Solusi jitu Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Hapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus. Aplikasi android merupakan suatu alat pelengkap bagi pengguna smartphone android. Aplikasi ini berupa format apk contohnya BBM, Line, Whatsapp aplikasi game seperti COC dll. Namun perlu anda ketahui bahwa setiap perangkat android yang diluncurkan dan dipasarkan baik smartphone itu memiliki brand yang berbeda-beda akan dibekali dengan Aplikasi bawaan seperti Camera, Galeri, Pesan, dan lain sebagainya. Nah aplikasi bawaan semacam itu tentu tidak akan pernah bisa dihapus atau diuninstall. Aplikasi bawaan bisa anda uinstall apabila Perangkat android anda sudah dalam keadaan Rooted tentu aplikasi bawaan bisa terhapus.

Melalui artikel kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus. Namun tutorial pada kali ini bukanlah bagaimana kiat cara menghapus aplikasi bawaan namun aplikasi yang anda install dari Google Play Store. Ada beberapa alasan mengenai aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut. Setiap pengembang aplikasi android memiliki cara tersendiri dalam membuat sebuah aplikasi, terkadang pengembang membuat fitur Advance yang belum pernah ada sebelumnya dan membuat pengguna merasa bingung.

Fitur advance tersebut mengharuskan pengguna untuk memberikan hak akses terhadap Device Administrator di dalam pengaturan Android. Nah, dari sinilah banyak pengguna android yang belum begitu mengetahuinya sehingga merasa bahwa aplikasi yang ia install tidak bisa dihapus. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya anda harus masuk pada pengaturan android kemudian menonaktifkan kontrol pada Device Administrator agar anda dapat menghapus atau Uninstall aplikasi.

Cara Hapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

Menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus memang sangat diperlukan agar space ruangan anda menjadi lebih besar, daripada anda memasang aplikasi yang tidak digunakan maupun bermnafaat lebih baik anda menghapus aplikasi tersebut. Nah disini saya sudah menyiapkan contoh, misalkan saya akan menghapus aplikasi Android bernama Dodol Locker. Aplikasi ini tidak dapat terhapus jika saya tidak mematikan fitur Administrator Perangkat. Fitur Administrator Perangkat ada pada bagian keamanan dan privasi. Sebegai contohnya, saya membuat tutorial ini pada Smartphone OPPO Bersistem Lollipo v5.1. Langsung saja, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah Pertama, silahkan anda masuk ke menu “Setelan” di Smartphone Android anda. Selanjutnya, anda bisa tap pada fitur “Keamanana dan Privasi”. Setelah itu, lanjutkan memilih “Administrator Perangkat”Nonaktifkan-Device-Administrator-1
  2. Kemudian pada langkah ini, dibagian Device Administrator atau Administrator Perangkat, anda akan melihat Aplikasi yang ingin anda hapus tersebut. Tap pada Aplikasi yang anda ingin hapus tersebut, pastikan anda menghilangkan icon Centang dengan cara “Menonaktifkan” aplikasi tersebut.
  3. Setelah anda menonaktifkan Aplikasi pada Device Administrator tersebut, maka anda bisa kembali pada opsi manajemen Aplikasi, dan temukan Aplikasi yang ingin anda hapus tersebut. Lakukan “Paksa Berhenti” dan “Hapus Installasi” pada aplikasi tersebut.
  4. Semoga dengan cara ini, aplikasi yang sulit terhapus tersebut bisa di hapus atau Uninstall. Selamat mencoba dan Semoga berhasil!!!
  5. Selesai.

Keterangan : Metode di atas saya ujicobakan pada Smartphone yang dimana smartphone ini menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Nah demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaumana Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus Dengan Mudah dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna android. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau masih kurang jelas dengan metode di atas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar atau chat melalui fanspage facebook. Terima kasih.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…