WAJIB TAHU Cara Cek Kuota FUP Internet IndiHome Via SMS dan Online

Cara cek kuota internet telkom indihome dengan mudah agar kita mengetahui pemakaian internet pada bulan lalu atau bulan sekarang. Telkom indonesia telah memunculkan produk barunya yakni Indihome setelah speedy. Indihome merupakan provider fiber optik terbesar di Indonesia saat ini, dengan layanan Triple Pay yang sangat diminati masyarakat membuatnya banyak digunakan oleh rumah-rumah di Indonesia. Akan tetapi PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sudah menetapkan kebijakan pada pembatasan kuota internet atau yang biasa kita sebut FUP (Fair Usage Policy) pada layanan IndiHome. Batas pemakaian internet indihome atau FUP untuk admin saja sekarang mencapai 20GB saja.

Menurut pihak Telkom sendiri, hal ini dilakukan agar Telkom dapat mengelola penggunaan bandwidth pelanggan menjadi tetap berkualitas, serta berhak mengurangi kecepatan atau menghentikan layanan IndiHome untuk pelanggan yang penggunaannya tidak wajar.

Salah satu contoh dari FUP ini adalah pada paket 10 Mbps memiliki batas fair usage hingga 300 GB yang kecepatannya akan menjadi 75% dari semula yang berarti menjadi 7,5 Mbps. Sementara apabila melebih batas fair usage hingga 400 GB maka kecepatannya akan menjadi 40% menjadi 4 Mbps.

Mungkin sebagian pembaca ada yang bertanya bagaimana cara mengecek pemakaian kuota Internet IndiHome agar tidak melebihi batas fair usage dari FUP yang telah ditetapkan.

Cara Cek Kuota FUP Indihome Telkom Dengan Mudah

1. Cek Kuota IndiHome Melalui SMS

Cara yang paling mudah dan praktis untuk cek kuota IndiHome yakni lewat SMS dengan menggunakan cara ini anda tak perlu harus cek kuota indihome tanpa login, Caranya cukup mudah silahkan anda ketikan format sms seperti di bawah ini:

ISP(spasi)IH(spasi)Kode Area + No.Telepon Rumah (indiHome) lalu kirim ke 98108

Contoh: ISP IH 021987654321 kirim ke nomor 98108

Cara ini benar-benar praktis dan sangat mudah, kita hanya perlu mengetik SMS ke dengan cara di atas untuk kemudian akan ada balasan berupa sisa FUP kuota internet IndiHome anda.

Note: Layanan ini tidak gratis, anda akan dikenakan biaya Rp 350/sms.

2. Cek Kuota IndiHome Melalui Online

Nah bagi anda yang mungkin kebetulan sedang tidak ada pulsa atau sedang berada di depan Komputer, untuk cek kuota IndiHome juga bisa lewat Online, Caranya:

  1. Silahkan kunjungi website Indihome bagian Usage Info di https://indihome.co.id/usage-info
  2. Kemudian jika anda sudah memiliki akun sebelumnya silahkan langsung login dengan memasukkan email dan password.
  3. Namun jika anda belum memiliki akun di IndiHome silahkan daftar terlebih dahulu dengan mengisi form yang telah disediakan meliputi Nama, Email, Password, Nomor HP serta jenis kelamin. Setelah semua terisi klik pada Daftar.
  4. Jika anda berhasil mendaftar, maka otomatis akan ditampilkan sisa kuota / pemakaian internet IndiHome anda dari awal bulan hingga tanggal saat anda mengecek kuota IndiHome tersebut. (tidak termasuk penggunaan UseeTV).

3. Aplikasi My IndiHome

Anda pun bisa cek kuota IndiHome lewat HP Android dan iPhone dengan terlebih dahulu menginstal Aplikasi My IndiHome di Play Store (untuk Android) dan di AppStore (untuk iPhone). Tak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi My IndiHome anda pun bisa mengecek ketersediaan jaringan, membeli paket hingga membayar tagihan bulanan.

Menurut Telkom, tools untuk memantau pemakaian internet ini telah disediakan serta diujicobakan, untuk mempermudah pelanggan mengetahui penggunaan Internet mereka. Dan kini tools itu dapat dipakai oleh pelanggan dengan sangat mudah lewat website Indihome.

Demikianlah bagaimana cara mengetahui sisa kuota internet FUP Indihome Telkom dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasi Good LUCK!!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…