5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Berhasil

 Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di Recycle bin windows 8 atau Windows 10? File atau berkas komputer merupakan identitas dari data yang disimpan di dalam berkas sistem yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Apa yang terjadi jika file terhapus secara permanen di folder recycle bin tentunya file / data kamu akan hilang. Namun jika kamu memiliki kendala seperti ini dan ingin mengetahui solusi cara mengembalikan data yang telah terhapus melalui pilihan empty Recycle Bin jawabannya adalah mungkin bisa dilakukan bahkan tanpa menggunakan software anda bisa merestore kembali file yang sudah terhapus tersebut.

Cara mengembalikan data file yang sudah tidak ada di Recycle Bin atau tidak sengaja terhapus oleh empty recycle bin sebenarnya cukup mudah. Bahkan merestore kembali file yang sudah terhapus di recycle bin tanpa menggunakan software apapun bisa! Untuk langkah-langkahnya mari kita simak pada berikut ini.

Cara Mengembalikan File yang terhapus di Recycle Bin Tanpa Software

Pada kasus seperti ini, katakanlah kamu memiliki folder dengan nama Foto Wisata dan berisikan 8 gambar.

mengembalikan file yang terhapus di recyclebin 0

Kemudian file gambar tersebut tidak sengaja terhapus di folder.

mengembalikan file yang terhapus di recyclebin 1

dan 3 Gambar yang sudah terhapus secara tidak sengaja masuk ke folder recycle bin namun kamu membersihkannya karena kelupaan restore file gambar yang sudah terhapus di recycle bin akibatnya file data gambar hilang.

mengembalikan file yang terhapus di recyclebin 2

dan akhirnya file yang sudah terhapus tidak ada di dalam folder Foto wisata dan recycle bin.

mengembalikan file yang terhapus di recyclebin 3

Namun jangan khawatir file kamu masih bisa dikembalikan / di restore kembali dengan mudah tanpa menggunakan software ketiga. Caranya cukup mudah anda bisa mengembalikan file yang sudah terhapus permanent di windows 7, 8, 10 menggunakan fitur “Restore Previous Version” folder.

Temukan folder tempat file yang sudah kamu hapus tersebut -> Klik kanan -> Restore Previous Version.

Kamu akan mendapati versi folder sebelumnya, dan bisa dimungkinkan disana masih tersimpan file yang sudah kamu hapus. Klik Open untuk memastikannya dan klik Restore untuk mengembalikannya.

Setelah di restore kembali, file yang dihapus akan ditempatkan pada folder sebelumnya. Misalnya file terhapus di folder foto wisata kemudian kamu berhasil mengembalikan file data tersebut menggunakan cara diatas maka file terhapus itu akan berada di folder wisata.

mengembalikan file yang terhapus di recyclebin 5

Cara ini merupakan cara pertama yang perlu kamu coba untuk mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin. Jika cara ini tidak berhasil, atau file kamu tidak ada di dalamnya, baru kamu bisa mencoba mengembalikan file dengan menggunakan software recovery.

3 Rekomendasi Software recovery yang bisa mengembalikan file yang terhapus permanen di windows 7, 8, 10 pada komputer:

  • Pandora Free File Recovery
  • Orion File Recovery
  • Auslogics File Recovery
  • Recuva

Cara Mengembalikan data yangTerhapus di Recycle bin Menggunakan Recuva

1. Menggunakan Racuva

  1. Download Recuva Terlebih Dulu

cara recover file yang terhapus menggunakan recuva 1

Langkah awalnya hampir sama dengan Restorasi, kamu pilih Drive mana yang akan digunakan untuk menginstal Recuva. Download programnya disini. http://www.piriform.com/download

  1. Jalankan Softwarenya dan Pilih Tipe File Recovery

Saat pertama kali menjalankan recuva, akan ditampilkan file Wizard yang akan menanyakan apa jenis file yang ingin kamu kembalikan. Jika kamu belum ingat nama filenya, maka klik “All Files”.

  1. Pilih opsi dari Recycle Bin

Kemudian akan ada tampilan Wizard baru yang kembali menanyakan dimana file tersebut berada. kamu pilih Opsi “Dalam Recycle Bin”.

  1. Lakukan Pemindaian

kamu lakukan pemindaian , dengan memilih opsi Aktifkan Deep Scan.

