Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9C Terbaru

Ini dia 10 kelebihan dan kekurangan redmi 9C beserta spesifikasi singkat smartphone besutan dari Xiaomi. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Pada akhir Juni 2020, sebuah merek hp China bernama Xiaomi mengumumkan perangkat bernama Redmi 9C dengan harga yang sangat terjangkau. Ponsel entry-level ini merupakan respon Xiaomi untuk menyaingi Realme C11 di rentang harga yang sama.

Redmi 9C adalah anggota "keluarga" Redmi 9, bersama dengan Redmi 9 dan Redmi 9A. Memiliki spesifikasi di bagian tengah, ponsel ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan Mi Fans akan ponsel yang lebih murah dari Redmi 9, namun memiliki performa yang lebih kuat dari Redmi 9A. Apa saja kelebihan dan kekurangan hp Redmi terbaru ini? Cari tahu di artikel ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9C


10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9C Terbaru

Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9C

Kelebihan Xiaomi Redmi 9C

Apa yang membuat ponsel ini istimewa dengan harga terjangkau yang ditawarkannya? Anda bisa mengetahui berbagai keunggulan Redmi 9C berikut ini.

1. Tiga Kamera

Memiliki spesifikasi di bawah Redmi 9, ada pengurangan jumlah kamera di antara keduanya. Redmi 9 dihadirkan dengan kombinasi quad camera, sedangkan bagi kamu yang ingin mendapatkan Redmi 9C untuk menghemat budget, kamu akan mendapatkan penawaran triple camera yang terdiri dari 13 MP (wide), 5 MP (macro), dan depth lens 2 MP.

Apa yang tidak dimiliki Redmi 9C adalah lensa ultra lebar, tetapi Anda masih bisa membidik melalui mode panorama untuk mencapai FOV yang lebih luas. Sementara itu, kamera depan memiliki resolusi 5 MP yang juga berfungsi sebagai sarana pengenalan wajah untuk membuka kunci layar.

Hasil kamera yang ditampilkan cukup bagus untuk segmen harga 1 jutaan. Bahkan dibandingkan dengan Redmi 9. Anda hanya akan melihat sedikit perbedaan dalam kualitas gambar. Berikut adalah beberapa contoh foto Redmi 9C yang dapat Anda pertimbangkan.

Hasil Kamera Redmi 9c:

Hasil Kamera Redmi 9C Hasil Kamera Redmi 9C 1 Hasil Kamera Redmi 9C 2 Hasil Kamera Redmi 9C 3

Seperti yang Anda lihat di atas, Redmi 9C mampu menghasilkan gambar dengan ketajaman yang baik. Tidak hanya pada siang hari, tetapi juga ketika kondisi pencahayaan minimal.

2. Sensor Sidik Jari dan Face Unlock

Perangkat besutan Xiaomi ini tentunya tidak ingin ketinggalan menghadirkan sensor kunci layar yang canggih untuk memudahkan hidup Anda. Redmi 9C dilengkapi sensor sidik jari di bagian belakang yang dapat membuka kunci layar dengan cepat tanpa kerumitan pola tertulis di layar.

Keunggulan yang cukup layak diapresiasi, karena Redmi 9A yang merupakan saudaranya menghilangkan fitur yang bermanfaat ini. Tidak hanya sensor fingerprint, Redmi 9C juga dihadirkan dengan fitur pengenalan wajah atau Face Unlock yang terintegrasi dengan kamera depan.

3. Kapasitas Baterai yang besar

Bermain game dalam waktu yang lama tentu sangat menguras baterai. Untungnya, Anda tidak memerlukan ponsel dengan harga selangit hanya untuk mendapatkan kapasitas baterai yang bertahan sekitar satu hari. Ya, Redmi 9C dengan baterai 5.000 mAh-nya sangat layak untuk menemani kehidupan sehari-hari tanpa masalah.

Di pasaran harga 1 jutaan, baterai 5000 mAh merupakan keunggulan yang patut diapresiasi, apalagi jika dibandingkan dengan kompetitor dari merek lain seperti Samsung Galaxy M10 dan A10 yang hanya memiliki baterai 3000 mAh.

Beberapa hp lain seperti Realme 2 atau Realme C2 juga masih menyediakan baterai berkapasitas 4000 mAh. Hal ini membuktikan bahwa Redmi 9C termasuk dalam 1 juta saluran ponsel dengan baterai terlama.

4. Layar Lebar HD+

Tentu saja Anda tidak akan dapat menikmati konten sepenuhnya tanpa kehadiran layar lebar. Xiaomi memahami hal ini dan menyediakan Redmi 9C dengan layar resolusi HD + dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 6,53 inci.

Resolusi yang dihadirkan oleh Redmi 9C adalah 720 x 1600 piksel dengan tingkat kerapatan 269 ppi. Meskipun tidak seperti Redmi 9 yang menampilkan resolusi FHD+, Redmi 9 lebih dari cukup untuk memaksimalkan pengalaman menonton Netflix, YouTube, atau bermain game dan aktivitas sehari-hari lainnya.

5. Performa Chipset OK untuk HP di kelasnya

Meski harganya murah, bukan berarti Redmi 9C tidak bisa digunakan untuk bermain game. Perangkat Xiaomi ini dibekali chipset Helio G35 dengan fabrikasi 12 nm dan terdiri dari prosesor 8-core dengan kecepatan 2,3 GHz (ARM Cortex A53). Chipset ini juga disertai dengan prosesor grafis bernama PowerVR GE8320.

