Cara Mengatasi Data Seluler Yang Kadang Mati Sendiri Di Android

Smartphone android memang menjadi sebuah ponsel yang populer di seluruh dunia termasuk negara Indonesia sendiri. Tapi tahukah kamu ada beberapa smartphone android data seluller mereka kadang tidak muncul dan mati sendiri

Nah berbicara tentang paket data seluler, semakin banyaknya pengguna smartphone maka semakin erat juga hubungannya dengan data seluler karena data selluler ini mampu membuat para pengguna smartphone dapat berselancar dengan bebas menulusuri internet. 

Oleh karena itu juga jika kamu ingin berselencar ke internet maka kamu harus memiliki paket data atau Kuota internet agar dapat terhubung dengan dunia internet.

Data seluler perlu kalian beli untuk mendapatkan akses lebih murah ketimbang menggunakan pulsa ponsel. Mengapa? pasalnnya jika kamu menggunakan kuota maka provider akan memberikan bandwitch untuk kamu terhubung ke internet beda dengan menggunakan pulsa yang artinya pulsa kamu akan cepat habis tersedot. Apalagi smartphone sekarang sudah menyediakan fasilitas Jaringan 4G yang dimana fasilitas ini adalah kakak kandung dari fasilitas jaringan 3G dan 2G pastinya akan boros dengan pulsa.

Cara Mengatasi Data Seluler Yang Kadang Mati Sendiri Di Android
Cara Mengatasi Data Seluler Yang Kadang Mati Sendiri Di Android

Tapi masalahnya seringkali smartphone android terdapat bug-bug yang mungkin kita belum mengetahui apakah itu kerusakan dari smartphone atau jaringan yang dimana ketika kita sudah mengaktifkan data seluler namun sering mati sendiri di android atau tidak muncul. 

Hal ini mungkin terjadi dikarenakan frekuensi yang diterima oleh android hilang dengan tiba-tiba karena suatu faktor lainnya yang menjadi penyebab hilangnya koneksi internet pada android.

Sebenarnya untuk cara mengatasi data seluler yang hilang secara tiba-tiba sangat mudah. Yang menjadi suatu penyebab masalah data seluler tidak muncul pada android karena kerusakan pada hardware. 

Apa penyebab lain dari data seluler mati sendiri biasanya data pada saat Pemakaian data, ini merupakan salah satu pengaturan yang berada pada colorOS. Kelebihan dari ialah saat layar pada smartphone android kamu mati, maka paket kouta internet kamu akan secara otomatis juga nah ini akan membuat kamu irit dengan paket internet. 

Jika kamu ingin menggunakan fitur ini silahkan kamu ikuti langkah penerapanya pada berikut ini.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Di Android

1. Mengatasi Data Seluler yang kadang mati sendiri di Android dengan manual

Langkah cara memperbaiki data seluler tidak muncul di hp android ini, kita lakukan dengan manual seperti berikut ini:

  • Pertama pilih menu setting/pengaturan.
  • kemudian klik data selular kamu.
  • Selanjutnya pilih pengguna data.
  • Nah kamu matikan fitur dibagian "Non aktifkan data saat layar dimatikan"

2. Instal aplikasi Reset Signal

Jika cara agar data tidak mati sendiri di atas tidak berhasil menampilkan data selular kamu maka gunakan cara lain di bawah ini,

Cara kedua kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni aplikasi Reset Signal. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat membuat dan mengendalikan smartphone kamu dalam keadaan mode paket data ke mode airplane yang berfungsi untuk mereset signal kamu.

Instal aplikasi Reset Signal

3. Setel Ulang Jaringan

Setel Ulang Jaringan

Salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan adalah memasukkan SCRTN atau kode khusus yang berguna mengatur ulang jaringan pada perangkat. Namun, kode ini hanya berfungsi untuk perangkat yang menggunakan jaringan CDMA.

Untuk smartphone Google Pixel, pengguna bisa memasukkan kode *#*#72786#*#*. Pengguna ponsel Nexus 5, Nexus 6, Moto G5 bisa menggunakan kode #*#*72786#*#*. Sementara untuk perangkat Android lainnya bisa menggunakan kode ##72786#.

Baca juga: Cara Memperbaiki Jaringan Data Seluler Android Tidak Muncul

4. Setel Ulang APN

Access Point Names (APN) merupakan sarana penyedia jaringan seluler yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat pengguna ke internet. APN ini mengatur perangkat dengan semua pengaturan penting seperti alamat IP dan gateway untuk membuat perangkat pengguna terhubung.

Berikut adalah cara mengatur APN di hp android:

  • Buka menu Settings » Mobile Data » Wireless Controls » Wireless & Networks » ketik Mobile Networks » Access Point Names. 
  • Pengguna akan melihat daftar APN. 
  • Ketuk ikon menu di kanan atas lalu pilih Reset to default.

5. Mode Pesawat

Mode Pesawat

Mode pesawat berguna untuk memancing atau merefresh sinyal jaringan. Hidupkan mode pesawat dan tunggu 30 detik lalu matikan mode pesawat. Jika jaringan belum juga kembali, hidupkan kembali mode pesawat, matikan ponsel, tunggu sebentar lalu hidupkan kembali ponsel, matikan mode pesawat, kemudian hidupkan data seluler.

6. Restart HP

Merefresh perangkan dapat kamu coba untuk mengatasi masalah ini, mungkin perangkat kamu perlu diistirahatkan agar smartphone berjalan normal kembali.

Sebagai contoh, kamu pasti sudah pernah melakukan registrasi kartu, saat kalian sudah menyelesaikan registrasi pasti akan disuruh merestart hp. Hal ini bertujuan sama untuk merefresh jaringan pada perangkat.

7. Ganti Sim Card/ Operator seluler

Setelah menggunakan cara-cara di atas, mungkin kamu perlu mengecek kondisi kartu SIM kamu di dalam perangkat. Mungkin saja terjadi kerusakan pada kartu SIM yang kamu miliki.

Coba cek kerusakan kartu dengan memasukan kartu SIM ke smartphone yang berbeda. Apabila data seluler di hp lain dapat muncul sudah di pastikan slot kartu SIM hp kalian rusak, jika tidak berarti kartu SIM kamu yang rusak.

Cara mengatasinya adalah, kalian datang ke kantor pusat atau kantor cabang provider kalian, dengan membawa data diri seperti KTP dan kartu keluarga (KK).

Nah demikianlah bagaimana cara mengatasi data selular yang mati dengan sendirinya di android, semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…