2 Cara Membuat ShortCut PING Otomatis Sederhana

Cara Membuat Ping Otomatis Dengan Menggunakan CMD (Command Prompt) dan Notepad. Ping biasanya kita gunakan untuk mengecek kelancaran koneksi internet pada komputer lain atau komputer server dan situs/website. Dan biasanya ping ini selalu kita gunakan untuk mengetahui internet yang bilamana jaringan internet anda sedang gangguan atau dalam keadaan Request timed out.

Pada dasarnya ada 2 cara membuat shortcut ping di laptop atau komputer yakni cara membuat ping exe dan cara membuat ping .bat. Nah kedua metode tersebut adalah cara sederhana membuat jalan pintas alias shortcut untuk command line pada program CMD terutama cmd favorit Anda dan Notepad. Shortcut tersebut akan tampil pada desktop Anda dan hanya dengan sekali klik, CMD favorit Anda akan berjalan. Lalu bagaimana cara pembuatannya?

1. Cara Membuat Ping Otomatis Format Exe

    1. Klik kanan pada ruang kosong di desktop untuk membuka menu konteks
    2. Pilih New
    3. Pilih Shortcut dengan klik kiri
    4. Ketik di area kotak cmd /k ditambah perintah apapun yang Anda inginkan.Misalnya, jika Anda ingin shortcut untuk ping situs mediababe, isikan seperti ini:
      cmd /k ping mediababe.net -t
    5. Kemudian Next
    6. Beri nama untuk shortcut Anda dan klik tombol Finish

Ket.

Anda bisa merubah situs diatas dengan menggunakan situs yang akan anda ketahui koneksinya. Apabila situs tersebut berupakan ip maka silahkan masukan ipnya seperti misal cmd /k ping 192.168.1.2 -t.

2. Cara membuat shortcut Ping Menggunakan Notepad

  • Buka Aplikasi NotePad sobat.
  • Ketiklah Script Berikut kedalam Text editor [Contoh aplikasi yang digunakan : Note Pad]
ping google.com -t
  • Lalu Simpan dengan metode Save As, Nah pada Save As Type pilih All Files, dan masukkan namanya 'ping.bat'

Sama halnya dengan metode cmd metode notepad juga menggunakan url atau ping pada scriptnya. Jika menggunakan ip maka scriptnya akan seperti ini ping 192.168.1.2 -t kemudian di simpan dan ganti format ekstensinya menjadi .bat.

Nah demikianlah sedikit cara membuat shortcut ping otomatis exe dan bat dengan mudah. Semoga artikel ini bisa membantu dan menjadi refrensi kegiatan anda. Terimakasih.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…