Cara Aktivasi Ulang Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus

Bagaimana mengaktifkan kembali nomor telkomsel yang sudah hangus maupun cara aktivasi ulang kartu telkomsel yang sudah mati agar bisa digunakan lagi. Yuk kita simak pada ulasan berikut ini.

Reaktivasi Kartu Prabayar Telkomsel adalah sebuah cara untuk mengaktifkan kembali nomor pelanggan yang telah hangus/mati/expired.

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Nomor Hangus/Mati/Expired?

Nomor Hangus/Expired adalah nomor Telkomsel PraBayar kamu yang telah melewati batas hari terakhir periode masa tenggang. Dimana kamu tidak melakukan isi pulsa atau pembelian paket pada masa tenggang sehingga nomor kamu melewati hari terakhir masa tenggang dan kemudian hangus/expired.

Apa itu periode Masa Tenggang/Grace Period?

Periode Masa Tenggang/Grace Period adalah periode dimana kartu/nomor Telkomsel PraBayar kamu sedang dalam masa tenggang, kamu harus melakukan transaksi berupa pengisian pulsa atau pembelian paket agar bisa memperpanjang masa aktif kartu/nomor Telkomsel PraBayar yang digunakan.

Cara Aktivasi Ulang Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus

Lantas bagaimana cara mengaktifkan kartu yang terblokir telkomsel karena tidak isi pulsa? Ciri-ciri kartu telkomsel yang sudah expired biasanya kartu atau nomor tersebut tidak ada jaringan. Maka untuk mengaktifkan kembali nomor kartu telkomsel tersebut bisa menggunakan 5 cara dibawah ini.

Apa Saja yang Harus Kamu Siapkan untuk Mengaktifkan Kartu Kamu yang telah hangus?

Beberapa hal yang perlu kamu siapkan diantaranya adalah:

  • Menyiapkan KTP dan KK yang sebelumnya didaftarkan pada nomor kamu.
  • Simcard fisik yang ingin diakftifkan kembali

1. Menggunakan kode UMB

Untuk bisa aktivasi kartu telkomsel yang sudah terblokir kamu bisa menggunakan kode umb Secara mandiri dengan menghubungi *888*89#.

2. Masa Tenggang Kurang dari 15 Hari

Sumber foto: Liputan 6

Berdasar hasil riset yang dilakukan Jaka, selama kartumu masih memasuki masa tenggang kurang dari 15 hari, maka kartu Telkomselmu masih bisa diaktifkan lagi.

Jika sudah lebih dari 15 hari tapi masih belum genap sebulan pasca masa tenggang, maka kemungkinan nomor tersebut bisa diaktifkan menjadi lebih kecil.

Namun, masih bisa, kok, dengan syarat kamu menyebutkan alasan urgent-nya kenapa, geng.

Jika sudah lebih dari sebulan alias melewati masa tenggang, maka kartu Telkomselmu nggak akan bisa diaktifkan lagi karena sudah terhapus by system, mau alasan apapun itu. Mau nggak mau, kamu harus membeli kartu perdana baru.

3. Laporkan via Media Sosial

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus selanjutnya adalah menggunakan media sosial resmi Telkomsel, baik Facebook, Twitter, atau Instagram.

Namun, jika kamu ingin respon yang lebih cepat, Jaka sarankan menggunakan Twitter. Hal ini berdasarkan pengamatan Jaka atas akun Twitter @Telkomsel yang jauh lebih tanggap dalam menanggapi keluhan konsumen.

Berikut panduan mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati:

  1. Buka Twitter.
  2. Kunjungi akun @Telkomsel.
  3. Tekan opsi Pesan Langsung (Direct Message).
  4. Ajukan permohonan dengan format: nomor, waktu dan tanggal masa tenggang berakhir, dan lokasi.
  5. Tunggu hingga admin Telkomsel mengecek status nomor tersebut.
  6. Jika sesuai dengan syarat dan ketentuan, kartu tersebut bisa diaktifkan kembali.

4. Hubungi Call Center Telkomsel

Seperti yang Jaka bilang di atas, jika ternyata masa tenggang kartu Telkomselmu masih kurang dari 15 hari, maka kamu bisa melakukan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati tanpa pergi ke GraPARI.

Caranya, kamu hubungi dulu Call Center Telkomsel di nomor 0807 1 811 811 atau juga bisa di 188. Panggilan ini akan dikenakan biaya Rp300, jadi pastikan kalau kamu sudah cek pulsa Telkomsel-mu, ya!

Nantinya, kamu bisa mengatakan permasalahanmu dengan rinci kepada customer service (CS) yang melayani.

Biasanya, CS Telkomsel tetap akan memintamu untuk datang ke GraPARI untuk mengurusnya secara langsung. Namun, dengan menelepon CS Telkomsel, kamu bisa memberitahu pihak provider lebih awal bahwa nomormu yang nggak aktif itu masih dipakai dan akan diaktifkan secepatnya.

5. Pergi ke GraPARI Telkomsel

Sama seperti kamu mau upgrade atau ganti kartu Telkomsel dari 3G ke 4G, kamu harus pergi ke GraPARI Telkomsel untuk mengurus kartu nomormu yang nggak aktif. Jadi, nggak ada cara lain untuk mengaktifkan kartu Simpati Tsel selain datang ke GraPARI ya, geng!

Apa saja yang perlu dibawa? Cukup bawa KTP dan Kartu Keluarga, mengingat biasanya pihak provider bakal mencocokkan datamu atau meregistrasikannya sesuai dengan peraturan Pemerintah.

Layanan ini bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma, kecuali jika kamu terpaksa mengurus kartu perdana baru akibat nomor lamamu sudah memasuki masa tenggang dengan membayar Rp25.000,00.

Demikianlah sedikit singkat mengenai bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu telkomsel yang sudah mati. Semoga dengan menerapkan cara diatas nomor kartu kamu bisa digunakan lagi. Semoga berhasil.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…