6 Penyebab dan Solusi Mengatasi Tidak Bisa Memasang APK di Android

Cara mengatasi penyebab tidak bisa menginstall APK di smartphone android adalah tema yang kali ini saya akan bahas pada pertemuan kali ini. Install aplikasi android dengan format APK adalah salah satu cara untuk memasang aplikasi yang didapatkan dari luar smartphone, misalnya saja aplikasi itu didapatkan dari internet. Dan biasanya ini adalah alasan utama kita apabila aplikasi yang kita akan download tidak ada pada google play store. Selain itu banyak juga alasan lainnya seperti misalnya saja aplikasi APK tidak bisa dipasang atau diinstall di smartphone android.

6 Penyebab dan Solusi Mengatasi Tidak Bisa Memasang APK di Android

Disini saya sudah menyiapkan ilustrasi gagal install apk di android, kita asumsikan anda sudah mendownload file apk yang akan dipasang di android, namun ketika akan memasang APK tersebut malah terjadi error dan gagal install pada saat melakukan pemasangan apk. Biasanya ketika ponsel andoid gagal install APK akan ditampilkan beberapa pesan yang berbeda-beda menurut bawaan dari aplikasi tersebut. Contoh pesannya seperti “Installer Package Error 909“, “Sorry, package installer has stopped unexceptedly“, “Parse Error” dan “Unable to open file“. Inilah beberapa pesan hal yang menjadi sebuah permasalahan error saat pemasangan aplikasi pada anroid.

Lalu apa saja sih penyebab terjadinya gagal install APK di anroid dan bagaimana solusi cara mengatasi tidak dapat menginstall apk di android? berikut ini saya ulas secara lengkap 6 penyebab beserta solusi memperbaiki android yang gagal install APK.

6 Penyebab Tidak Bisa di Intall APK di Anroid

Penyebab terjadi error saat pemasangan aplikasi biasanya terjadi hal seperti berikut ini.
  1. File APK yang di download tidak kompatibel dengan sistem android pada smartphone. Maksud dari hal ini adalah setiap sistem operasi android yang digunakan pada smartphone memiliki versi yang berbeda-beda contoh misalkan android versi 1.0, 2.0, 3.0, 4.0 dan bahkan yang terbaru adalah 5.0. Begitu juga dengan nama androidnya juga berbeda-beda mulai dari nama OS, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat serta Lollipop dan Marshmellow.
  2. File APK Corrupted (Rusak), hal ini juga bisa terjadi apabila anda menghentikan dan melanjutkan secara tiba-tiba proses pendownload aplikasi. Atau file APK telah dimodifikasi oleh pengembang aplikasi lainnya sehingga APK itu menjadi rusak dan tidak bisa dipasang pada smartphone android.
  3. File APK dilakukan Sign apk, sehingga menyebabkan aplikasi tidak bisa dipasang karena aplikasi tersebut tidak di tanda tangani secara digital oleh si pengembang. Hal ini sebenarnya sangat berguna, guna mengindetifikasi siapa pembuat aplikasi tersebut.
  4. Aplikasi Google Play Service terhapus dari android. Biasanya jika kita menginstall aplikasi pada android selalu gagal padahal proses penginstallan berlangsung dengan sukses namun aplikasi tetap tidak ada pada screen maka dipastikan google play service anda telah terhapus. Dan biasanya hal ini terjadi apabila anda melakukan root pada smartphone android.
  5. Terlalu banyak cache data pada memori internal smartphone anroid. Cache disini diperlukan untuk mempercepat terjadi proses membuka sebuah file apk atau aplikasi, akan tetapi jika anda menghapus aplikasi pada smartphone android anda maka akan meninggalkan cache data. Hal ini dapat menyulitkan aplikasi baru untuk mendapatkan ruang penyimpan aplikasi pada memori iternal.
  6. Anda memasang aplikasi Screen Dimmer dan tidak menonaktifkannya pada saat proses penginstalan APK.

Solusi Cara Mengatasi Tidak Bisa Install APK di Android

Tentu saja jika ada permasalahan mengenai error dan gagal saat proses penginstallan aplikasi pada android pastinya ada juga cara mengatasi hal tersebut. Berikut ini adalah solusi mengatasi gagal instal aplikasi di android.
  1. Hal yang paling utama kita lakukan adalah mengaktifkan fitur install APK. Caranya tap pada menu Settings > Security lalu centang “Unknown sources“.
  2. Carilah file apk yang kompatibel dengan OS sistem android yang sedang anda gunakan pada smartphone.
  3. Bersihkan cache pada ponsel anda dengan cara menginstall aplikasi Clean Master.
  4. Nonaktifkan aplikasi screen dimmer atau pengaturan pencerahaan layar.
  5. Pasang aplikasi Google Play Service pada smartphone. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengelola APK
  6. Reboot smartphone anda.
Itulah bagaimana cara mengatasi tidak bisa install APK di Android. Semoga bermanfaat. Follow Google.
Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…