Solusi Mengatasi Aplikasi Android yang tidak bisa Diperbarui

Cara mengatasi aplikasi android yang tidak bisa diupdate atau diperbarui. Beberapa pengguna smartphone khususnya hp android tentunya pasti pernah mengalami masalah aplikasi yang tidak bisa di update di playstore. Padahal, manfaat memperbarui aplikasi android adalah untuk meningkatkan keamanan dan menambah kemampuan dari setiap aplikasi yang di unduh. Selain itu pentingnya untuk memperbarui aplikasi android adalah untuk mendapatkan fitur terbaru yang dimana fitur di aplikasi lama tidak ada di hp android anda.

Penyebab kenapa aplikasi android tidak bisa diperbarui ini biasanya dikendalakan oleh koneksi internet yang lambat selain koneksi yang lambat ada penyebab lainnya seperti memori anda penuh jadi untuk ruang aplikasi yang akan di install tidak ada atau tidak tersedia atau bisa juga karena cache di setiap aplikasi anda tidak pernah menghapusnya atau memerhatikannya sehingga kendala ini membuat aplikasi android tidak bisa diperbarui dan hanya memberi pemberitahuan ada update terbaru pada aplikasi anda.

Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi pada hp android tidak bisa diperbarui di playstore? mari kita simak pada berikut ini.

Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Update di Play Store

Sebelum ke cara mengatasi atau solusi apk yang tidak bisa diupdate di playstore kita saya akan memberi permisalan. contohnya saja pada aplikasi Video Show. Apabila Anda sebagai pengguna smartphone android, tentunya anda  akan membandingkan aplikasi yang telah anda unduh dengan teman yang juga memakainya. Tak jarang teman Anda  akan berkata bahwa fitur edit video 4k akhirnya ada didalam aplikasi ini. Tetapi kenapa Anda tidak bisa memakai fitur tersebut? Tentu saja karena faktor dari spesifikasi smartphone Anda dengan milik teman berbeda. Dan tingkatan sistem operasi Android yang terpasang pun akan berpengaruh agar bisa memperbarui aplikasi video show tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi Android yang tidak bisa diperbarui jika smartphone dan Android OS nya sendiri sama?

  1. Bersihkan Cache dan Data dari Aplikasi Play Store. Pada saat Anda membuka play store dan menuju ke My Apps & Games, disana akan ditampilkan aplikasi yang tersedia untuk di update. Jika ternyata aplikasi tersebut selalu gagal pada saat proses pembaruan dan bakhan tidak bisa sama sekali, ikuti langkah berikut ini. Tetapi sebelum melakukannya, pastikan Anda mengetahui alamat email & kata sandi Play Store.
    • Masuk ke Pengaturan kemudian tap Manajer Aplikasi
    • Pada tab Didwonload, cari aplikasi Google Play Store
    • Tap tombol Hapus Data dan Hapus Memori
  2. Bersihkan Cache dan Data dari Aplikasi yang Akan Diperbaharui.
    Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui

    Tak jarang, ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu, contohnya Video Show. Tiba-tiba akan muncul overlay yang menghalangi layar dan mengharuskan kita untuk memperbaharui aplikasi tersebut. Tetapi, ketika masuk ke play store tidak bisa update aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya ikuti langkah berikut dan saya mencontohkan terhadap aplikasi Video Show.

    • Masuk ke Pengaturan kemudian tap Manajer Aplikasi
    • Pada tab Didwonload, cari dan buka info aplikasi Video Show
    • Tap Hapus Data dan Hapus Memori
    • Selanjutnya masuk ke play store kemudian tab Perbarui.
  3. Gunakan Clean Master dan Reboot. Jika kedua diatas masih belum berhasil, bersihkan cache dan residual file didalam smartphone menggunakan aplikasi Clean Master. Selanjutnya reboot atau muat ulang Android Anda.

Demikianlah bagaimana cara mengatasi aplikasi Android tidak bisa diperbarui bisa dilakukan dengan menghapus data dan cache. Tetapi pada saat Anda melakukannya, terutama pada aplikasi yang mengharuskan memiliki akun, maka Anda akan diminta untuk log in ulang  dan data didalam smartphone akan ikut terhapus.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…