Begini Cara Menghapus Virus Iklan di Android Tanpa Root Paling Jitu

Cara Menghapus Virus Iklan di Android Tanpa Root Paling Mudah – Umumnya di jaman sekarang ini banyak para pengembang software aplikasi yang menawarkan produk mereka secara gratis di platform android. Meskipun aplikasi – aplikasi ini terbilang bisa di download/ unduh secara gratis baik di google playstore maupun di tempat lainnya yang anda gunakan sebagai gudang aplikasi, namun perlu anda ketahui bahwasanya aplikasi ini sebenarnya tidak tersedia secara benar – benar gratis.

Biasanya untuk mengimbangi jerih payah para pembuatnya, sang developer akan menyisipkan iklan – iklan yang akan muncul ketika anda menjalankan aplikasi buatan mereka. Dengan melakukan hal ini para pengembangnya akan mendapatkan uang sembari dia mengembangkan aplikasi yang dibuatnya dalam artian sama-sama menguntungkan.

Perlu anda ketahui juga sebelumnya, bahwasanya aplikasi yang ditawarkan dengan gratis sebenarnya tidak semuanya dapat dipercaya dan tidak bertutup kemungkinan aplikasi yang anda download secara gratis terbs dapat mengandung kode – kode malware yang dapat merugikan para penggunanya. Yang paling parahnya adalah aplikasi – aplikasi gratis yang dibuat oleh para pengembang ini dapat disisipkan virus seperti trojan maupun virus iklan. Pengertian trojan  sendiri merupakan program virus yang menyembunyikan dirinya dalam aplikasi atau program tertentu dalam suatu operasi demi melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan pengguna yang memiliki perangkat yang telah terinfeksi.

Virus Iklan pada HP Android

Begini Cara Menghapus Virus Iklan di Android Tanpa Root Paling Jitu

Android sebagai salah satu jenis smartphone yang banyak digunakan oleh komunitas pengguna smartphone sangat rentan terhadap virus atau iklan adware. Mungkin ini bisa terjadi karena alasan smartphone android banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia dan juga fakta bahwa sistem operasi android adalah sistem operasi yang mudah digunakan baik bagi pengguna dan juga pengembang aplikasi.

Sebagian besar virus iklan (adware) yang ada pada perangkat android itu akan membuat smartphone yang terinfeksinya cenderung menampilkan iklan – iklan tertentu saat tidak terhubung oleh internet. Untuk menghindari melihat infeksi virus iklan adalah hal yang bijaksana untuk memeriksa jenis aplikasi – aplikasi yang ingin Anda instal. Jika tidak Anda akan menjadi korban virus di iklan berikutnya.

Meskipun viral iklan di android bukan virus android termasuk dalam kategori yang paling berbahaya. Jika perangkat Anda telah terinfeksi oleh virus ini, itu akan membuat pekerjaan sehari – hari yang membutuhkan perangkat android Anda akan terganggu. Selain itu, sadar akan Virus yang dibuat oleh iklan canggih dapat lebih berbahaya daripada ransomware virus, yang merupakan salah satu dari banyak virus yang menyebabkan korban dan kerugian tidak sedikit pun.

Cara Menghapus Virus Iklan di Android Tanpa Root

Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan tips bagaimana cara untuk melakukan proses penghapusan virus iklan dari perangkat android anda. Cara ini sebenarnya tidaklah terbatas hanya untuk jenis virus iklan tapi juga beberapa jenis virus lainnya yang mungkin umum untuk ditemukan pada HP anda.

Catatan.

Jika perangkat android Anda telah terinfeksi virus yang membuat ponsel Anda menjadi sulit digunakan untuk proses pengaturan yang biasanya dapat dilakukan dengan mudah, maka Anda dapat mengatasinya dengan masuk ke Safe Mode sebelum memulai langkah-langkah yang akan dibahas di depan. diskusi. Untuk metode melakukan Safe Mode Anda dapat mencarinya melalui Google.

