Cara Cek Imei iPhone Resmi

Bagaimana cara cek imei iPhone resmi yang sudah terdaftar untuk mengetahui palsu atau asli tidaknya ponsel? Ada 3 cara melihat imei iphone dengan muda

Bagaimana cara cek imei iPhone resmi yang sudah terdaftar untuk mengetahui palsu atau asli tidaknya ponsel? Ada 3 cara melihat imei iphone dengan mudah. Yuk simak ulasannya supaya kamu mengetahui sudah terdaftar atau tidak iPhonemu.

Dilansir dari wikipedia, iPhone adalah smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. Dan menggunakan sistem operasi iOS. iPhone generasi pertama diumumkan oleh CEO Apple Steve Jobs pada tanggal 9 Januari 2007. Sejak saat itu, Apple merilis model iPhone baru dan pembaruan iOS setiap tahun.

iPhone sendiri merupakan salah satu brand smartphone terpopuler yang digemari oleh banyak masyarakat di Indonesia. Meskipun harganya relatif tinggi dibandingkan brand smartphone lainnya, namun iPhone tetap menjadi brand terhandal dan terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia.

Tak semua orang mengetahui bahwasanya tidak semua produk apple yang beredar dan dijual di pasaran adalah produk iphone asli keluaran dari Apple.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang akan membeli iphone baik baru atau bekas wajib mengetahui dan memastikan dengan cara mengecek imei iphone online maupun secara offline.

Pembeli harus berhati-hati dan teliti untuk mengetahui produk iPhone mana yang asli dan palsu. Salah satunya dengan mengecek IMEI iPhone tersebut. Di masa-masa sekarang ini, sangat penting untuk menjadi pembeli yang cerdas agar tidak merasa dirugikan, apalagi jika ada pihak yang mencoba menipu dengan menawarkan smartphone.

Apa itu IMEI iPhone?

Cara Cek Imei iPhone Resmi
ilustrasi imei iphone

IMEI iPhone merupakan salah satu prasyarat untuk melihat keaslian iPhone adalah dengan cara melihat IMEI iPhone. Secara umum IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Associations atau GSMA. Kehadiran IMEI sendiri merupakan identitas resmi dari sebuah hp, sehingga kita bisa menyamakan IMEI dengan KTP sebuah smartphone, termasuk iPhone.

Secara umum, nomor IMEI terdiri dari 14 digit diikuti oleh digit ke-15 untuk memverifikasi ulang semua digit sebelumnya. Angka-angka tersebut digunakan untuk mengecek berbagai informasi terkait smartphone, antara lain asal muasal smartphone, nomor model iphone, dan lain sebagainya.

Keberadaan nomor IMEI di iPhone tentu bukan tanpa alasan. Ada alasan penting IMEI dihadirkan dan menjadi salah satu fungsi dalam mendeteksi keaslian iPhone. Berikut adalah sejumlah fungsi IMEI yang dikutip dari Qoala.com:

1. Panduan Spesifikasi Lengkap Mengenai iPhone

Untuk mengetahui spesifikasi iPhone bisa diketahui dengan menggunakan nomor IMEI. Pengetahuan tentang IMEI sangat berguna untuk memastikan beberapa hal. Jika kamu hanya ingin menggunakan iPhone asli/original, bukan produk yang diperbaharui dari seri lain, maka kamu dapat menggunakan nomor IMEI. Apalagi bagi kamu yang ingin membeli iPhone dari pihak kedua. Untuk lebih yakin tentang orisinalitas iPhone, akan lebih baik memeriksa terlebih dahulu dari situs web resmi Apple.

2. Melakukan Pemblokiran Ketika Hilang atau Dicuri

Fungsi IMEI selanjutnya adalah sebagai pengenal paling spesifik dan mungkin tidak sama antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. IMEI digunakan untuk mengidentifikasi kartu SIM sehingga dapat digunakan untuk komunikasi. Saat iPhone Anda hilang atau dicuri, segera laporkan agar iPhone Anda tidak dapat diakses sama sekali oleh siapa pun. Anda dapat mengunci iPhone Anda di situs info IMEI atau bertanya kepada layanan pelanggan Apple.

3. Mengantisipasi Terjadinya Peredaran Ponsel iPhone Ilegal

Sebagai salah smartphone yang digemari oleh banyak orang, iPhone ini banyak diperdagangkan di Indonesia. Namun, tidak semua pedagang membeli produk resmi dari distributor yang memiliki lisensi di Indonesia. IMEI di iPhone dapat menjadi bukti bahwa kamu tidak menggunakan produk Pasar Gelap/Black market. Produk ini merupakan produk yang diperdagangkan namun diimpor secara ilegal.

IPhone resmi memiliki IMEI yang terdaftar di database Kementerian Perindustrian atau Kementerian Perindustrian. Kamu dapat memeriksa sekarang melalui situs yang dibuat untuk memeriksa IMEI. kamu dapat mengakses situs ini dari komputer atau dari smartphone yang sedang digunakan.

