3 Cara Mengatasi Layar Mi Band Redup Mudah

Penyebab dan solusi cara mengastasi Layar Mi Band Redup. Tak heran jika teknologi semakin hari semakin berkembang layaknya di jaman ini, banyak pengguna jam tangan beralih ke jam tangan digital. Dan bahkan ada beberapa jam tangan digital yang sudah memiliki fitur canggih salah satunya produk dari Xiaomi yaitu Mi Band.

Mi Band merupakan salah satu smartwatch terbaik besutan dari Xiaomi. Dan smartwatch ini sudah populer dikalangan masyarakat indonesia oleh kecanggihannya. Namun Mi Band masih memiliki kekurangan, salah satunya seperti layar Mi Band redup.

Selain kekurangan layar pada smartwatch Xiaomi dari sekian forum yang kita rangkum, ada juga kendala kekurangan lainnya seperti layar mi band 2, 3, 4 tidak menyala atau mati bahkan sering redup. Jika redup mungkin masih bisa terlihat walaupun samar-samar, tapi kalau mati berarti tidak ada display dilayar, hanya menjadi pajangan pergelangan tangan saja.

Penyebab Layar Mi Band 4 Redup

Bebarapa forum situs mengatakan bahwa keluhan yang sama mengenai masalah Mi Band di forum Xiaomi, ternyata memang kekurangan ini adalah hal yang sudah biasa, umumnya layar Mi Band hanya bisa bertahan kurang lebih 1 tahun saja, karena teknologi layar yang digunakan masih OLED.

Berbeda dengan layar LED dan LCDOLED sendiri cenderung tidak memiliki polarisi, warna yang dipancarkan oleh layar OLED tergantung pada molekul, sedangkan cahayanya tergantung pada voltase yang masuk.

Ini dikarenakan Mi Band masih menggunakan layar OLED, masalah ini mungkin merupakan hal yang wajar, karena pasalnya layar OLED memiliki molekul-molekul yang setiap waktunya akan terus menurun, khususnya pada molekul warna biru, inilah yang menyebabkan layar Mi Band menjadi redup.

Cara Mengatasi Layar Mi Band Redup

1. Keringkan Mi Band

Jika layar Mi Band kamu bermasalah setelah kamu “bermain air” maka silahkan pisahkan gelang Mi dari body utama kemudian keringkan dengan handuk. Biarkan di tempat yang kering dan berventilasi baik, tunggu hingga bagian dalamnya benar-benar kering. Lalu periksa kembali tampilan layar Mi Band kamu.

2. Charge Mi Band

Cara mengatasi layar Mi Band redup selanjutnya adalah dengan mengisi ulang daya Mi Band, Karena alasan yang paling mungkin yang menyebabkan layar redup adalah daya baterai Mi Band yang kurang. Silahkan isi daya baterai sebentar dan kemudian periksa kecerahan-nya kembali, Jika masih tidak berhasil silahkan coba cara selanjutnya.

3. Kunjungi Service Center Mi Band

Pilihan terakhir adalah untuk datang langsung ke pusat layanan Mi Band, ceritakanlah kerusakan yang terjadi pada Mi Band kamu. Dengan datang ke pusat layanan kamu akan mendapatkan service profesional untuk memperbaiki Mi Band kamu.

Tetapi yang perlu diketahui, Anda akan kesulitan ketika ingin mengganti layarnya, karena memang sangat sedikit sekali yang menjual sparepart layar Mi Band, kalaupun Ada mungkin harganya tidak jauh berbeda dengan harga jam tangan tersebut, kalau kami sarankan sih mending beli yang baru.

Nah Anda bisa mengambil pelajaran dari masalah ini, jika Anda memilih untuk membeli Mi Band baru, agar masalah yang sama tidak terulang lagi, kami sarankan untuk mencoba tips dibawah ini:

  • Matikan fitur menyala otomatis
  • Jangan terlalu sering menyalakan layar Mi Band
  • Nonaktifkan fitur yang sekiranya tidak terlalu penting

Demikianlah sedikit singkat mengenai bagaimana cara mengatasi layar mi band yang redup semua seri dari Mi Band 2, 3 dan 4. Kami berharap artikel ini dapat membantu masalah yang terjadi pada Smartwatch Mi Band. Semoga Bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…