Cara Cek Mac Address Windows 10, Android dan iOS

Bagaimana cara cek mac address hp android? Secara umum cara melihat mac address wifi di android bisa kita lakukan dengan mudah melalui setelan pada ponsel.

Apa itu Mac Address HP? Dikutip dari help.gnome.org Mac address atau Sebuah alamat MAC merupakan identifier unik yang diberikan oleh produsen ke bagian dari perangkat keras jaringan (seperti kartu nirkabel atau kartu ethernet). 

MAC adalah singkatan dari Media Access Control, yang berfungsi untuk identifikasi perangkat alfanumerik. Berapa digit MAC Address? Secara umum MAC Address ini terdiri dari 12 digit alfanumerik. Contohnya: 00:1A:C2:7B:00:47.

Analogi darimana kita mendapatkan mac address adalah saat perangkat kamu menggunakan atau terhubung pada jaringan wifi tertentu. Maka melalui jaringan tersebut alamat MAC perangkat akan disematkan dan dapat dilihat siapa pun yang bisa mengakses alamat router WiFi. Setiap perangkat juga memiliki MAC Address masing-masing.

Lantas bagaimana cara cek mac address di hp android, iphone maupun laptop/komputer? Penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak pada berikut.

Cara Cek Mac Address HP Android dan Laptop

Berikut ini adalah panduan serta langkah-langkah yang dapat kamu terapkan untuk mengetahui bagaimana cara mengecek MAC Address HP dan laptop HP yang dikutip dari laman Lawrence Technological University:

1. Cara Melihat Mac Address Laptop Windows 7,8,10 dan 11

Ilustrasi cek mac address di windows

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk cek MAC Address pada laptop berbagai jenis Windows, yaitu:

  1. Tekan tombol 'Windows+R' secara bersamaan untuk membuka jendela Run.
  2. Ketik ncpa.cpl ke dalam kotak pencarian dan tekan 'ENTER'.
  3. Klik kanan pada WiFi yang tersambung di laptop kamu dan pilih 'Status'.
  4. Pilih 'Details' dan akan muncul beberapa informasi, cari tulisan 'Physical Address' yang mana adalah MAC Address komputer atau laptopmu.

Selain lewat cara di atas, untuk pengguna Windows juga dapat mengikuti tutorial berikut ini, yaitu lewat Command Prompt (CMD).

  1. Buka Command Prompt pada laptop kamu dengan cara ketik cmd di kolom pencarian menu 'Start'.
  2. Ketik "getmac /v" tanpa tanda kutip dan tekan 'ENTER'.
  3. Lalu, akan muncul beberapa informasi. Kemudian, cari bagian 'Physical Address'. Alfanumerik di sebelahnya adalah MAC Address laptop kamu.

2. Melalui Laptop macOS

ilustrasi cara cek mac address di macbook macOS
ilustrasi cara cek mac address di macbook macOS

Kemudian, selain pengguna sistem operasi windows pengguna laptop merek Apple dengan sistem operasi macOS juga dapat mengetahui alamat MAC Address. Berikut tutorialnya di bawah:

  1. Klik 'System Preferences' dari Apple menu yang ada di ujung kiri atas layar laptopmu.
  2. Klik 'Network' dari bagian 'System Preferences'.
  3. Pilih WiFi yang tersambung dengan laptopmu dan klik tombol 'Advanced'.
  4. Pilih 'Hardware' yang berada di bagian bawah, kamu akan melihat MAC kartu nirkabel kamu.

3. Di iPhone

ilustrasi cara mengetahui mac address di iphone
ilustrasi cara mengetahui mac address di iphone

Nah bagi kamu yang menggunakan perangkat gadget seperti smartphone iPhone atau Android. Khususnya untuk pengguna iPhone juga bisa mengetahui MAC Address ponselnya. Berikut tutorial yang bisa diikuti:

  1. Buka pengaturan ponsel kamu lalu pilih 'General'.
  2. Selanjutnya arahkan ke bagian 'About' dan scroll ke bawah untuk melihat 'Wi-Fi Address'.

Selain melalui setelan, kamu juga dapat mengetahui alamat mac address kamu melalui kode dial. Caranya, cukup ketikan ##29889##, lalu ketuk tombol dial. Nanti akan muncul sebuah jendela baru, yang berisi nomor MAC Address-nya.

4. Cara Melihat Mac Address Wifi di Android

ilustrasi cara mengetahui mac address di hp android
ilustrasi cara mengetahui mac address di hp android

Terakhir adalah tutorial cara cek MAC Address di hp android. Berikut tutorial langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke pengaturan HP Android dan scroll ke bawah hingga kamu menemukan bagian 'About Phone'.
  2. Pilih 'Status' atau 'Hardware Information'.
  3. Selanjutnya, scroll hingga kamu melihat 'WiFi MAC Address'.

Sama halnya dengan iPhone, Cara cek mac address HP android juga bisa menggunakan kode dial. Ketikan ##29889##, kemudian tekan tombol dial. Setelah melakukan dial, nantinya akan muncul halaman petunjuk yang menjelaskan tentang mac address di hp kamu.

Sekarang kamu pastinya sudah mengetahui bagaimana cara cek mac address hp android maupun di laptop. Jika kamu mencari refrensi dan solusi mac address dikarenakan suatu kendala wifi pribadi digunakan oleh orang lain, maka selain mac address yang kamu cek sebelumnya menggunakan cara di atas 👆👆 bisa kamu hapus pada perangkat router.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…