7 Aplikasi Pengganti Touchscreen Tombol Navigasi di Android

 Kamu sedang mencari solusi aplikasi pengganti touchscreen tombol navigasi di android? tombol home, back, tidak berfungsi? yuk simak ulasan serta cara membuat tombol kembali di layar android di bawah ini.

Semakin lama kita menggunakan ponsel android, maka akan semakin banyak juga masalah yang akan kita temukan pada ponsel tersebut.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah tombol layar sentuh (touchscreen) navigasi di android yang rusak tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan dengan baik seperti sebelumnya.

Oleh karena itu, aplikasi pengganti tombol navigasi sangat berperan penting untuk mengganti tombol home, back, multitasking yang telah rusak.

Berikut ini adalah nama-nama aplikasi pengganti tombol layar sentuh di hp android yang bisa kamu gunakan dikala kamu menemukan kendala kerusakan pada menu navigasi touchscreen android.

7 Aplikasi Pengganti Touchscreen Tombol Navigasi di Android

1. Navigation Bar – Assistive Touch Bar


Aplikasi yang pertama bernama Navigation Bar. Aplikasi ini sangat cocok, sebagai pengganti tombol navigasi fisik di hape kalian.

Karena aplikasi ini menyediakan tombol navigasi secara lengkap, baik itu Home, Back dan Recent.

Untuk itu, aplikasi ini sangat direkomendasikan. Jika tombol navigasi fisik di hape kalian, yang rusak atau tidak berfungsi lebih dari satu.

Kalian juga bisa menekan tap + tahan agak lama, untuk mengakses fungsi navigasi seperti :

  • Tombol Power (On + Off + Restart)
  • Notifikasi
  • Quick Setting
  • Screenshot
  • Split Screen
  • Select Applicaton

Aplikasi ini juga menyediakan fitur customize (kustomisasi) seperti :

  • Mengubah warna latar belakang (background), dengan warna favorit kalian
  • Menyembunyikan secara otomatis tombol navigasi
  • Mengatur gestur untuk tombol navigasi (tekan lama)

2. Home Button

Aplikasi pengganti tombol navigasi android home button

Aplikasi yang kedua bernama Home Button. Aplikasi ini dapat menggantikan tombol navigasi yang rusak, atau tidak berfungsi dengan baik.

Bedanya di apikasi ini, akan menampilkan warna sentuhan, yang posisinya di bagian tengah bawah layar. Dimana kita bisa menggunakan satu fungsi tombol navigasi saja.

Jadi dengan aplikasi ini, kita bisa menggunakan fungsi tombol home, recent, back, dan lain sebagainya. Hanya dengan satu sentuhan saja.

Sangat cocok jika tombol navigasi fisik di perangkat kalian, yang rusak hanya salah satu, contohnya seperti tombol home.

Fitur utama aplikasi ini :

  • Dapat mengganti atau mengubah warna tombol
  • Dapat mengatur ukuran tombol, dengan tinggi dan lebar
  • Dapat mengatur getaran atau vibrate.

3. Multi-action Home Button

Aplikasi tombol pengganti kembali android Multi-action Home Button

Aplikasi ketiga yang bernama Multi-action Home Button. Sama seperti kedua aplikasi di atas, berfungsi untuk menggantikan tombol navigasi fisik.

Bedanya pada aplikasi ini, menggunakan aksi tap atau klik, untuk menggunakan fungsi tombol navigasi.

Jadi misalnya :

  • Tap atau klik – Untuk mengakses tombol home
  • Double Tap atau klik – Untuk mengakses tombol back atau kembali
  • Tap + Tahan agak lama – Untuk mengakses tombol recent application

4. Easy Touch

nama nama aplikasi pengganti tombol navigasi android easy touch

Aplikasi yang keempat bernama Easy Touch. Fitur dari aplikasi ini mirip seperti yang ada di iPhone (iOS), yang bernama Assistive Touch.

Dimana kita bisa tap atau klik icon yang mengambang di tepi layar. Untuk mengakses tombol navigasi home, setting, lock, dan lain sebagainya.

5. Navigation Bar – NavBar

navbar

Aplikasi yang kelima bernama Navigaton Bar – Navbar. Sama seperti aplikasi di atas, untuk menggantikan fungsi tombol navigasi.

Bedanya pada aplikasi ini, kita bisa drag virtual tombol navigasinya. Serta kalian bisa atur secara vertikal atau horizontal.

Fitur utama tombol :

  • Back
  • Home
  • Recent
  • Notifikasi
  • Lock screen

6. S9 Navigation bar (No Root)

S9 Navigation bar

S9 Navigation bar (No Root) cocok buat kamu yang ingin memiliki HP biasa rasa HP flagship Samsung dalam jajaran S Series.

Sebab, sesuai namanya aplikasi ini menampilkan tombol navigasi mirip dengan tombol yang dimiliki oleh aplikasi tombol kembali Samsung S9 yang cukup populer.

Meski tidak sepenuhnya akurat secara fungsional, kamu tetap akan menikmati berbagai fitur bermanfaat yang tersedia dalam aplikasi ini.

Tanpa harus root HP, aplikasi S9 Navigation bar sudah cukup optimal untuk digunakan pada semua jenis HP Android karena sudah tersedia beberapa pembaruan dari developernya.

7. Zone AssistiveTouch

Zone AssistiveTouch

Zone AssistiveTouch mirip dengan aplikasi Quick Ball yang memberikan fitur navigasi dan shortcut berbagai tombol penting di Android yang ditampilkan melayang di layar.

Aplikasi ini juga bisa kamu jadikan alternatif apabila HP kamu yang memiliki tombol-tombol fisik yang mulai menunjukkan tanda-tanda macet atau error.

Tombol di aplikasi ini bisa dipindahkan dengan mudah, caranya tahan tombol yang diinginkan, lalu drag atau geser. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan jangkauan jari.

Baca juga: 

Demikianlah sedikit singkat mengenai 7 aplikasi pengganti touchscreen android yang sudah rusak tidak befungsi sebagaimana mestinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…