Cara Mudah Cek Tagihan Listrik PLN di Hp Android via SMS/Online

Cara bayar dan cek tagihan listrik melalui internet atau sms jarang diketahui oleh banyak orang. Dengan cara online saja kita bisa mengecek tagihan listrik sudah terbayar atau belum ketika anda sudah melakukan pembayaran. Selain itu membayar listrik juga bisa kita lakukan dengan cara sms atau internet dari smartphone, metode ini lebih membuat kita mudah untuk membayar tanpa harus perlu membayar ke kantor PLN dan mengantri.

cek info tagihan listrik PLN

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya listrik merupakan salah satu pokok kebutuhan kita dalam keseharian dan ini merupkan sebuah ketergantungan. Manfaat listrik ini begitu besar, Mulai dari keperluan rumah tangga, fasilitas umum, pendidikan, semua sangat bergantung pada listrik karena memang saking banyaknya peralatan yang membutuhkan listrik sebagai sumber daya energinya.

Nah oleh karena itu, karena ketergantungan masyarakat inilah yang memaksa pihak PLN untuk memunculkan inovasi-inovasi baru dalam hal memudahkan pelanggannya untuk membayar Tagihan listrik PLN.

Umumnya cek info tagihan listrik kini semakin mudah dilakukan, karena PLN telah mengenalkan metode cek tagihan mudah untuk mengetahui jumlah tagihan listrik anda perbulannya yakni dengan cara via SMS dan Online di android atau pun Laptop. Selain itu banyak juga aplikasi-aplikasi jasa yang tersedia di google playstore hp android yang dapat memudahkan pelangga di dalam melunasi pembayaran listriknya melalui internet.

Lalu, bagaimana tips cara mengetahui tagihan listrik perbulan anda dengan mudah melalui via sms, online maupun dari aplikasi android? silahkan simak pada berikut ini.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN via SMS

Agar fasilitas cek tagihan listrik via SMS ini bisa menjangkau banyak kalangan, PLN menggandeng beberapa perusahaan Operator Seluler Indonesia mulai dari Telkomsel, Indosat, T – Flexi, XL Asiata dan Mobile – 8.

Untuk pelanggan, cara ceknya pun juga tidak terlalu rumit dan bisa digunakan semua jenis telfon seluler, baik smartphone maupun HP jadul.

  • Langkah pertama silahkan buka menu SMS anda, lalu ketik SMS dengan format : REK (spasi) No ID Pelanggan kirim ke 8123
  • Bagi anda yang ingin berlangganan SMS otomatis setiap bulannya, silahkan ketik SMS dengan format : PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123
  • Dan untuk berhenti belangganan SMS otomatis bulanan di atas, silahkan ketik SMS dengan format : PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123

Sebagai tambahan, biaya cek tagihan dengan SMS di atas memakan biaya Rp. 500 setiap SMS-nya, dan tarif berlaku seluruh operator.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN via Aplikasi Android

Cara cek tagihan listrik PLN melalui aplikasi android ini siapapun bisa dengan mudah mengaksesnya asal memiliki HP Android dan koneksi internet.

Untuk prakteknya sendiri, simak panduan sederhana di bawah ini.

Pertama, kunjungi Playstore di Android anda kemudian ketik di pencarian dengan keyword ‘Info Cek Tagihan Listrik PLN’. Atau anda juga mengunduh aplikasinya pada tautan link berikut: Info Cek Tagihan Listrik PLN

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut lalu cari menu CEK TAGIHAN >> Jenis Tagihan (Pilih PLN Bulanan) >> Isi Nomor ID Pelanggan anda di form Nomor Pelanggan dan terakhir silahkan pilih Lanjutkan.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN via Online

Untuk melakukan pengecekan tagihan listrik PLN via online, kunjungi situs resmi PLN.

Saat masuk halaman cek tagihan rekening, masukkan Nomor ID Pelanggan anda di kolom yang telah disediakan lalu tekan Cek.

Tunggu saja beberapa saat hingga muncul tagihan terbaru anda sudah terbayarkan atau belum.

Selain muncul tagihan terbaru, anda juga bisa melakukan pengecekan berapa biaya tagihan bulan – bulan sebelumnya.

Walaupun cek tagihan listrik langsung ke website PLN seringkali terkendala masalah teknis website tersebut, namun saat kondisi normal jelas cara ini lebih mudah dan sederhana serta tidak terlalu mengeluarkan biaya seperti cara yang pertama.

Demikianlah sedikit tutorial cara mengecek info tagihan listrik bulanan PLN. Semoga artikel ini bisa menjadi bermanfaat Untuk anda. Terimakasih

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…