10+ Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 yang Baru Rilis

Kelebihan dan kekurangan windows 11 masih banyak dipertanyakan dikalangan warganet pengguna sistem operasi windows. Pasalnya, windows 11 ini merupakan sistem operasi terbaru yang rilis resmi pada tanggal 5 Oktober 2021.

Sebenarnya windows 11 telah diumumkan pada bulan juni 2021 lalu dan tentunya masih dalam tahapan beta. Dimana beta yang dimaksudkan adalah tahapan uji coba serta mengetahui bug-bug apa saja yang ada pada saat itu.

Tanpa basa-basi lagi, kali ini kami akan memberikan apa saja kelebihan windows 11 dan kekurangan dari sistem operasi ini. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 yang Baru rilis

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan windows 11 dibandingkan dengan windows 10 maupun windows versi sebelumnya :

Kelebihan Windows 11

Banyak pengguna windows 11 yang mengatakan bahwa sistem operasi ini dapat menjalankan aplikasi android loh gengs. Mari kita simak lebih lengkap lagi yuk.

Nah bagi kamu yang ingin install windows 11, silahkan download isonya di sini. Kemudian jika kamu tidak ingin kehilangan data saat pemasangan windows 11 maka baca artikel 100% Work Cara Update Windows 11 Tanpa menghapus Data.

1. Tampilan Desain yang Lebih Baik

Kelebihan windows 11 tampilan desain yang lebih baik
Tampilan awal windows 11

Keunggulan pertama, tidak lain lagi yakni tampilan desain. Jika dilihat dari segi tampilan, maka windows 11 benar-benar terlihat segar dan mengkilap dibandingkan versi sebelumnya windows 10. Saat pertama kali melihat tampilan win 11 kita sudah bisa menilai bahwa sistem operasi ini terlihat begitu berkelas dan elegan.

Desain windows 11 terlihat hampir mirip dengan sistem operasi MAC OS dan linux. Dimana tombol start menu pada windows 11 secara default atau bawaannya berada di sisi tengah taskbar. Selain itu, masih banyak fitur-fitur yang disajikan di sistem operasi windows 11 ini.

2. Mendukung Aplikasi Android

Keunggulan windows 11 mendukung aplikasi android
Menjalankan aplikasi android di windows 11

Semenjak peresmian windows 11, fitur mendukung aplikasi android di win 11 banyak diperbicangkan dan menjadi viral dikalangan warganet. Hal ini dikarenakan, nantinya aplikasi yang ada pada android akan compatible dan bisa dijalankan di sistem operasi windows 11 ini tanpa harus menggunakan emulator.

Kita bisa dengan mudah dan langsung menginstall aplikasi android melalui appstore. Tentu saja salah satu fitur ini akan membawa perubahan yang signifikan atau terbilang cukup besar. Semoga integrasi app di windows 11 akan lebih stabil ya sobat.

3. Fitur pencarian di Homescreen

Kelebihan windows 11 dari windows 10 fitur pencarian yang mudah dan cepat
Fitur pencarian yang mudah

Salah satu fitur peran penting di sistem operasi windows. Saat kita ingin mencari file-file penting, kadang kala kita harus bolak-balik dulu di folder explorer untuk bisa menemukan file tersebut.

Namun di Windows 11 ini, microsoft tampaknya ingin berusaha untuk menghindari hal tersebut. Nantinya fitur search bisa kamu akses pada menu start loh gengs.

Sehingga dengan adanya fitur ini, kamu bisa lebih cepat di dalam mencari sebuah file penting yang ada pada penyimpanan hardisk kamu. Dan tentunya tanpa harus bolak-balik lagi untuk menemukfan file di Explorer.

4. Taksbar lebih luas

Kelebihan windows 11 taskbar lebih luas
Taskbar lebih luas

Di windows versi sebelumnya yakni windows 10, kita hanya memiliki ruang terbatas untuk bisa pin aplikasi di taskbar berbeda dengan windows 11. Di windows 11, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah dikarenakan win 11 memiliki opsi untuk membuat ruang khusus yang dimana nantinya bisa kita gunakan untuk menyematkan lebih banyak aplikasi di dalamnya.

5. Mode Tablet

Fitur mode tablet menjadi salah satu fitur yang sering didambakan oleh user windows. Dengan adanya fitur ini, bukan tidak mungkin lagi perangkat dengan fitur layar sentuh akan lebih mudah untuk mengakses windows 11 dan tentunya lebih sangat lebih mudah saat digunakan.

Fitur ini nantinya kita bisa mengubah perangkat tersebut layaknya sebuah gadget tablet.

6. Gaming dengan DirectX12

Keunggulan windows 11 dari windows 10 Mendukung directx12 Ultimate
Integritas dengan directx12

Bagi pencinta atau maniak game, Microsoft memberikan kabar baik yakni menjanjikan dan memberikan pengalaman baru saat bermain game dengan adanya DirectX12 Ultimate pada windows 11. Salah satunya yaitu menggunakan fitur ray tracing real time dan juga mesh shading.