Lantas bagaimana cara cek imei iphone resmi sudah terdaftar atau tidak di kemenprin? yuk simak ulasan lengkap mengenai cara melihat imei iphone terdaftar sebagai berikut.

7 Cara Cek Imei iPhone Terdaftar atau Belum

Setelah kamu mengetahui apa itu imei dan apa fungsinya, maka selanjutnya bagaimana cara cek imei iphone resmi ibox. Adapun beberapa metode cara yang berhasil untuk semua pengguna iPhone dari yang termudah hingga yang membutuhkan sedikit waktu dan kesabaran. Kamu dapat memilih mana saja yang merupakan cara termudah untuk memeriksa keaslian iPhone.

Cara cek imei iphone melalui belakang perangkat iPhone

Cara cek imei iphone melalui belakang perangkat iPhone

Apabila kamu dapat memperhatikans secara teliti tulisan tepat di bagian belakang perangkat iPhone. Di bagian atas jelas ada logo Apple. Namun, di bagian bawah kamu dapat melihat beberapa informasi selain nama perangkat. Adapun informasi lainnya seperti di negara mana perangkat itu dirancang dan dirakit. Selain itu, ada juga nomor IMEI. Untuk validitas kamu dapat memeriksanya secara langsung di perangkat iPhonemu.

Cara mengecek imei iphone melalui pengaturan perangkat

Cara mengecek imei iphone melalui pengaturan perangkat

Selanjutnya tentang cara mengecek IMEI iPhone adalah dengan melalui pengaturan telepon. Caranya kamu hanya perlu masuk ke Settings General > About. Di sana terdapat spesifikasi handphone secara lengkap, termasuk nomor IMEI. 

Tak hanya itu, kamu harus memilih tentang dan membaca informasi yang ditampilkan di layar ponsel sampai kamu menemukan kata IMEI bersama dengan serial nomornya. Kamu dapat menuliskannya untuk memudahkan pemeriksaan IMEI.

Cara Mengecek nomor seri iphone melalui Finder dan iTunes

Tak hanya iPhone, adapun produk Apple lain seperti iPod, iPad, dan Mac yang memiliki IMEI. Pemilik MacBook bisa mencoba mengecek nomor IMEI melalui Finder dan iTunes pada produk-produk tersebut.

Berikut metode yang harus diikuti untuk cek IMEI iPhone:

  • Pertama, pastikan perangkat atau iPhone kamu tersambung ke komputer atau laptop.
  • Gunakan Mac atau Mac OS Catalina minimal versi 10.15 dan buka finder jika Mac kamu memiliki macO Mojave atau versi yang sebelumnya.
  • Jika ingin bukan di PC, coba akses iTunes.
  • Setelah perangkat berhasil ditemukan, kamu harus berada di tab umum jika menggunakan Finder.
  • Namun, jika menggunakan iTunes, coba klik tab Ringkasan agar bisa melihat informasi yang sedang dicari.

Karena kamu hendak melihat nomor IMEI iPhone, maka klik nomor telepon yang berada di bawah nama perangkat agar bisa menemukan IMEI/MEID.

Melalui Boks perangkat iPhone

cek imei iphone Melalui Boks perangkat iPhone

Jika kamu masih mengingat di mana kamu meletakkan kotak boks iPhone kamu, keluarkan dan periksa bagian belakang. Ada beberapa jenis angka. Ada nomor SN, SKU, dan IMEI. Jadi, Anda tahu apa yang harus ditulis, bukan?

Lalu bagaimana jika ada dua nomor IMEI yang berbeda? Beberapa perangkat memang memiliki IMEI1 dan IMEI2. Ini menunjukkan bahwa perangkat Anda memiliki dua slot kartu SIM. Secara umum, ini terjadi pada ponsel Android.

Cek imei di slot simcard iPhone

Cek imei di slot simcard iPhone

Tidak hanya tertulis di bagian belakang iPhone, Anda juga dapat menemukannya di bagian dalam slot untuk kartu SIM.

Pertama, kamu harus mengeluarkan slot sima card terlebih dahulu. Di bagian atas, kamu akan melihat nomor serial IMEI/MEID. Namun, ini hanya berlaku untuk model tertentu.

Melalui kode dial

Kode dial Cek imei

Cara ini bisa dilakukan di semua jenis handphone, termasuk iPhone. Caranya sangat sederhana, cukup masuk ke menu telepon, ketik kode *#06#. Secara otomatis, perangkat akan menampilkan nomor IMEI Anda.

Melalui situs Kemenprin

Jika kamu sudah mengetahui imei pada perangkat iphone namun kamu ingin mengetahui juga apakah imei iphone sudah terdaftar di Kemenprin, maka kamu dapat mengunjungi situs https://imei.kemenperin.go.id/. Masukan nomor imei yang telah dicatat saat kamu melakukan 6 metode di atas. Nantinya hasil terdaftar asli atau tidaknya ponsel iphone akan terlihat di website tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai IMEI dan cara cek IMEI iPhone yang mudah dan ampuh. Sering kali dibingungkan, IMEI ini berbeda ya dengan nomor SIM. Ia tidak akan berubah walaupun kamu mengganti nomor teleponmu.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…