Berikut merupakan beberapa metode – metode cara menghapus virus iklan/ cara menghilangkan virus iklan di android  tanpa root

Uninstall Aplikasi yang tidak dikenali

Begini Cara Menghapus Virus Iklan di Android Tanpa Root Paling Jitu

Metode ini merupakan metode yang paling mudah untuk dan juga yang mesti anda lakukan pertama kali ketika anda menyadari bahwa HP anda telah terinfeksi oleh virus iklan. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan langkah – langkah berikut.

  • Hentikan semua aplikasi yang anda sedang gunakan untuk memulai proses pembersihan virus di HP anda. Secara umum metode pelaksanaan yang dilakukan dari berbagai macam jenis HP android yang satu dengan yang lainnya tidaklah jauh terlalu berbeda. Oleh karena itu anda seharusnya tidak akan mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah – langkah selanjutnya. Jika anda tidak tahu cara menutup aplikasi yang terbuka pada HP android anda, anda dapat menutupnya dengan dengan cara restart HP anda dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Langkah kedua adalah menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dari aplikasi manajer yang ada di HP anda. Aplikasi  yang dimaksud merupakan aplikasi – aplikasi yang berhubungan dengan koneksi internet pada HP android anda. Contoh dari aplikasi tersebut adalah Chrome, Internet Explorer, Playstore, dan lain sebagainya. Selain aplikasi tersebut anda juga sebaiknya menutup aplikasi – aplikasi yang anda tidak kenali yang pastinya bukan merupakan bagian dari aplikasi sistem atau aplikasi yang penting dari android.
  • Langkah selanjutnya adalah uinstall semua aplikasi terakhir yang anda download dan pasang ketika HP android anda mulai menunjukkan gejala terinfeksi virus iklan serta aplikasi – aplikasi yang tidak anda kenali pada HP android anda. (Selalu pastikan aplikasi yang anda akan hapus bukan merupakan bagian dari sistem operasi android)
  • Dengan melakukan hal ini anda dapat menghilangkan beberapa dari virus iklan yang ada pada komputer HP android anda.

Menghapus Junk File (File Sampah)


Ada cara lainnya yang dapat anda coba apabila cara diatas masih belum bisa mengatasi virus iklan di android. Dengan menghapus junk file (file sampah) anda dapat membuat perangkat android anda tetap bersih dan juga menjadi sedikit lebih aman.

Menggunakan MalwareBytes Anti-Malware


Ketika beberapa metode sebelumnya masih saja membuat anda tidak bisa untuk menghapus virus iklan di android sekarang kita melanjutkan ke metode selanjutnya. Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan MalwareBytes Anti-Malware. Aplikasi ini merupakan aplikasi penghapus virus yang dapat membantu perangkat android anda menjadi bebas dari virus – virus yang mengganggu pekerjaan anda. MalwareBytes Anti-Malware sendiri tersedia dalam versi PC dan juga Android. Pada metode ini kita akan menggunakan versi Android untuk membersihkan virus iklan yang ada di perangkat android anda.

Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk menggunakan MalwareBytes Anti-Malware

  1. Buka Aplikasi Playstore pada perangkat android anda.
  2. Install aplikasi MalwareBytes Anti-Malware pada perangkat android anda.
  3. Jika telah terinstall jalankan aplikasi MalwareBytes Anti-Malware pada perangkat anda.
  4. Tunggu hingga MalwareBytes Anti-Malware selesai melakukan proses scanning pada perangkat android anda untuk mencari adware ataupun malware  – malware yang menginfeksi perangkat android anda.
  5. Setelah proses scanning perangkat android anda selesai nantinya akan muncul log yang berisikan daftar hasil scan yang dilakukan pada perangkat android anda.
  6. Jika telah selesai pilih tindakan yang direkomendasikan oleh aplikasi MalwareBytes Anti-Malware.

Sebagai salah satu perangkat HP yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Kelebihan dan kekurangan OS Android tidak bisa dilepaskan dari kehidupan penggunanya. Untuk dapat memaksimalkan dan juga menjaga agar HP android anda dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama anda haruslah bisa memastikan bahwa perangkat anda terbebas dari berbagai permasalahan baik itu secara software maupun secara hardware.

Nah demikianlah sedikit singkat mengenai ulasan bagaimana cara Menghapus Virus Iklan di Android Tanpa Root Paling mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…