Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone Paling Mudah

Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone - iPhone merupakan smartphone atau ponsel cerdas dengan kualitas yang tidak bisa diragukan lagi dalam urusan kinerjanya. Perangkat ini dirangcang dan dipasarkan oleh Apple dimana perusahaan Apple selalu menghadirkan kinerja yang sangat mumpuni meskipun memiliki spesifikasi yang biasanya di bawah perangkat lain.

Banyak kelebihan dan kekurangan iPhone jika kita bandingkan dengan smartphone dengan sistem operasi Android. Salah satu kekurangan yang termasuk sering menjadi sebuah kendala adalah Memori Eksternal.

Pada produk apple ini, yaitu iPhone tidak menyediakan tempat atau fitur untuk memori eksternal. Menurut saya hal ini sangat membuatnya menjadi sangat terbatas, dimana perangkat tersebut tidak mendukung memori tambahan dan hanya menyediakan dukungan cloud yang sangat menguras isi kantong bagi sebagian orang. Hal ini mungkin tidak mengganggu bagi ponsel yang memiliki memori internal yang besar, namun bagaimana dengan perangkat dengan memori terbatas?

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghapus data cache aplikasi di perangkat iPhone tersebut.

Dengan cara menghapus file sampah di iphone pastinya akan membuat memori internal kita menjadi segar kembali. Dan tentunya hal ini akan sedikit menambah ruang penyimpanan di smartphone iphone anda.

Lalu bagaimana cara menghapus data cache aplikasi di iPhone mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone

Menghapus Cache Safari Browser

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam menghapus cache di iPhone ini dimulai dari Safari Browser. Sebagai catatan, apabila cache telah dihapus maka akun anda yang berada di berbagai website akan logout secara otomatis.

  1. Pertama, anda dapat membuka aplikasi Safari Browser
  2. Selanjutnya, Anda dapat membuka menu Settings dan langsung menuju bagian Account & Passwords
  3. Kemudian, Anda dapat memilih Clear History and Website Data
  4. Setelah dipilih maka Anda dapat langsung memilih Clear History dan Datauntuk mengonfirmasi penghapusan cache

Menghapus Data Aplikasi

  1. Pertama, Anda dapat membuka menu Settings
  2. Pada halaman Settings, Anda dapat langsung memilih General
  3. Dalam halaman General, Anda dapat memilih iPhone Storage
  4. Selanjutnya, akan muncul daftar aplikasi pada bagian bawah yang dapat dipilih
  5. Menurut beberapa orang, apabila kapasitas di Documents & Data melebihi 500 MB maka secara sebaiknya aplikasi dihapus
  6. Selanjutnya, Anda dapat memilih Delete App dan menyetujuinya
  7. Apabila aplikasi sudah berhasil dihapus maka Anda dapat menginstal ulangnya dengan mengunjungi Apple Apple Store
  8. Kemdudian, Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi yang telah dihapus tadi

Sebagai tambahan, aplikasi yang diinstal kembali ini akan membersihkan cache dari Documents & Data yang terlalu banyak. Bisa dibilang cari di iPhone ini termasuk ribet karena aplikasi pada smartphone Android memiliki fitur untuk menghapus cache dan data secara langsung.

Membersihkan memori dengan restart

  1. Pertama, Anda dapat meekan tombol Sleep/Wake (tombol Power pada Android) selama beberapa detik hingga muncul menu virtual Slide to Power Off
  2. Anda dapat langsung menggeser menu virtual Slide to Power Off hingga iPhone mati
  3. Setelah iPhone mati, maka Anda dapat menyalakannya dengan menekan tombol Sleep/Wake selama beberapa detik
  4. Apabila iPhone menyala kembali maka sistem operasi iOS secara otomatis akan melakukan pengelolaan memori dengan efektif sehingga menjadi bersih dan memberikan tambahan kapasitas internal karena menjadi lebih rapi.

Namun ketika Anda merasa bahwa ketiga cara di atas ini belum efektif untuk menghapus cache di iPhone maka dapat langsung mengunduh dan menginstal aplikasi pembersih yang bernama PhoneCleaner di Apple App Store. Bisa dibilang aplikasi ini cukup ampuh untuk menghapus cache di iPhone agar kapasitas penyimpanan internal menjadi lebih lega.

Cara Lain Hapus Data Cache Aplikasi

Karena membersihkan cache di iOS dilakukan secara otomatis, maka cara yang paling sederhana untuk menghapus cache adalah dengan mengaktifkan fitur menghapus cache tersebut. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, salah satu cara yang dapat digunakan oleh pengguna iPhone adalah dengan menggunakan App Store.

Cara melakukannya pun sangat mudah. Bagi yang penasaran bagaimana cara menghapus data cache aplikasi di iPhone dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Lihat kapasitas yang tersedia di perangkat yang digunakan dengan masuk ke pengaturan, kemudian pilih umum, dan pilih Simpanan dan Penggunaan iCloud
  2. Setelah itu, buka App Store dan cari aplikasi maupun konten (seperti film) gratis dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitas kosong yang tersedia di perangkat
  3. Unduh aplikasi atau konten tersebut, dan tunggu sampai muncul peringatan “Kapasitas Tidak Mencukupi
  4. Setelah muncul peringatan tersebut, batalkan proses download dan tekan tombol home
  5. Beberapa ikon aplikasi akan berubah menjadi hitam, dan menampilkan pesan “Membersihkan”
  6. Tunggu sampai proses tersebut selesai
  7. Jika sudah selesai, cek kapasitas memori yang tersedia dengan cara yang sama dengan sebelumnya
  8. Pengguna harus mencoba cara ini berulang-ulang

Sebenarnya tidak ada cara menghapus data cache aplikasi di iPhone seperti yang bisa dilakukan di Android karena sistem iOS melakukannya secara otomatis. Oleh karenanya cara di atas hanya berlaku untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia sangat sedikit.

Demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai bagaimana cara cara menghapus file sampah di iphone atau memebersihkan cache di smartphone iPhone yang bersistem operasi IOS 9, 10, 11 dan 12. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…