Cara Upload Video Instagram Lebih dari 1 Menit (60 detik)

Cara upload video instagram lebih dari 1 menit (60 detik). Ingin unggah video di instagram dengan durasi 2 menit atau lebih? Caranya cukup mudah. Selain gambar, video merupakan sebuah konten yang dapat digunakan untuk mempercantik postingan dan memperindah dashboard profil akun instagram anda.

Instagram merupakan platform media sosial terpopuler di Indonesia selain facebook, twitter, path, line, whatsapp dan lain-lainya. Sosmed ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat indonesia hampir semua kalangan telah memasang dan mengunduh instagram, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Sebenarnya platform media sosial Instagram secara khusus mengambil tema fotografi sebagai media berbaginya. Kita bisa membagikan atau mensharing foto-foto maupun gambar-gambar di Instagram. Selain itu perkembangan instagram kini semakin canggih, banyak fitur-fitur baru yang telah diperbarui seperti instagram stories, upload video dengan durasi 1 menit (60 detik), posisi gambar yang sudah bisa kita set persegi panjang maupun melebar, dan lain-lainya.

Lantas bagaimana cara upload video instagram lebih dari 1 menit atau 60 detik? Jika anda ingin unggah atau upload video di instagram dengan durasi 2 menit atau lebih anda bisa memotong video tersebut  menjadi beberapa bagian yang memiliki durasi selama 1 menit kemudian memosting semua bagian video tersebut ke instagram.

Memotong video yang akan kita upload ke instagram memang mudah namun memerlukan waktu yang tidak sedikit karena kita harus menyeleksi terlebih dahulu durasi waktu tiap-tiap bagian dari video tersebut. Ada cara termudah untuk memotong video instagram secara multiple menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi ini sangat mudah digunakan kita hanya perlu memasukan video tersebut kedalam aplikasi dan video akan terpotong dengan durasi yang anda inginkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana Cara upload video lebih dari 1 menit di Instagram dengan multiple post yang bisa anda terapkan pada akun instagram anda. Mari kita simak bagaimana ulasannya dibawah ini.

Cara Upload Video Instagram Lebih dari 1 Menit Dengan Multiple Post

Salah satu cara yang dapat digunakan agar video yang diunggah bisa lebih dari 1 menit adalah dengan memanfaatkan fitur multiple posts yang dimiliki Instagram. Dengan fitur ini pengguna dapat mengunggah video perbagian hingga 10 video atau total durasi video hingga 10 menit.

Yang perlu dilakukan untuk mengunggah video dengan format perbagian, pengguna harus memotong-motong video ke beberapa bagian dengan menggunakan video editor. Setelah itu, pengguna dapat mengunggahnya ke Instagram dengan memanfaatkan fitur multiple posts.

Cara Upload Video Instagram Lebih dari 1 Menit

Jika masih bingung, berikut cara menggunakan fitur multiple posts untuk upload video lebih dari satu menit di Instagram:

  1. Unduh aplikasi InShot di Google Play Store
  2. Buka aplikasi setelah terpasang, kemudian pilih opsi Videodi bagian Create new
  3. Pilih video yang akan dipotong, kemudian tekan tombol centang
  4. Pilih opsi Trimuntuk memotong-motong video menjadi berdurasi 60 detik per video, dan jika sudah selesai ketuk tombol centang
  5. Klik tombol Savedi pojok kanan atas, lalu pilih kualitas video, dan tunggu proses converting
  6. Ulangi proses hingga semua video terpecah dengan sempurna, dan jika sudah buka Instagram,
  7. Pilih tombol +untuk menambahkan post
  8. Pilih opsi SELECT MULTIPLE, kemudian pilih semua video secara berurutan
  9. Klik Next, kemudian pilih filter yang akan digunakan dan klik Nextjika sudah selesai memilih
  10. Tulis Caption dan klik Share

Cara Upload Video Lebih Dari 1 Menit di Instagram Dengan Mempercepat Video

Cara kedua adalah dengan mempercepat video yang akan diunggah ke Instagram. Dengan Mempercepat Video, durasi video dapat dipersingkat yang semula lebih dari satu menit menjadi kurang dari satu menit.

Namun perlu diperhatikan, cara ini juga memiliki keterbatasan, dimana video dapat dipercepat tergantung kemampuan video editor yang digunakan. Misalnya pada aplikasi InShot, video hanya bisa dipercepat hingga dua kali saja.

Berikut ini cara mempercepat video untuk upload video lebih dari satu menit di Instagram:

  1. Buka aplikasi InShot yang telah diunduh, kemudian pilih opsi Videodi bagian Create new
  2. Pilih video yang akan dipercepat, kemudian tekan tombol centang
  3. Pilih tombol Speed, atur kecepatan yang diinginkan, dalam hal ini pengguna dapat mempercepat atau memperlambat video
  4. Tekan tombol centang, kemudian klik Saveuntuk menyimpan video
  5. Setelah proses converting selesai, unggah video tersebut ke Instagram seperti biasanya

Aplikasi InShot hanya salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit video di ponsel Android. Terdapat banyak pilihan video editor lain yang dapat digunakan untuk memotong video maupun mempercepat video. Pengguna dapat memilih video editor apapun.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai cara upload video instagram lebih dari 1 menit yang bisa anda terapkan di smartphone android anda. Semoga berhasil dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…