Cara pasang Sensor Lampu Otomatis yang Bagus

Bagaimana cara pasang sensor lampu otomatis yang bagus ? Untuk kamu seorang pemula yang belum mengetahui cara memasang lampu rumah yang benar yuk sima

Bagaimana cara pasang sensor lampu otomatis yang bagus ? Untuk kamu seorang pemula yang belum mengetahui cara memasang lampu rumah yang benar yuk simak ulasannya.

Memasang sensor lampu otomatis baik di kamar, halaman rumah, jalan, akan mempermudah kita untuk mengkontrol lampu agar bisa menyala secara otomatis. Menyala saat gelap malam hari. Dan akan padam pada saat siang hari.

Untuk menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis, selain menggunakan waktu berhenti/menyala (Timer) kita juga bisa menggunakan cahaya on-off otomatis yang disebut photocontrol atau photocell sensor.

Bagaimana cara kerja sensor cahaya? Prinsip kerja: Bila cahaya jatuh pada solar cell, depletion layer akan berkurang dan elektron berpindah melalui hubungan “pn”. Besarnya arus yang mengalir sebanding dengan perpindahan elektron yang ditentukan intensitas cahayanya. Berfungsi untuk mengubah intensitas cahaya menjadi perubahan konduktivitas.

Lantas, bagaimana cara pasang lampu sensor cahaya otomatis? Berikut ini langkah-langkah pemasangan atau memasang lampu sensor cahaya yang benar.

Cara Pasang Sensor Lampu Cahaya On-Off Otomatis

Cara pasang Sensor Lampu Otomatis yang Bagus

Berikut ini adalah cara untuk memasang sensor lampu otomatis menggunakan photocontrol :

1. Sebelum melakukan pemasangan instalasi pastikan sumber tegangan dalam keadaan terputus sehingga tidak membahayakan diri sendiri.

2. Pasanglah sensor cahaya pada posisi yang sesuai agar sensor dapat bekerja dengan benar. Hal-hal yang perlu kita perhatikan saat pemasangan sensor adalah :

  • Pasanglah sensor pada tempat yang terkena sinar matahari langsung, tanpa terhalang oleh benda lain yang dapat menutupi sensor.
  • Pasanglah sensor lampu pada tempat yang terhindar dari cahaya lampu agar sensor dapat mendeteksi cahaya matahari dengan baik.
  • Pasanglah sensor pada posisi yang benar dan jangan sampai terbalik untuk menjaga sensor tidak kemasukan air pada kondisi hujan. Sehingga sensor tidak mudah rusak.

3. Pasang kabel sesuai rangkaian dan gunakanlah kabel dan isolasi yang memenuhi standar dan sesuai dengan syarat instalasi. Kemudian sambung kabel instalasi dengan sensor photocontrol. Pada sensor photocontrol terdapat 3 kabel dengan warna yang berbeda yaitu kabel warna hitam, putih dan merah untuk pemasangannya adalah sebagai berikut :

  • Kabel warna hitam : Sambungkanlah kabel warna hitam sensor photocontrol dengan kabel fasa sumber arus listrik.
  • Kabel warna putih : Sambungkanlah kabel warna putih sensor photocontrol dengan kabel netral sumber listrik dan sambungkan juga pada kabel netral yang menuju ke lampu.
  • Kabel berwarna merah : Sambungkanlah kabel warna merah sensor photocontrol dengan kabel fasa (load) yang menuju ke beban lampu.

Akhir kata

Demikianlah sedikit singkat mengenai cara pasang sensor lampu on-off otomatis yang bagus dan benar. Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…