Cara Kompres File Sekecil Mungkin Dengan Winrar dan Zip Praktis

Bagaimana cara kompres file sekecil mungkin dengan format rar atau zip? Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips agar file berkas dokumen kamu menjadi lebih ringan supaya mudah untuk disimpan.

Pengarsipan file ke dalam bentuk format rar atau zip merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menyimpan file yang terkadang jarang kita gunakan namun file tersebut masih kita perlukan. Nantinya, pada saat melakukan pengarsipan file menjadi zip ataupun rar akan terdapat suatu proses kompresi yang akan membuat file berkas menjadi lebih kecil. Sehingga hal ini dapat menghemat ruang penyimpanan di komputer atau laptop kamu.

Lantas bagaimana cara kompres file dengan winrar atau winzip sekecil mungkin? Berikut ini tutorial bagaimana cara mengompress file-file dokumen yang besar menjadi lebih kecil menggunakan rar dan zip supaya terlihat rapi dan dapat menghemat ruang penyimpanan.

Cara kompres file sekecil mungkin

1. Download aplikasi WinRAR

Untuk melakukan kompresi file kita membutuhkan bantuan aplikasi archiver. Saat ini ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis, untuk tutorial ini kita akan menggunakan aplikasi WinRAR.

Silakan download aplikasinya di sini: https://www.win-rar.com

2. Install aplikasi Winrar

Setelah proses download selesai, install aplikasi WinRAR dengan cara klik dua kali file aplikasi kemudian ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

3. Tentukan file kompres

Selanjutnya buka file explorer di komputer kamu kemudian masuk ke lokasi tempat file atau folder yang ingin kamu kompres berada.

4. Kumpulkan file dalam satu folder khusus

Untuk lebih memudahkan dalam proses kompres nanti maka semua file sebaiknya bisa kamu kumpulkan dalam satu folder khusus.

Sebagai contoh saya menSaya berhasil mengompres file dari ukuran 308MB menjadi 189 MB.gumpulkan semua file dengan berbagai format (foto, video, dokumen, dll) dalam folder yang bernama Kompres.

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, di dalam folder kompres terdapat banyak file dengan total kapasitas sebesar 309MB.

5. Klik kanan folder Kompres kemudian pilih Add to archive

Setelah semua file kamu kumpulkan dalam satu folder, selanjutnya klik kanan folder tersebut kemudian pilih Add to archive yang muncul pada context menu.

6. Set pengaturan kompresi

Cara kompres file sekecil mungkin dengan winrar

Selanjutnya jendela WinRAR akan terbuka.

Ikuti langkah-langkah pengaturan berikut ini,

  1. Pertama pada kolom Archive name beri nama file hasil kompres yang kamu inginkan.
  2. Pada bagian Archive format pilih RAR atau ZIP sesuai kebutuhan
  3. Pada bagian Compression method pilih Best.
  4. Pada bagian Dictionary size pilih 128MB.
  5. Pada bagian Archiving options centang pada opsi Create solid archive.
  6. Setelah semua pengaturan kamu sudah lakukan, maka klik pada tombol OK untuk memulai proses kompres.

7. Tunggu hingga proses kompres selesai

Selanjutnya kamu tinggal menunggu saja hingga proses kompres selesai. Biasanya akan memakan waktu selama beberapa menit tergantung dari jumlah dan kapasitas file yang ingin kamu kompres.

Setelah selesai maka akan muncul file dengan format rar sesuai dengan nama yang tadi sudah kamu berikan.

Sebagai contoh, saya berhasil mengompres file dari ukuran 308 MB menjadi 189 MB.

Cara kompres file di HP

Bagi kamu yang menggunakan HP bisa juga melakukan kompres file untuk mengecilkan ukurannya. Caranya hampir sama dengan menggunakan PC atau laptop yaitu kita memerlukan bantuan aplikasi archiver.

Cara kompres file di HP

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi RAR dari Playstore
  2. Tunggu hingga proses install selesai
  3. Setelah itu buka aplikasi RAR yang sudah terinstall di HP kamu
  4. Pilih file dan folder yang ingin dikompres
  5. Tekan pada tombol Add files to archive (icon dengan tanda +) pada bar atas aplikasi
  6. Pada tab General beri nama file arsip pada kolom Archive name sesuai keinginan
  7. Tekan pada tab Advanced, kemudian pilih Best compression dan 128 MB dictionary
  8. Tekan tombol OK untuk memulai proses kompres

Tunggu hingga proses kompres selesai. Setelah itu hasilnya akan muncul pada lokasi yang sama dengan lokasi file kamu , atau pada lokasi yang sudah ditentukan pada pengaturan.

Hasil kompres yang kamu dapatkan mungkin akan berbeda-beda. Pada jenis file tertentu bisa mendapatkan tingkat kompresi yang tinggi, sehingga file yang berukuran besar bisa dikompres menjadi sangat kecil.

Baca juga: Cara Kompres Video Di Android Dengan VidCompact

Demikianlah sedikit singkat cara mengkompress ukuran file agar menjadi sekecil mungkin baik di laptop maupun hp android. Sekarang menggunakan cara di atas kamu dapat menghemat ruang atau space pada storage. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…