[FIX] Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Gambar

Tips cara mengatasi instagram yang tidak dapat memuat kabar berita atau gambar. Instagram merupakan sosial media terpopuler kedua selain facebook. Instagram kini sering digunakan oleh masyarakat mendunia untuk mensharing atau membagikan momment penting mereka dalam bentuk gambar maupun video. Selain itu instagram memiliki banyak sekali fitur-fitur terbaru pada updatean terbarunya seperti misalnya histori gambar, video boomerang, rewind, dan video biasa. Dan kali ini instagram juga memiliki efek-efek keren seperti gambar kacamata yang bisa digabungkan dengan foto anda.

Instagram seringkali memiliki kendala apabila koneksi internet anda tidak stabil contohnya adalah kendala seperti ini yakni "instagram tidak dapat memuat gambar ketuk untuk mencoba lagi"Lalu bagaimana cara memperbaiki instagram yang tidak bisa update berita gambar? Sebenarnya banyak penyebab instagram tidak bisa mereload gambar-gambar terbaru misal seperti koneksi yang lagi down atau tidak stabil atau bisa saja karena cachenya yang mulai padat. Lalu bagaimana solusi untuk instagram yang tidak bisa refresh?

Nah berikut ini adalah 6 cara mengatasi ig tidak dapat memuat gambar, silahkan anda simak dengan cermat dan ikuti langkah-langkahnya apabila anda menemukan masalah ig mengenai tidak dapat memuat ulang kabar berita pada instagram yang menyebabkan gambar di instagram tidak muncul.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Gambar

1. Pastikan Koneksi Internet Anda Lancar

Cara pertama, cobalah anda mengecek terlebih dahulu kecepatan internet Android anda, pastikan internet anda dalam kecepatan yang cukup untuk memutar video di Youtube atau loading page dengan ringan dan cepat. Coba lakukan Browsing atau membuka sosial media lain, pastikan kecepatan normal dan tidak lemot. Jika lemot maka tentu anda bisa menyedari kalau Instagram anda juga serasa lemot.

Solusinya anda anda bisa mencari tempat dengan kualitas sinyal yang lebih baik, atau bisa juga anda berada pada area Wi-Fi dengan kecepatan internet yang tinggi, salah satunya adalah WiFi.id.

2. Bersihkan File Sampah Android

Tips cara memuat gambar ig agar bisa berhasil adalah dengan cara membersihkan file sampah Android. Anda bisa lakukan satu persatu atau bisa juga menggunakan aplikasi Cleaner seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CCleaner, CM Security, dan aplikasi pembersih lainnya. Dan untuk melakukannya secara manual, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Instagram, kemudian tap “Hapus Cache”.

3. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi Instagram

Jika metode kedua tidak berhasil maka cobalah dengan metode ketiga yakni menghapus data aplikasi Instagram. Cara ini akan membuat Instagram kembali pada kondisi semua atau default seperti halnya baru menginstall. Hapus data Android akan membuat anda kehilangan basis data, data login, history, dan file sampah aplikasi Instagram. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Instagram, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Setelah anda berhasil menghapus data instagram, selanjutnya anda bisa buka kembali Aplikasi Instagram di Android anda. Masukkan dengan Username dan Password yang sudah anda miliki sebelumnya.

4. Update Aplikasi Instagram

Untuk menghilangkan Bugs atau kerusakan, baik itu error segala macemnya, anda bisa update aplikasi instagram ke versi paling baru. Tujuan dari cara ini supaya instagram anda mendapatkan perbaikan secara online langsung dari Google Play Store. Terlebih lagi, dengan cara ini tampilan dan fitur dari instagram tentu anda akan mendapatkan pembaharuan.

Untuk update aplikasi, anda bisa kunjungi Google Play Store dan cari Aplikasi Insragram. Selanjutnya dari situlah anda bisa lakukan update aplikasi instagram.

5. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Instagram

Apabila semua cara diatas telah anda lakukan, namun tidak membuahkan hasil sama sekali dan masalah anda tidak teratasi, maka terpaksa anda hapus aplikasi instagram dan pasang dengan aplikasi instagram yang baru. Untuk menghapus aplikasi Instagram, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Instagram, kemudian tap “Copot Pemasangan”.

Setelah berhasil menghapus aplikasi instagram, anda harus membersihkan file sampahnya pula. Selanjutnya anda reboot smartphone android dan barulah anda unduh yang baru langsung dari Google Play Store.

6. Reboot Smartphone Android

Setelah berhasil menginstall aplikasi instagram, alangkah baiknya anda restart atau reboot smartphone Android anda. Setelah berhasil reboot, barulah anda mencoba unduh membuka aplikasi instagram. Dan semoga dengan cara ini instagram anda tidak error kembali.

Untuk menghindari kesalahan pada aplikasi atau error pada aplikasi lain, entah itu Instagram, BBM, Line atau aplikasi lainnya. Alangkah baiknya anda gunakan aplikasi pembersih supaya Android anda tidak penuh dengan file cache/ sampah. Gunakan aplikasi Cleaner seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, dan aplikasi pembersih lainnya sebagai solusi untuk meringankan beban memori Internal Android.

Demikianlah 6 cara untuk memperbaiki IG yang tidak dapat memuat gambar di hp android. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…