  1. Pilih File

Setelah pemindaian selesai, kamu bisa memilih file yang ingin dikembalikan. Pilih filenya dan klik “Recover” . pilih lokasi pada drive yang berbeda.

2. Mengembalikan File Terhapus Menggunakan CMD

Cara pertama tadi memang sangat mudah. Namun, apa yang perlu dilakukan ketika file dan folder yang ingin kamu kembalikan juga sudah dihapus dari Recycle Bin?

  1. Dalam kasus ini, kamu perlu mengakses Command Prompt. Fitur ini biasanya tidak tampil di desktop maupun di menu start. Untuk menggunakannya, klik tombol search yang ditunjuk pada gambar berikut dan ketik cmd pada search bar.
  2. Lalu, klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.
  3. Ketika kamu sudah di dalam Command Prompt, ketikkan chkdsk X: /f. Gantilah X dengan nama drive di mana file yang dihapus tadinya disimpan.
  4. Kemudian, ketik ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*. Seperti sebelumnya, ganti X dengan nama drive kamu. Proses recovery file dan folder yang terhapus akan berlangsung setelahnya.

Selama proses berlangsung, jangan menyimpan, menghapus, atau memindah file apapun di dalam komputer kamu. Ini dilakukan untuk menghindari tertimpanya file-file tersebut oleh file yang masih ada.

3. Menggunakan File History (Windows 10)

Cara mengembalikan file yang terhapus selain menggunakan Command Prompt adalah dengan fitur File History. Fasilitas ini hanya ada di sistem operasi Windows 10 dan menggantikan Backup and Restore yang dimiliki Windows 8 dan 7.

Namun, kamu harus sudah melakukan backup agar cara ini dapat berfungsi. Jadi, cara ini dapat kamu lakukan untuk mencegah hilangnya file-file kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya

  1. Buka menu Settings > Update & Security. Selanjutnya, klik Backup > Add a drive.
  2. Setelah tombol Add a drive diklik, akan muncul daftar partisi hard drive maupun penyimpanan eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan backup. Klik partisi atau hard drive eksternal yang kamu pilih. Perlu diingat bahwa kamu tidak bisa meletakkan backup di dalam partisi yang sama. Jika komputer atau laptop kamu hanya memiliki satu partisi, gunakanlah hard drive eksternal.
  3. Apabila ingin backup dilakukan secara berkala, klik tombol di bawah teks Automatically backup my files. kamu juga bisa mengatur interval backup, direktori yang ingin di-backup, dan durasi penyimpanannya dengan meng-klik tombol More options berwarna biru yang ada di bawah tombol tadi.
  4. Lalu, bagaimana cara mengembalikan backup yang telah kamu buat? Buka menu search dan ketikkan File History. Kemudian, klik ikonnya.

Untuk mengembalikan file, folder, atau partisi yang diinginkan, kamu tinggal klik tombol restore berwarna hijau yang ada di bagian bawah window.

4. Menggunakan MiniTool Power Data Recovery

Tool gratis lain yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah MiniTool Power Data Recovery. Meskipun total ukuran file yang dapat kamu recover dibatasi 1GB, ada beberapa kelebihan yang tidak ditemukan di Recuva.

Pertama, hasil pemindaian MiniTool Power Data Recovery disajikan dengan tampilan yang lebih terorganisir. Tidak seperti di Recuva, tool ini juga sekaligus memperlihatkan folder yang telah dihapus. Fitur sederhana ini akan berguna jika file-file yang ingin dikembalikan berada dalam satu atau beberapa folder.

Selain itu, kamu juga bisa meminta tool ini untuk menampilkan file dengan jenis tertentu. Klik menu Filter pada bagian atas window, lalu klik tombol All Files untuk menentukan jenis filenya.

Jika sudah menemukan file-file atau folder yang ingin dikembalikan, centang checkbox-nya dan klik tombol Save di pojok kanan bawah.

5. Menggunakan Disk Drill

Ingin alternatif lain untuk mengembalikan file yang terhapus? kamu bisa menggunakan Disk Drill.

Sebenarnya, versi gratis tool ini hanya menyediakan kuota 500MB. Akan tetapi, Disk Drill langsung mengelompokkan hasil pemindaiannya. Contohnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Setelah memilih jenisnya, kamu tinggal memilih file yang ingin dikembalikan dan klik Recover all.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara restore file yang sudah terhapus permanen di recycle bin tanpa menggunakan software tambahan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…