Hasilnya bisa memberikan grafik yang lebih real dan tentu saja frame rate lebih tinggi. Hal tersebut akan membawa pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Sudah siap untuk mencobanya?

7. Security Lebih Aman

Keunggulan windows 11 security lebih aman
Security lebih baik dari versi sebelumnya

Sisi keamanan tentu saja menjadi salah satu aspek paling penting pada setiap pembaruan sistem operasi. Windows 11 akan dibekali dengan device encryption, virtualization based security, UEFI secure boot dan juga memory integrity forming.

Hal tersebut akan membuat windows 11 menjadi sistem yang lebih kebal terhadap berbagai macam serangan. Program-program jahat seperti virus dan malware tidak akan bisa menembus sistem keamanan ini dengan mudah.

8. Fitur DirectStorage di Windows 11

Fitur Direct Storage akan hadir di Windows 11, teknologi ini juga diadopsi dari console Xbox Series X. Fitur Direct Storage berguna untuk memaksimalkan kecepatan dari SSD NVMe, untuk mempercepat loading game, dan juga meningkatkan frame rate / FPS di dalam game.

Benefit dari teknologi ini pastinya sangat membantu sekali bagi gamer, yang memainkan game PC/Laptop.

9. Upgrade Windows 11 Secara Gratis

Nah kabar baiknya untuk pengguna yang ingin melakukan upgrade ke OS terbaru ini, microsoft memberikan nya secara cuma-cuma alias gratis. Bagi kamu yang saat ini menggunakan sistem operasi lawas milik microsoft, kamu bisa melakukan migrasi ke windows 11 ini dengan cara melalukan pembaruan pada windows update dipengaturan atau bisa juga mengunduh file nya untuk kemudian menginstall nya.

10. Tambahan Widget

Windows 11 memiliki pilihan Widget baru yang didukung oleh Microsoft Edge dan AI, lho. Widget ini dapat Anda akses saat kursor diarahkan ke sebelah kiri layar komputer Anda. Widget ini akan membantu para pengguna untuk mendapatkan shortcut informasi, cuaca, berita, foto, dan lainnya secara sekilas. Keren kan?

Biasanya ketika kita sudah update versi windows, akan tampak folder baru yaitu windows.old di penyimpanan c. Untuk kamu yang belum mengetahui cara menghapusnya yuk simak Cara Menghapus Permanen Windows Old Saat Update Windows.

Kekurangan Windows 11

1. Spesifikasi Minimum Requirement Lebih Tinggi

Kelemahan dan kekurangan windows 11 spesifikasi minimum system requirements

Salah satu kekurangan windows 11 yang menjadi kelemahan yakni spesifikasi minimum saat menginstall windows 11. Jika kamu ingin menginstal sistem operasi terbaru ini maka akan terdapat beberapa persyaratan sistem dan fitur yang harus dipenuhi, yang mungkin sebagian PC/Laptop yang sedang kalian gunakan, ada yang tidak lolos persyaratan minimum menjalankan Windows 11.

Meskipun kemungkinan kedepan, pihak dari Microsoft akan melonggarkan persyaratan minimum, agar semua orang yang menggunakan PC/Laptop Windows 10 dapat upgrade dengan lancar ke Windows 11.

Cek terlebih dahulu spesifikasi yang ada pada komputer kamu gengs, untuk yang belum tau silahkan simak artikel Cara Melihat Spesifikasi Laptop/PC Lengkap.

2. Di Windows 11 hanya 64 Bits

Jika dilihat dari sisi kemajuan saat ini, bisa jadi ini memang kabar yang tidak terlalu memusingkan, mengingat saat ini bisa dibilang kebanyakan device/perangkat gadget teknologi moderen sudah menggunakan chipset 64 bit. Kecuali, kalau kamu masih menggunakan mode zaman old, mungkin ini sisi kekurangan windows 11 ini.

3. Masalah dukungan

Windows 11 membutuhkannya setidaknya ruang kosong 64 GB. Hal itu terbilang besar, dan mungkin banyak pengguna sulit percaya bahwa Windows 11 ini akan lebih cepat.

Meskipun gratis untuk pengguna yang sudah memiliki lisensi resmi Windows 10. Tapi, masalah lain bisa saja muncul. Contohnya seperti syarat minimun hardware yang harus dipenuhi. Komputer setidaknya harus memiliki versi keamanan TPM 1.2 , dukungan Secure Boot capable, prosesor yang memiliki inti 2 atau lebih dengan clock speed 1 GHz.

Demikianlah sedikit singkat mengenai ulasan kekurangan dan kelebihan dari windows 11 dibandingkan versi sebelumnya windows 10. Semoga dikedepannya microsoft akan lebih melonggarkan spesifikasi minimum agar semua pengguna windows dapat merasakan atau mendapat pengalaman baru di dalam menggunakan windows 11. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…