3 Cara Mematikan Suara Kamera Samsung Mudah Banget

Bagaimana cara mematikan suara kamera samsung atau menghilangkan bunyi kamera di hp samsung android. Agar kamera tidak berbunyi pada saat pengambilan foto melalui smartphone samsung harus melakukan trik ini.

Setiap pembaruan varian samsung memiliki fitur yang berbeda-beda. Fitur terbaru yang dimiliki oleh samsung yakni melakukan foto selfie menggunakan telapak tangan melalui sensor gesture, bahkan menggunakan perintah suara dengan hanya menyebutkan.

Beberapa seri smartphone Android lawas seperti varian Samsung Galaxy milik korea seperti type samsung galaxy Grand Prime, Galaxy J5, Galaxy J7, Galaxy A5, Galaxy A8 dan yang lainnya sebenarnya memang tidak memiliki opsi atau pilihan untuk menonaktifkan suara kamera bawaan samsung.

Tentunya hal ini akan sangat mengganggu sedikit aktivitas kamu, ketika ingin memfoto objek secara diam-diam. Bayangkan ketika seekor kupu-kup lucu yang sedang berada di tangkai bunga lalu kita memfotonya, maka dengan suara yang dihasilkan oleh kamera akan membuat si kupu-kupu terbang dari tangkai bunga tersebut.

Lalu bagaimana cara mematikan fungsi suara kamera samsung dari varian di atas atau varian seri lainnya? Silahkan simak pada berikut ini.


Cara Mematikan Suara Kamera Samsung

Umumnya fungsi suara atau bunyi shutter shot di kamera samsung ketika kamu sedang mengambil foto saat mengabadikan moment adalah sebuah notifikasi bahwa jika terdengar suara shutter berbunyi maka foto berhasil dilakukan dan akan tersimpan di galeri secara otomatis.

1. Menggunakan Aktifkan Mode Silent.

Trik jitu pertama untuk menghilangkan suara kamera pada hp samsung adalah dengan cara mengaktikan mode silent. dimana ketika kita mengaktifkan mode ini maka smartphone Android kamu tidak akan berbunyi ketika ada notifikasi, panggilan masuk, sms maupun yang lainnya. Lalu bagaimana cara mengaktifkan mode sillent di hp samsung, nah cara tercepat untuk mengaktifkan mode ini adalah dengan cara swipe kebawah pada notification bar, selanjutnya swipe ke kanan kemudian tap icon speaker hingga menjadi mode silent atau hening.

2. Nonaktifkan Semua Suara Melalui Aksesibilitas.

Pada dasarnya, opsi berikut ini tidak jauh berbeda dengan mode silent. Hanya saja ketika kita menggunakan headset, maka setiap layar yang kita tap tidak akan berbunyi termasuk menonaktifkan suara kamera samsung. Caranya tap Pengaturan » Aksesibilitas » gulirkan kebawah kemudian centang Nonaktifkan semua suara.

3. Cara Mematikan Suara Kamera Samsung Secara Permanent (Root).

Trik terakhir, ini mungkin trik yang tidak mudah dan sulit untuk dilakukan bagi pemula namun jika kamu ingin kamera bawaan kamu tidak aktif maka kamu harus melakukan root terlebih dahulu. Setelah di root, buka folder telpon /system/media/audio/ui lalu cari file camerashutter atau cameraclick OGG. Jangan menghapusnya, ganti saja nama file tersebut dengan yang kamu inginkan.

Demikianlah bagaimana cara untuk mengaktifkan silent kamera di smartphone samsung hanya dengan melakukan salah satu trik diatas maka kamu dapat mematikan suara kamera samsung. Khusus untuk trik no 3, kamu nantinya tidak perlu repot lagi harus berpindah mode atau masuk kedalam pengaturan aksesibilitas.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…