Cara Stem (Setel) Gitar Menggunakan Aplikasi Pitchlab di Android

Mensetel gitar secara manual pastinya akan sangat rumit, nah ada berbagai cara stem gitar menggunakan pitchlab di android atau aplikasi lainnya. Namun disini saya merekomendasikan aplikasi ini. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, saat ini android atau smartphone menjadi kebutuhan utama. Android terbilang sangat membantu di kehidupan nyata contohnya saja membantu menyetel nada gitar agar bisa selaras dengan kunci gitar.

stem gitar

Bagi pemula dalam bermain gitar, tentunya belum mengetahui cara menytem gitar agar bisa selaras, dan hal ini juga dilakukan secara manual pastinya akan merepotkan bagi anda yang buta dengan nada. Dalam hal menyetel gitar hal yang paling dibutuhkan adalah insting dan mengetahui suara bunyi nada.

Melalui artikel ini saya akan memberikan tutorial cara menytem gitar untuk pemula menggunakan pitchlab di android. Aplikasi ini terbilang sangat keren dan human friendly cukup mudah untuk digunakan bagi kalian yang pemula dalam bermain gitar. Langsung saja kita download aplikasi pitchlab dan install di smartphone anda.

Cara STEM (Menyetel) Gitar dengan Aplikasi pitchlab di Android

PitchLab Guitar Tuner (LITE) merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk tuning dan menyetem gitar akustik. Aplikasi ini bisa kita gunakan pada smartphone android. APK Pitchlab ini juga memiliki kemampuan unik dimana aplikasi ini bisa menemukan nada atau bunyi gitar secara akurat. Aplikasi ini terdiri dari lima mode visualilasi yang terpisah diantaranya Instrument, Dial & Strobe, Spektogram, Chords dan BigStrobe. Khusus untuk cara stem gitar akustik, terdapat pilihan Instrume standar yang akan menampilkan 3 indikator yakni tune up, tune down, dan in tune. Begini cara menggunakannya.

  1. Pasang aplikasi PitchLab Guitar Tuner (LITE) dari Play store .
  2. Buka aplikasi tersebut maka Anda akan langsung masuk ke tampilan Instrumen standar yang menampilkan lubang gitar dan keenam senarnya.
  3. Selanjutnya taruh smartphone didepan gitar yang akan Anda stem.
  4. Sekarang petik senar gitar nomor 1 dan perhatikan pada layar smartphone.
  5. Jika pada indikator menunjukkan kata “TUNE UP” maka kencangkan senar gitar tersebut hingga muncul kata “IN TUNE”. Yang artinya, Nada dari senar ke 1 sudah pas.
  6. Tetapi jika Anda melihat kata “TUNE DOWN”, maka kendorkan senar gitar hingga muncul kata “IN TUNE”.
  7. Selanjutnya, stem semua senar gitar ke 2, 3, 4, 5 dan 6 agar semua nadanya pas.

Nah demikianlah sedikit ulasan tutorial stem gitar menggunakan aplikasi android. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…