Nah pertanyaannya, apakah performa chipset ini cukup umum dimiliki oleh hp seharga 1 jutaan? Jawabannya adalah ya itu pasti sepadan. Pasalnya, jika kita membandingkan ponsel lain dalam kisaran harga yang sama, kebanyakan dari mereka memiliki chipset Snapdragon 450 atau yang setara, seperti Realme 2 dan Samsung Galaxy M11. Bahkan Redmi 8A hanya dibekali Snapdragon 439.

Mari kita bandingkan skor benchmark antara Helio G35 dan Snapdragon 450. Dilansir dari Nanoreview.net, Helio G35 telah terbukti menjadi salah satu chipset dengan performa terbaik di pasar 1 jutaan, karena berhasil mencetak 110.505 pada benchmark AnTuTu v8. Angka ini tentu lebih tinggi dari Snapdragon 450 dengan 88168 poin.

6. Pilihan Warna yang Stylish

Tentu saja bagi sebagian pengguna, penampilan sama pentingnya dengan spesifikasi teknis. Untuk itu, Redmi 9C juga dihadirkan dengan pilihan warna yang memukau, seperti Sunrise Orange yang ikonik dan memberikan kesan yang apik. Sebagai informasi tambahan, warna oranye serupa juga dimiliki oleh ponsel di kelas OPPO Find X2 Pro, lho!

Selain oranye, ada juga dua varian warna lainnya, yakni Midnight Grey dan Twilight Blue. Ketiga varian warna ini hadir tanpa pola sehingga memberikan kesan bersih dan minimalis. Tampilan bodi belakang juga dibuat dengan modul persegi, bukan vertikal di tengah seperti Redmi 9 biasa.

7. Dukungan Memori Eksternal Slot Khusus

Jika Anda hanya mengandalkan memori internal untuk menyimpan berbagai file seperti video atau film, ponsel Anda akan menyisakan sedikit ruang untuk aplikasi yang dapat diinstal. Oleh karena itu, Redmi 9C juga telah menyediakan slot microSD khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Berbekal triple tray, Redmi 9C dijamin mampu memasangkan kartu memori eksternal dengan tetap menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan.

Kekurangan Redmi 9C

Namanya juga merupakan ponsel entry-level, pasti ada hal-hal yang mungkin tidak nyaman untuk selera Anda. Di sini kami menyajikan beberapa kekurangan dari Redmi 9C.

1. Tanpa Kaca Gorila

Jika Anda khawatir ponsel Anda jatuh dan menyebabkan kerusakan pada layar, Redmi 9C mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, tidak ada layer Corning Gorilla Glass di layar. Padahal varian Redmi 9 biasa setidaknya dilapisi dengan Gorilla Glass 3.

Bahkan Redmi 8 yang merupakan generasi sebelumnya dari seri ini juga telah dilapisi dengan Gorilla Glass 5 di layarnya. Mengingat Redmi 9, Redmi 8, dan Redmi 9C sama-sama 1 juta ponsel, layar Redmi 9C terbilang kurang unggul dari segi daya tahan dibandingkan dengan ponsel lain dalam kisaran harga yang sama.

2. Tanpa Fast Charging

Ini juga merupakan hal yang disayangkan lainnya tentang Redmi 9C. Berbekal kapasitas baterai jumbo, tentunya butuh waktu lama untuk mengisi dayanya. Dan karena Redmi 9C tidak disajikan dengan pengisian cepat, Anda terpaksa menunggu berjam-jam sampai telepon terisi penuh.

Jika anda menginginkan ponsel yang harganya dan spesifikasinya tidak jauh dari Redmi 9C namun dilengkapi dengan fast charging, Redmi 9 bisa menjadi pilihan. Redmi 9 dilengkapi dengan dukungan pengisian daya 18 W sehingga memiliki durasi pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan Redmi 9C.

3. Masih Menggunakan Charging Port MicroUSB 2.0

Redmi 9C rupanya tidak bisa sepenuhnya lepas dari stigma hp murah, karena masih menyediakan port pengisian daya yang lebih rendah, yaitu microUSB 2.0.

Selain agak sulit untuk mencolokkan kabel pengisi daya ke port, microUSB juga memiliki kelemahan dalam kecepatan transfer data. Mengingat harganya yang terjangkau, wajar jika Redmi 9C tidak hadir dengan USB Type-C.

Namun sebelum anda mulai mencari ponsel di kisaran harga di atas, sebenarnya ada beberapa 1 juta ponsel yang sudah dilengkapi dengan USB Type-C seperti Redmi 8, Redmi 9, dan Redmi 8A Pro.

Kesimpulan

Redmi 9C memang memiliki banyak keunggulan yang cukup unggul dibandingkan ponsel dari merek lain, berkat Xiaomi yang tidak pernah pelit dalam menghadirkan spesifikasi terbaru pada produk entry-level-nya.

Performa chipset ponsel ini benar-benar menempati peringkat teratas di pasar entry-level. Selain itu, kombinasi ketiga kamera tersebut juga mampu memberikan kualitas foto yang cukup baik untuk HP di kelasnya.

Bagi anda yang menginginkan ponsel murah namun bisa digunakan untuk bermain game dan mengambil foto yang menyenangkan, Xiaomi Redmi 9C adalah salah satu yang terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Menurut informasi yang beredar, ponsel Redmi 9C ini bernilai sekitar $100 atau sekitar Rp 1.400.000,-. Untuk satu jutaan, Anda bisa mendapatkan Redmi 9C yang juga menawarkan kapasitas baterai 5000 mAh. Jadi, apakah Anda siap untuk melamar Redmi 9C ini?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…