Cara Screenshot Samsung A03S Tanpa Tombol? Gampang!

Samsung tak lupa membekali fitur unggulannya yakni Tangkapan layar atau Screenshot (SS) pada flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy A03S.

Fitur screenshot memang menjadi salah satu fitur dukungan terwajib yang harus ada pada perangkat di jaman sekarang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengabadikan berbagai hal penting pada saat menggunakan handphone.

Seperti halnya mengabadikan percakapan pesan singkat di media sosial, mengabadikan suatu artikel dari website, bahkan hingga mengcapture tampilan layar antarmuka ponsel bisa kita lakukan dengan mudah.

Bagi kamu yang belum mengetahui hal ini, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu gunakan untuk menangkap layar samsung. Kamu bisa memilih salah satu dari 2 metode tersebut yaitu menggunakan tombol fisik dan menggunakan bantuan Menu Asisten.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03S

Melalui Tombol Kombinasi atau Fisik

Cara Screenshot Samsung A03S Tanpa Tombol? Gampang!

  1. Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan area yang ingin di screenshot
  2. Kemudian cukup tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan
  3. Tahan selama beberapa detik sampai layar berkedip hingga terdengar bunyi rana/shutter kamera, setelah itu barulah kamu bisa melepaskannya
  4. Gambar pratinjau hasil tangkapan akan muncul setelahnya

Adapun letak tombol power + volume bawah Galaxy A03 maupun Galaxy A03 Core sama-sama berada di sisi kanan. Oleh karena itu, kamu akan merasa sedikit kesulitan karena cara ini memerlukan dua tangan.

Namun tetap saja metode ini adalah pilihan tercepat untuk dipilih. Kita pun dapat memanfaatkan metode ini tanpa harus mengotak-atik menu khusus pada settings perangkat.

Meskipun demikian, untungnya masih ada alternatif cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu melalui Menu Asisten.

Cara Screenshot di hp samsung galaxy A03S Menggunakan Assistant Menu

Singkatnya, Assistant Menu (Menu Asisten) merupakan salah satu fitur bermanfaat yang bisa kamu gunakan untuk membuat sejumlah pintasan, termasuk melakukan screenshot atau menangkap layar pada smartphone. Berikut ini kiat langkah penggunaannya:

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke menu Accessibility
  3. Pilih bagian Interaction and dexterity
  4. Ketuk Assistant menu
  5. Ketuk tombol untuk mengubah tombol di bagian atas ke posisi On
  6. Tombol Assistant menu akan muncul di layar
  7. Klik Select Assistant menu items
  8. Pastikan Screenshot masuk ke item aktif (bagian atas)
  9. Tutup halaman Settings jika sudah selesai
  10. Cari bagian yang akan di-screenshot
  11. Tekan tombol Assistant menu
  12. Pilih Screenshots
  13. Tunggu layar berkedip atau terdengar suara kamera dan muncul pratinjau gambar

Sebagai catatan ketika kamu sudah selesai menggunakan fitur menu asisten ini, kita tidak perlu menonaktifkan kembali fitur Assistant menu karena fitur ini bisa bermanfaat kembali di kemudian hari tanpa harus melakukan penyetalan secara berulang-ulang.

Selain melakukan penangkapan layar di Samsung Galaxy A03S ini, kamu juga bisa melakukan screenshot panjang. Opsi ini mungkin bisa kamu gunakan saat berkebutuhan di lain hari.

Screenshot Panjang

  1. Tentukan area halaman yang akan perlu di-screenshot
  2. Gunakan metode kombinasi tombol fisik atau Assistant menu sesuai preferensi
  3. Tunggu gambar pratinjau hasil tangkapan layar muncul
  4. Klik menu Scroll Capture (ikon dua anak panah ke bawah) sampai seluruh tampilan yang ingin diabadikan berhasil di-screenshot

Untuk hasil dari screenshot biasa maupun panjang, nantinya akan tersimpan ke dalam media penyimpanan smartphone kamu. Kamu bisa dengan mudah mengakses file tersebut melalui aplikasi galeri, my file atau aplikasi edit video. Berhasil! Sangat mudah dan simpel bukan?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…