Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Di Semua Samsung Tipe A

Cara mengaktifkan jaringan 4G di samsung A3, A5, A7 versi lama maupun versi terbaru 2017. Saat ini jaringan 4G operator selluler sudah diperluas di Indonesia, dan ponsel atau smartphone kini juga semakin banyak yang mengeluarkan fitur jaringan yang mendukung 4G.

Nah Samsung Galaxy seri A keluaran samsung terbaru ini merupakan jenis ponsel yang dipasarkan secara masif dengan Aim Market dari kalangan menengah. Ponsel yang dijual dengan kisaran harga yang bisa kita juga katakan sangat murah untuk kalangan menengah keatas yakni 4 jutaan hingga 6 jutaan ini dan saat ini samsung A dilepas dipasaran dengan dukungan jaringan koneksi terbaru yakni 4G LTE.

Dengan kisaran harga 4jutaan pastinya ponsel canggih smartphone galaxy A ini menjadi smartphone yang digemari dan tentunya pelanggan akan merasa lebih puas. Kinerja smartphone tipe A juga sangat bagus, cepat saat melakukan multi tasking. Apalagi dilengkapi fitur jaringan 4G LTE tentunya membuat koneksi internet GSM 4G lebih Kencang. Lalu bagaimana cara merubah jaringan 3g ke 4g samsung?

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G pada Samsung Tipe A

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Di Semua Samsung Tipe A

Jika anda menggunakan ponsel seri ponsel terbaru dari Samsung seperti Galaxy A3, Galaxy A5, dan Galaxy A7 versi tahun 2017 atau ponsel Samsung lainnya yang menggunakan antarmuka Grace UI, ikuti langkah berikut ini:

1. Langkah pertama silahkan anda Masuk ke menu penyetelan ponsel dengan cara menyentuh aplikasi Settings di ponsel anda.

2. Cari penyetelan berjudul Connections di bagian atas menu penyetelan dan sentuh bagian menu tersebut. 

3. anda akan masuk ke menu Connections, di sini anda telusuri bagian bawah menu untuk menemukan menu berjudul Mobile networks. Sentuh menu tersebut.

4. anda akan diperlihatkan tentang detail kartu SIM yang anda gunakanan pada ponsel anda. Jika ponsel anda berjenis dual SIM, akan terlihat penyetelan untuk 2 kartu SIM sedangkan sebaliknya jikalau ponselnya berjenis single SIM maka hanya akan terlihat penyetelan untuk 1 kartu SIM.

5. Pilih kartu SIM yang diinginkan untuk mengaktifkan 4G pada Samsung anda.

6. anda akan disodorkan pilihan untuk memilih mode jaringan untuk kartu SIM tersebut, pilihlah mode LTE/3G/2G (auto connect).

Sekarang ponsel anda akan secara otomatis terhubung ke jaringan 4G selama anda berada di area yang tercakup di jaringan 4G. Jika tidak tercakup jaringan 4G, ponsel akan secara otomatis mengkoneksikan diri ke jaringan 3G / 2G.

Mengaktifkan Koneksi Internet 4G di samsung TouchWiz UI/ keluaran 2016

Apabila anda menggunakan ponsel Samsung keluaran tahun 2016 atau yang lebih tahun sebelumnya, kemungkinan besar smartphone Samsung anda masih menggunakan antarmuka TouchWiz UI. Alur cara mengatifkan 4G pada Samsung model lama agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan antarmuka Grace UI. Berikut adalah caranya:

  1. Masuk ke menu penyetelan ponsel dengan cara menyentuh aplikasi Settings di ponsel samsung anda.
  2. Pada pemu penyetelan, pilih menu More Networks.
  3. Masuk ke menu Network Mode.
  4. Pilih mode jaringan LTE/CDMA untuk mengaktifkan jaringan 4G di ponsel anda.
  5. Untuk memastikan ponsel anda benar-benar berubah ke jaringan 4G, restart ponsel anda.

Nah demikianlah sedikit tutorial cara aktifkan jaringan internet 4G di Samsung galaxy A Semua tipe baik keluaran tahun 2017 maupun dibawahnya. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…