut ini.

  1. Cache file aplikasi penuh dan tidak pernah dihapus sama sekali oleh pengguna.
  2. Memori pada smartphone anda penuh yang artinya tidak ada lagi ruang kosong untuk aplikasi.
  3. Ram pada android penuh karena kinerja pada android multitasking jadi setiap program yang dibuka maka mempengaruhi kecepatan android.
  4. Terjadinya bug pada aplikasi.
  5. Tidak pernah mengupdate aplikasi yang artinya anda ketinggalan update terbaru.

Lantas bagaimana cara mudah mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di hp android? silahkan simak pada ulasan berikut ini.

Mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android

Menghapus Cache aplikasi pada pengaturan

Cara pertama yang paling gampang yakni dengan menghapus cache memori. Apa itu cache memori? Cache memori adalah salah satu file sementara yang apabila tidak di lakukan penghapusan secara berkala, maka lama – kelamaan akan terus menumpuk pada memori android itu sendiri. Cara menghapus cache memori yakni dengan memanfaatkan apliksi Clean Master. Aplikasi tersebut dapat menghapus cache dan file sementara lainnya hanya dengan satu klik saja. Untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” »Kemudian tap “Hapus Cache”.

Menggunakan fitur Force Stop dan Hapus data aplikasi

Fitur Clear Data dan Force Stop ada pada semu versi OS Android. Dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi akan menjadikan aplikasi kembali pada posisi default. Dan semua data sementara pada aplikasi tersebut akan hilang seperi basis data, cache memori, bookmark, history, dan lainnya. Tenang saja, cara ini tidak menghapus aplikasi, namun hanya menghapus data aplikasi saja. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Install ulang dan Downgrade aplikasi.

Jika sebelumnya anda menginstall aplikasi secara manual melalui file Apk, dan ternyata tidak bisa dibuka, itu artinya aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan OS Android yang anda miliki. Sebaiknya hapus aplikasi tersebut, dan ganti dengan aplikasi versi dibawahnya. Untuk menghapus aplikasi android, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” »Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Reboot Hp atau smartphone android

Matikan smartphone android, kemudian lepas baterai, SIM card, Memori Eksternal (SD Card). Diamkan kurang lebih selama 30 detik. Selanjutnya pasang dan nyalakan kembali smartphone android anda. Coba buka kembali aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka. Semoga dengan metode ini, smartphone dan tablet Android anda bisa kembali normal, dan bisa digunakan untuk beraktifitas sehari – hari.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi aplikasi android yang tidak bisa dibuka sama sekali pada smartphone. Mungkin cara diatas tidak bisa menjadi solusi 100% agar hp android kembali seperti semula namun cara diatas adalah cara yang paling umum memperbaiki aplikasi android agar bisa dibuka kembali. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…