Cara Mengembalikan File yang Terhapus di File Manager Android

Tips kali ini adalah tips mengenai cara mengembalikan file yang terhapus pada smartphone android anda. File adalah suatu data dimana data ini bisa menjadi sangat penting untuk anda. Banyak pengguna smartphone mengalami kejadian seperti hilangnya file dalam hp androidnya, tentunya hal ini sangat merugikan dan sangat menjengkel. Apalagi file tersebut terhapus saat kita tidak sengaja memindahkan file tersebut ke tempat/folder lainnya.Jika file tersebut terhapus, tentu saja hal ini sangat berakibat fatal, apalagi file yang terhapus itu berupa data/file yang penting seperti gambar (images), video, atau musik, pastinya sangat membuat kita jengkel dan marah. Oleh karena itu pemicu dari terhapusnya file data penting tersebut adalah tidak lepas dari kelalaian pengguna. Mengapa demikian? penyebab terhapusnya file adalah kita terburu-buru saat mengoperasikan smartphone.

Untuk menanggulangi hal berkaitan dengan file yang terhapus karena tidak disengaja pada smartphone android dan mengembalikan data berupa musik, gambar atau video maka kita dapat menggunakan 2 cara yakni mengembalikan file/data pada smartphone melalui PC/Komputer atau mengembalikan data/file pada smartphone melalui aplikasi smartphone.

Bagi kalian yang sedang mengalami kondisi seperti hal diatas, silahkan anda bisa menerapkan 2 cara bagaimana langkah – langkah mengembalikan data yang hilang dan terhapus di smartphone secara tidak sengaja maupun disengan. Namun perlu diingat kembali sebelum melakukan langkah-langkahnya pastikan smartphone anda telah di root sebelumnya.

Cara Mengembalikan Data/File Yang Terhapus Di Android Dengan Menggunakan Aplikasi

  1. Langkah pertama, silahkan anda download aplikasi Undeleter Recover Files & Data Di Playstore smartphone anda.
  2. Jika sudah mendownload, silahkan anda install pada smartphone anda.
  3. Selanjutnya bukalah aplikasi tersebut dan pilihlah menu tab Select storage > Pilih memori > tentukan folder/tempat file dimana data tersebut dihapus.
  4. Kemudian bukalah tab storage, pada tahap ini aplikasi tersebut akan melakukan scan, silahkan anda tunggu sampai proses scan telah selesai.
  5. Setelah proses menscan selesai, maka carilah file yang terhapus tersebut dan kembalikan ke tempat/folder semula kemudian tekan tombol tap restore item.
  6. Selesai, data/file yang terhapus sudah kembali dengan aman.

Demikian artikel ini saya buat, semoga artikel ini dapat menjadi bermanfaat dan menjadi solusi bagi anda yang mengalami hal ini. Sebenarnya file yang sudah terhapus di android tidak bisa dikembalikan lagi, akan tetapi ada beberapa kasus yang sama masih bisa mengembalikan kembali file data yang terhapus tersebut, namun sebagian file/data akan menjadi rusak (corrupt

 

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…