Solusi Jitu Cara Mengatasi Memori Card (MicroSD) Tidak Terbaca di HP Android

Bagaimana cara mengatasi dan kenapa memori card micro sd tidak terbaca di hp android dan selalu minta di format? Kendala ini memang sering sekali ditemui oleh pengguna hp android yang dimana perangkat mereka menggunakan micro sd sebagai alat penyimpanan eksternal mereka. MicroSD atau memoricard tidak terbaca sama sekali memang terkadang sangat membuat kita kesal dan marah apalagi jika memori penyimpanan itu sangat kita butuhkan sekali untuk menyimpan file penting.

mengatasi micro sd tidak terbaca di android

Hal yang paling menyedihkan bagi para pengguna android adalah dimana apabila seseorang telah menginstall berbagai aplikasi penting seperti BBM, Whatsapp, facebook, dan Instagram di memori card eksternal yang berarti aplikasi tersebut sudah tersimpan di microsd bukan di penyimpanan internetl kemudian tiba – tiba memori card tidak terbaca maka secara otomatis semua aplikasi yang terinstall pasti tidak bisa di buka dan muncul logo instagram transparan karena aplikasi tersebut telah hilang.

Penyebab Memori Card Tidak Terbaca di Android

Umumnya, tidak ada penyebab yang pasti mengapa micro sd atau memori card tidak bisa terbaca. Tapi dari pengalaman beberapa pengguna android mereka mengatakan mungkin karena umur memori card yang sudah tua atau sudah tidak layak pakai. Maklum jika memori card tersebut terjadi kerusakan. Untuk lebih jelasnya seperti apa penyebab dari memori card tidak terbaca di Android, berikut beberapa ulasan mengenai penyebab rusaknya memori card (Micro SD).

1. Umur Memori Sudah Tua

Umur memori card yang sudah tua dan usah bisa menjadi penyebab kenapa memori card tidak terbaca di Android. Jika memori card android berumur lebih dari 5 tahun terkadang bisa terjadi kerusakan, karena setiap jenis memori card memiki keawetan yang berbeda – beda.

2. Kuningan Telah Tergores

Apakah anda pernah menggores kuningan memori card dengan benda tajam? Jika anda pernah mengorek – orek kuningan memori card dengan benda tajam baik sengaja ataupun tidak sengaja maka hal tersebut akan membuat memori card terjadi kerusakan dan tidak bisa terbaca. Kuningan yang ada di memori card tersebut sifatnya sangat penting sebagai jalur hardware agar dapat terbaca oleh smartphone Android.

3. Posisi Memori Kurang Pas

Jika anda memasang memori card melenceng maka android juga tidak akan pernah bisa membaca memori card tersebut. Untuk itulah sebaiknya perhatikan dalam mencopot ataupun memasang memori card android dengan baik dan benar.

4. Suka Memindahkan Memori Ke Smartphone Lain

Pernahkah anda memindahkan memori card android ke smartphone lain dengan merek yang berbeda? Jika ya, maka sebaiknya jangan lakukan lagi. Dari beberapa sumber yang saya tahu ternyata hal tersebut dapat membuat memori card terjadi error, entah itu bagian software ataupun hardware.

5. Partisi Memori Card Rusak

Sama seperti Hard Disk komputer, memori card juga memiliki sistem partisi yang di khususkan untuk smartphone dan tablet Android. Jika partisi terjadi error maka hal tersebut juga dapat menghambat Android untuk mendeteksi memori card tersebut. Hanya dengan komputer (Linux) anda bisa memperbaiki partisi memori card.

Masih banyak penyebab – penyebab dari memori card yang tidak terbaca dan tidak menutup kemungkinan, memori card android anda memiliki penyebab yang berbeda. Untuk mengatasi beberapa penyebab di atas, coba atasi dengan Tips – Tips Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca berikut ini.

Cara memperbaiki microsd yang tidak terbaca sama sekali

1. Lihat Posisi Memori

Coba lakukan cek, apakah anda sudah memasang memori card dengan baik dan benar. Jangan sampai anda memasang secara melenceng (miring) atau menjungkat ke atas. Matikan smartphone android anda dan pasang memori card dengan posisi yang tepat dan benar.

2. Bersihkan Dengan Penghapus Karet

Cara yang satu ini memang terlihat sangat kuno, tapi terbukti cara ini merupakan cara yang cukup ampuh. Beli atau pinjem penghapus karet dari adik anda (Jika Punya) lalu gosokkan pada bagian memori card yang berwarna kuning.

3. Format Kartu Memori

Coba gunakan card reader untuk menyambungkan memori card dengan komputer atau laptop. Dan jika terbaca maka dapat di pastikan bahwa memori card anda tidak rusak. Coba format memori card tersebut, tapi sebelumnya pindahkan semua file ke komputer anda.

4. Coba Pindahkan Ke Smartphone Lain

Coba pasang memori card anda ke smartphone android lain dan jika memori card terbaca maka dapat di simpulkan bahwa android anda yang bermasalah, bukan memori card-nya.

5. Lakukan Factory Reset

Apabila memori card anda tidak rusak tapi tidak bisa terbaca, mungkin permasalahannya ada pada android anda. Coba lakukan factory reset agar nantinya semua konfigurasi dan pengaturan kembali ke awal seperti anda baru membeli smartphone android baru. Tapi sebelum melakukan factory reset, backup semua data atau file yang anda anggap penting.

Tips di atas tidak bisa menjamin 100% berhasil mengatasi dan memperbaiki memori card yang tidak terbaca. Untuk itulah jika tips di atas tidak berhasil, coba cari tips – tips lain di Google yang mungkin lebih baik di banding dengan tips yang saya berikan.

Demikianlah sedikit ulasan singkat solusi jitu Cara memperbaiki Micro SD Tidak Terbaca sama sekali di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba..

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…