Cara Mengatasi Koneksi Internet Android yang Bermasalah

Bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki koneksi internet android yang bermasalah dan sering terputus karena error bahkan sinyal paket data seluler an

Bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki koneksi internet android yang bermasalah dan sering terputus karena error bahkan sinyal paket data seluler android tidak muncul sehingga android yang sudah diaktifkan paket datanya atau android terkoneksi ke wifi tetapi tidak bisa mengakses internet. Kendala ini sering ditemui oleh pengguna android dikala mereka sedang asik berselancar di dunia maya namun koneksi tiba-tiba terputus karena android yang bermasalah.

Memang saat ini tidak bisa dipungkiri bahwasanya pengguna smartphone Android kini semakin banyak jumlahnya. Berarti, ini menandakan bahwa sistem operasi buatan Google itu memang terbukti ampuh untuk menjadi “teman hidup” manusia yang diimplementasikan dalam wujud gadget.

Namun tidak bertutup kemungkinan juga jikalau perangkat Android masih sering mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah koneksi Internet yang terputus secara tiba-tiba.

Melalui artikel kali ini kami akan mengulas tips bagaimana cara memperbaiki koneksi internet android yang bermasalah di hp android samsung, xiaomi, advan, smart andromax, oppo, vivo, asus dan lain-lainnya pada ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Android yang Bermasalah

Cara Mengatasi Koneksi Internet Android yang Bermasalah

1. Aktifkan Modus Airplane

Ketika koneksi Internet mati padahal masa aktif paket data belum habis, Anda bisa mencoba untuk mengaktifkan modus Airplane. Benar, aktifkan mode tersebut kemudian dimatikan kembali setelah beberapa saat sehingga paket data dari setiap provider akan me-refresh kembali dan mencari koneksi yang lebih baik.

2. Reboot dengan Modus Airplane

Selain mengaktifkan sementara mode Airplane, bisa mencoba reboot smartphone Android atau tablet milikmu sambil tetap mengaktifkan modus Airplane tersebut. Setelah itu, matikan mode tersebut. Cara memperbaiki koneksi internet android ini sudah banyak digunakan dan terbukti berhasil .

3. Reset APN

Seperti ditahu, setiap provider pasti menyediakan jenis APN yang berbeda-beda pada jaringan seluler agar tetap bisa menggunakan Internet secara langsung di perangkat. Biasanya, ketika pengaturan APN diubah, maka koneksi Internet juga berubah atau bahkan bisa hilang. Untuk itu, Anda harus melakukan reset APN agar bisa aktif kembali memainkan HP Android kamu.

4. Masukkan APN Secara Manual

Apabila tidak mendapatkan pengaturan untuk mengaktifkan koneksi Internet di android, atau mungkin ada yang mengutak-atik sampai akhirnya jaringan bermasalah, masukkan APN secara manual. Tapi, yang harus diperhatikan adalah pengaturan di setiap penyedia layanan Internet itu berbeda. Maka Anda harus mencari pengaturan yang tepat. Apabila kesulitan, Anda bisa telepon operator masing-masing provider untuk meminta bantuan.

5. Alihkan Jaringan Secara Manual

Mungkin Anda sudah mencoba cara-cara di atas, namun masih saja terkendala. Maka dari itu, bisa dilakukan cara terakhir ini yakni alihkan jaringan secara manual. Misalnya, Anda menggunakan mode 4G LTE, pindahkan dulu ke 3G atau 2G untuk sementara. Jika sudah beberapa lama, ganti lagi ke mode 4G LTE. Mudah bukan?

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara memperbaiki koneksi internet android yang bermasalah dan sering terputus karena error pada hp android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…