Cara Memformat Memori SD Card di Android

Belum tau cara format memori sd card di android? SD card merupakan tempat penyimpanan data-data penting pengguna smartphone. Nah apabila kartu memori eksternal android ini rusak, maka hal ini dapat mengganggu kinerja sistem android anda. Contoh misalkan aplikasi game, sosmed dan yang lainnya ada di SD card eksternal tentunya tidak bisa dijalankan jika memori anda corupt atau adanya virus yang membuat file menjadi berantakan.

Cara Memformat Memori SD Card di Android

Nah apabila hal ini terjadi pada smartphone anda, maka mau tidak mau kalian harus memformat memori eksternal di android anda agar bersih dari virus atau file yang corrupt itu. Melalui artikel ini, saya akan memberikan tips 2 cara format SD Card di android. Cara yang pertama adalah kita menggunakan fitur bawaan dari android itu sendiri dan cara kedua kita menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga untuk menghapus data-data di kartu memori sampai bersih pada memori eksternal android anda.

Cara Memformat Kartu Memori Eksternal langsung dari Android

Sebelum anda memulai memformat memori android anda, silahkan backup terlebih dahulu data-data atau file penting yang ada pada memori tersebut. Nah bagi anda yang memang tidak bisa membuka sd card tersebut maka silahkan langsung ikuti langkah pada berikut ini.

1. Format dengan menggunakan fitur bawaan Android

  • Silahkan anda tapp Setting kemudian tap Penyimpanan/Storage.
  • Scroll layar kebawah kemudian pilih Format kartu SD.
  • Selanjutnya akan muncul tombol FORMAT SD CARD.
  • Tap tombol tersebut, kemudian konfirmasi DELETE ALL/HAPUS SEMUA.
  • Tunngu hingga prosesnya selesai

2. Format dengan menggunakan Aplikasi pihak ketiga

Paragon exFAT, NTFS & HFS+ merupakan sebuah aplikasi Android yang dapat membaca kartu memori
external dengan berbagai format yang salah satunya adalah NTFS. Aplikasi APK ini juga dapat Anda gunakan sebagai alternatif untuk memformat sd card di Android ketika Anda selalu gagal seperti cara
kesatu yakni dengan menggunakan fitur bawaan.

Namun sangat disayangkan untuk menjalankan Aplikasi ini, smartphone anda membutuhkan akses root yang artinya hp Android Anda harus sudah dalam keadaan rooted. Caranya Anda hanya perlu memasang Paragon exFAT kemudian memilih dan mengatur sd card apakah ingin di format kedalam exFAT, NTFS dan HFS+. Semua jenis format tersebut dapat terbaca dan berjalan dengan baik menggunakan aplikasi ini. Pasang dari Google Play.

Cara format kartu SD seperti yang telah saya jelaskan diatas, dapat dilakukan langsung baik itu
di smartphone maupun tablet Android.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…