10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9, Yakin Pilih HP ini?

Inilah daftar kelebihan dan kekurangan realme 9. Yuk simak apa saja keunggulan dan kelemehan hp realme jenis varian 9 selengkapnya disini!

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 - Realme 9 kini telah hadir sebagai pelengkap keluarga Realme 9 series. Sebelumnya, Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+ juga hadir di Indonesia, yang disebut-sebut memiliki spesifikasi dan fitur yang menyerupai ponsel flagship, meski dengan harga yang cukup terjangkau.

Meskipun Realme 9 yang sedang dibahas tidak memiliki jaringan seluler 5G, smartphone ini tetap menawarkan semua keunggulan keren yang jarang ditemukan di rekan-rekannya. 

Misalnya kamera beresolusi tinggi, kondisi layar yang lebih memukau, dan desain bodi unik yang dijamin bisa menjaga semua mata tetap tertuju pada ponsel.

Kali ini, kita akan membahas seluk beluk Realme 9, termasuk spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Realme 9. Yuk, simak berikut ini!

Spesifikasi Realme 9

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9

Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh

Kelebihan Realme 9

Berada di kisaran harga Rp 3 jutaan, apa saja keunggulan Realme 9? Setidaknya, ia memiliki 6 keunggulan utama yang harus Anda ketahui sebelum membeli, yaitu sebagai berikut.

1. Hadir dengan Android 12

Hadir dengan Android 12

Di segmen harga 3 jutaan, masih ada beberapa ponsel yang hanya menawarkan Android 11 dari pabrikannya. Bahkan saudaranya, Realme 9 5G, masih menghadirkan Android 11, berbeda dengan Realme 9 4G yang telah melayani Android 12 menggunakan antarmuka Realme UI 3.0.

2. Panel Layar AMOLED, Lebih Baik dari Mitra 5G-nya

Panel Layar AMOLED

Realme 9 sudah menggunakan panel Super AMOLED Display. Satu hal yang tentunya menjadi nilai jual dari ponsel ini.

Spesifikasi layar Realme 9 mencakup bentang 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan aspek rasio 20:9. Menawarkan kamera depan dengan desain punch hole, bezel smartphone ini dibuat setipis mungkin sehingga dapat mencapai rasio body-to-screen sebesar ~84,2 persen.

3. Desain Bodi yang Unik dan Menarik

Desain Bodi yang Unik dan Menarik

Kami telah menemukan banyak desain bodi ponsel yang menarik di segmen harga menengah, seperti OPPO, Realme, dan juga Xiaomi. Bahkan, Galaxy A series telah mengusung desain estetika yang bersih dan chic, misalnya Galaxy A33, A53, dan A73.

Namun, sepertinya tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa tidak ada ponsel yang disebutkan di atas yang dapat bersaing dengan keindahan Realme 9 ini. Salah satu yang pertama di dunia, Realme 9 menawarkan efek visual riak yang membuatnya terlihat seperti air laut yang bergerak.

4. Tahan Sepanjang Hari Berkat Baterai Badag + Fast Charging 33 W

Tahan Sepanjang Hari Berkat Baterai Badag + Fast Charging 33 W

Kehadiran baterai berkapasitas 5.000 mAh bukanlah hal baru di industri smartphone. Ini adalah kapasitas baterai Realme 9, menjadikannya salah satu ponsel kelas menengah dengan ketahanan daya yang kuat.

5. Menggunakan Kamera 108 MP

Menggunakan Kamera 108 MP

Ada anomali pada spesifikasi kamera Realme 9. Ia mengusung kamera utama dengan resolusi 108 MP. Seketika, resolusi ini membuatnya mampu menghadirkan teknologi 9-in-1 pixel binning dengan menggabungkan sembilan piksel yang berdekatan menjadi satu piksel raksasa yang mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Jenis kamera yang digunakan Realme 9 adalah Samsung ISOCELL HM6 108 MP pada aperture f/1.8, memiliki ukuran sensor 1/1.67 inci, panjang fokus 26 mm, dan ukuran piksel individu 0.64μm. Ada juga fitur Dual Pixel PDAF.

Kamera utama ini juga ditemani oleh dua sensor pendamping, yaitu kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan bidang lebar 120 derajat, dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 16 MP (f/2.5) dengan panjang fokus 26 mm dan ukuran sensor 1/3,09 inci.

Hasil jepretan realme 9

Hasil jepretan realme 9 potrait

Hasil jepretan realme 9 landscape

Di atas adalah beberapa contoh hasil kamera Realme 9. Dilansir dari Android Police, Realme 9 mampu menghasilkan foto memukau di siang hari dengan akurasi warna yang mendekati aslinya.

6. Sensor sidik jari di layar + detektor detak jantung

Sensor sidik jari di layar + detektor detak jantung

Brand Realme memang tak henti-hentinya membual tentang kualitas flagship pada seri ponsel Realme 9 ini, tercermin dari kehadiran detektor detak jantung yang terintegrasi dengan sensor sidik jari di layar.

Kekurangan Realme 9

Sementara Realme 9 hadir dengan segudang keunggulan, hp ini masih belum terbebas dari beberapa kekurangan, seperti yang dijelaskan pada poin-poin berikut.

1. Performa Chipset yang Agak Lamban

Performa Chipset yang Agak Lamban

Semua penonton tentu tidak akan menolak jika disuguhkan pertunjukan gahar. Fungsinya tidak hanya terbatas di dunia game, tetapi juga akan memberikan efek positif pada kelancaran smartphone dalam aktivitas berat lainnya seperti membuka aplikasi editing video atau menyalin data.

2. Tanpa Speaker Stereo

Tanpa Speaker Stereo

Berbeda dengan ponsel lain di kelas harga Rp 3 jutaan, Realme 9 tidak memberikan pengalaman audio yang maksimal. 

Pasalnya, ia hanya memiliki satu speaker di bagian bawah bodi, bukan speaker stereo ganda. Untungnya, masih ada port audio jack 3.5mm untuk pengguna yang suka menggunakan earphone berkabel.

3. Pemotretan Cahaya Rendah yang Buruk

Pemotretan Cahaya Rendah yang Buruk

Ya, Realme 9 memang dihadirkan kamera utama beresolusi tinggi, yakni 108 MP. Namun rupanya hp tersebut tidak bisa memberikan hasil yang memuaskan dari segi pengalaman fotografi malam. 

Seperti ponsel kelas menengah lainnya, ponsel ini juga menyediakan mode malam yang dapat meningkatkan ketajaman dan kejernihan foto di malam hari.

4. Tidak mendukung fitur NFC

Tidak mendukung fitur NFC

Near Field Communication, biasa disingkat NFC, adalah alat komunikasi medan dekat yang berguna untuk bertukar data antar perangkat, mengisi saldo eMoney, dan membuka kunci pintu akses hanya dengan memasang bodi smartphone.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Realme 9. Semoga dapat menjadi refrensi sebelum membeli HP Realme 9.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…