Cara Mudah Membuat Hotspot di Windows 7 Laptop maupun PC

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wifi untuk sharing atau tethering koneksi internet dari komputer ke smartphone atau hp android dan gadget lainnya agar bisa berselancar di dunia internet. Wifi kini sudah dikenal dan populer di kalangan masyarakat mendunia mengapa demikian? dengan menggunakan wifi anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa berselancar di dunia internet selain itu kecepatannya juga melebih paket data internet 3G.

Hotspot WiFi setidaknya dapat memancarkan sinyal kurang lebih sekitar 20-100 meter. Pemancar WiFi tersebut menggunakan alat yang dapat memancarkan sinyal WiFi. Ternyata pemancar itu ada di dalam laptop ataupun komputer yang memiliki penerima WiFi, penerima WiFi itu dapat bekerja sebaliknya yaitu memancarkan sinyal wifi atau yang biasa yang disebut dengan hotspot WiFi.

Sebenarnya di google ada banyak sekali cara untuk membuat laptop menjadi wifi baik menggunakan aplikasi hotspot tambahan maupun menggunakan software bawaan seperti di windows 10. Di sini saya akan memberitahukan cara mudah tanpa perlu mendownload software hotspot lagi yaitu membuat komputer/laptop menjadi hotspot wifi dengan cmd. Syarat menjadikan laptop sebagai wifi adalah sistem operasi yang anda gunakan adalah windows 7 atau lebih tinggi, jika sudah menggunakan sistem operasi windows maka silahkan anda simak pada berikut ini langkah-langkah membuat wifi hotspot di komputer atau laptop anda.

Cara membuat hotspot di windows 7 Menggunakan CMD (Command Prompt)

1. Klik kanan pada Start, lalu pilih Command Prompt (Admin).

Cara membuat hotspot di windows 7 Menggunakan CMD

2. Lalu ketikkan tulisan di bawah ini pada cmd, lalu enter.

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspotanda key=password8huruf

Ket.

  • Anda bisa mengganti tulisan yang berwarna biru dengan nama hotspot yang anda sukai, dan yang berwarna kuning dengan password hotspot (harus berjumlah 8 karakter).

3. Lalu untuk menghidupkan hotspot anda harus mengetikkan kalimat di bawah ini pada cmd.

netsh wlan start hostednetwork

Ket.

  • Untuk mematikan hotspot anda harus mengetik kalimat ini netsh wlan stop hostednetwork

Biasanya setelah dinyalakan hotspot wifinya untuk pertama kali akan muncul no network access, agar menjadi internet access anda harus mengikuti cara di bawah ini.

Agar hotspot wifi mendapatkan koneksi internet

Hotspot wifi tidak ada artinya jika tidak ada sambungannya ke internet. Anda bisa menggunakan modem gsm/cdma/4g, speedy, ataupun yang lainnya yang penting memiliki koneksi ke internet.

1. Buka Network and Sharing Center, dengan cara mengklik kanan pada ikon network (seperti pada gambar).

Cara membuat hotspot di windows 7 Menggunakan CMD 1

2. Lalu klik pada koneksi yang memiliki sambungan ke internet.

Cara membuat hotspot di windows 7 Menggunakan CMD 2

3. Klik Properties.

Cara membuat hotspot di windows 7 Menggunakan CMD 3

4. Lalu pindah ke tab Sharing, dan centang Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, lalu isi Home networking connection dengan nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.Nah sekarang hotspot sudah bisa dipakai untuk internetan.

Cara membuat hotspot wifi di windows 7 merupakan cara termudah untuk membagi koneksi internet dari laptop dan Ini hampir mirip dengan hotspot portabel pada handphone android jaman sekarang. Laptop bisa menjadi pemancar WiFi di rumah tanpa membeli router lagi.

Demikianlah sedikit tutorial singkat mengenai bagaimana cara menjadikan laptop sebagai hotspot wifi agar bisa mensharing koneksi internet ke berbagai jenis gadget.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…