Cara Mengecek Hp Samsung Bekas Masih Bagus atau Tidak

Inilah tips membeli dan cara mengecek hp Samsung bekas (Second). Cek hp android samsung galaxy second masih bagus atau tidak adalah salah satu cara mengetahui kondisi smartphone tersebut asli atau palsu, dan sudah di root apa masih dalam keadaan standar pabrik.

Hal ini sangat diperlukan, karena kita harus waspada dan meminimalisir kerugian yang di dapat dari membeli barang bekas. Pasalnya hp bekas tidak seper hp baru karena memiliki garansi di tempat pembelian pertama.

Perkembangan android di era jaman sekarang sangatlah pesat. Yang dulunya android jarang digunakan sekarang banyak pengguna android dan produk vendor smartphone yang bersistem operasi android bermunculan dipasaran baik produk tersebut berada di kelas high end ataupun low end.

Karena perkembanganya yang pesat, bisa dikatakan setiap tahun mungkin ada puluhan atau ratusan produk hp android berbagai merk telah rilis, dan setiap rilis biasanya muncul fitur baru yang membuat orang tertarik membelinya.

Beberapa orang niatnya hanya ingin sekedar mencoba fiturnya. Selain itu ada yang membeli kerena lagi tren, ada yang emang beli untuk dipakai jangka waktu lama, dan ada juga yang sekedar hobi gadget, jadi setiap ada android tipe baru bawaanya mau beli aja.

Nah bagi anda yang sering gonta-ganti hp android terutama pecinta Samsung yang dimana setiap musim Samsung selalu mengeluarkan produk barunya jika anda sebagai pecinta Samsung dan ingin mencoba-coba membeli hp Samsung karena mau tau apa kelebihan dan keunggulannya lebih baik anda memilih hp android second/bekas.

Kenapa harus hp bekas? karena harganya jauh lebih murah dari yang baru, tapi inget kita harus jeli saat membeli handphone second/bekas terutama android.

Melalui artikel kali ini kami akan berbagi sedikit tips bagaimana cara cek hp bekas samsung. Berikut cara mengecek kondisi hp samsung bekas berdasarkan pengalaman saya:

Cara Mengecek Hp Samsung Bekas

1. Cek Kondisi Hp samsung

Maksudnya disini apakah kondisi handphone masih mulus atau tidak, dalam hal ini bisa dilihat apakah ada bekas benturan atau jatuh. Kalau hanya chrome/ bazel yang sedikit ngelupas asalkan bukan karena kebentur atau jatuh sih tidak masalah menurut saya.

2. Garansi

Lihat disini apakah handphone masih garansi atau sudah tidak garansi dengan melihat nota pembelian. Terkadang garansi disini sangat penting untuk sebagian orang, karena apabila terjadi sesuatu pada handphone maka bisa klaim ke produsen pembuatnya/pabrikan, dalam kasus ini Samsung Service Center.

Mohon diperhatikan jangan langsung percaya juga dengan tanggal nota yang ada, terkadang ada pedagang yang curang dengan membuat nota palsu, maka harus dicek dengan teliti, mungkin dengan cek dulu ke Samsung Service Center.

3. Cek IMEI

Cara Mengecek Hp Samsung Bekas

Caranya dengan mengetik *#06# pada keypad, maka akan muncul nomor IMEI pada layar handphone. Untuk hanphone single sim akan muncul 1 nomor IMEI, sedangkan untuk yang dual sim akan muncul 2 nomor IMEI. Selanjutnya IMEI yang muncul pada layar kita cocokan pada box handphone (sama atau tidak).

4. Cek Standart Hanphone Samsung

Kode cara mengecek hp samsung bekas dengan cara mengetik *#0*#, setelah itu akan muncul menu untuk cek antara lain: getar, layar, touch screen, sensor, kamera, speaker dan sebagainya.

Sampai pada tahap ini menurut saya kalau langkah 1 dan 2 ini sudah dijalankan dan hasilnya bagus, berarti handphone paling tidak masih layak untuk dibeli (belum cek udah root atau no root).

5. Cek Pada Menu Setting Handphone Samsung

Caranya dengan pilih menu Settings --> About device --> Status --> Device status, apabila masih tertulis “Official” kemungkinan ROM masih bawaan, belum root. Sederhananya apabila tertulis seperti itu handphone masih standar pabrikan

6. Gunakan CPU Identifier

Untuk cek apakah handphone itu asli atau cuma super copy/king copy/tiruan/replica/kw dengan cara membandingkan spesifikasi handphone anda dengan spesifikasi handphone sejenis yang dari pabrikan, misalnya Spesifikasi Samsung Galaxy Prime kita, kita bandingkan spesikasi resmi handphone tersebut dari situs Samsung.

7. Root Checker

Untuk mengecek apakah handphone kita sudah root atau masih original pabrikan.

Diatas adalah cara cek hp samsung bekas agar kita mengetahui kondisi hp Samsung galaxy second yang akan kita beli di konter maupun hp pribadi milik teman. Garansi dan IMEI hp adalah bagian terpenting membeli sebuah smartphone Samsung galaxy bekas.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai tips bagaimana Cara mengecek hp Samsung Bekas atau seken dan tips membeli hp Samsung galaxy second. 

Semoga artikel ini dapat membantu anda  dalam membeli handphone Samsung second/bekas. Langkah diatas tidak menjamin handphone yang anda beli apsti bagus atau mulus, saya disini hanya membagi tips sederhana yang bisa anda lakukan sebelum membeli handphone Samsung second/bekas.

Dari beberapa langkah diatas, ada beberapa langkah yang juga bisa diterapkan di handphone pabrikan lain, seperti Sony, Lenovo, HTC, Asus, dan sebagainya.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…