Yuk Intip Cara Menjadikan Android Sebagai Remote TV

Cara Menjadikan Android Sebagai Remote TV. Taukah anda gadget yang beroperasi sistem android bisa digunakan sebagai remote tv di semua merk TV? Ya, memang perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih khususnya pada smartphone Android. Sistem operasi Android sekarang ini bisa menjadi alat serba guna atau yang disebut sebagai device multi fungsi yang dimana os ini memiliki banyak keunggulan dan kelebihan didalamnya. Salah satu kelebihannya bisa kita ketahui bahwa smartphone Android adalah bisa dijadikan sebagai remote TV, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi menggunakan remote tv sebagai controller. Anda bisa menggunakan ponsel Android sebagai remote, mengingat smartphone Android sudah menjadi bagian dari barang yang Anda perlukan saat ini.

Ini adalah hal yang sangat penting bagi anda gemar menonton televisi anda bisa menggunakan Smartphone Android untuk bisa mengatasi masalah ketika remote tv yang rusak. Hanya dengan menggunakan device Android Anda bisa menggantikan fungsi remote tv. Lebih hebatnya lagi ponsel Android Anda tidak hanya bisa dijadikan sebagai remote tv saja, Anda bisa menggunakannya untuk DVD Player, AC, Sound System dan berbagai peralatan elektroinik lainnya. Tentunya hal ini dapat memudahkan Anda ketika remote-remote yang ada dirumah Anda rusak sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan ponsel Android Anda sebagai remote. Berikut ini adalah ulasan tentang bagaimana cara menjadikan Android sebagai remote TV.

Cara Membuat Android sebagai remote TV

Cara Menjadikan Android Sebagai Remote TV

1. Aplikasi atau fitur Remote bawaan Smartphone

Pada kebanyakan smartphone Android sekarang terdapat aplikasi yang digunakan untuk Android sebagai remote khusus dari vendor tertentu, ada juga yang bersifat universal. Contohnya ponsel Android Samsung yang bisa Anda gunakan sebagai  remote multi fungsi dan bisa digunakan untuk berbagai jenis dan merk perangkat elektronik seperti Samsung, Sony, Sharp dan lain sebagainya,

Sementara untuk mengaktifkan fungsi remote ini adalah aplikasi remote tv android terbaik  yaitu aplikasi bawaan ponsel tersebut yang bernama WatchON.
Langkah-langkahnya adalah:

  • Pertama cara menjadikan ponsel Android sebagai remote tv adalah jalankan aplikasi WatchOn pada perangkat Anda.
  • Kedua tap  SELECT COUNTRY or REGION.
  • Kemudian pilih negara Anda, misalnya Indonesia.
  • Selanjutnya pillih TV berbayar yang Anda gunakan, jika tidak ada, Anda bisa pilih Indovision saja.
    Langkah selanjutnya pilih Skip dan Agree.
  • Selanjutnya akan muncul sebuah ikon berbentuk remote, kemudian tap ikon tersebut untuk setting TV Anda.
    Lalu pilih Continue untuk melakukan Settingannya.
  • Langkah selanjutnya yaitu memilih merk TV yang sedang Anda gunakan.
  • Kalau dihalaman ini tidak ada merk TV Anda, maka pilih Show Other Brands.
  • Kalau sudah memilih brands TV anda, tap tombol Power untuk menghidupkan TV Anda.
  • Perhatikan, jika TV Anda bisa dihidupkan pilih YES, This Code One Work. jika tidak bisa hidup, klik Send This Code One Again untuk mengulangi.
  • Selanjutnya tap MY TV (Merk TV).
  • Terakhir pilih DONE. Semua proses telah selesai, dan Anda sudah siap menggunakan smartphone Android Anda sebagai Remote TV.

2. Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Biasanya untuk menghubungkan antara ponsel Android dan perangkat elektronik tersebut menggunakan koneksi wifi, bluetooth, atau infrared. Namun smartphone Android yang belum mempunyai fitur remote ini, Anda bisa mengubah Android menjadi remote tv dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Play Store.

Bahkan semakin berkembangnya teknologi beberapa brand perangkat elektronik sudah menyediakan aplikasi yang bisa menghubungkan ponsel Android dengan perangkat elektronik buatan mereka. Sekarang saya akan bahas cara mengubah Android menjadi remote tv dengan memanfaatkan salah satu aplikasi remote tv android terbaik yaitu ir remote.

  • Download dan Instal aplikasi IR Remote di Google Play Store
  • Anda akan menemui beberapa pilihan menu, pilih IR Database kemudian pilih brand atau merk TV Anda misalnya LG atau Panasonic
  • Selanjutnya Anda akan dialihkan pada tampilan antarmuka layaknya sebuah remote tv
  • Melalu antarmuka tersebut Anda bisa mengganti channel tv atau mengubah volume

Selain aplikasi IR Remote ada juga aplikasi Samsung IR-Universal. Menariknya aplikasi buatan besutan Power7 ini tidak hanya bisa digunakan untuk remote tv saja melainkan beberapa perangkat elektronik lain seperti AC, DVD Player, Hi-Fi dan masih banyak lagi. Aplikasi remote yang satu ini memiliki ukuran yang kecil yaitu 1,9 MB sehingga tidak akan menghabiskan penyimpanan ponsel Android Anda dan menguras banyak RAM.

Demikianlah sedikit ulasan singkat dari saya tentang bagaimana cara menjadikan ponsel Android Anda sebagai remote tv, dan kelebihan android sebagai remote televisi adalah anda bisa menggunakannya tanpa harus menggunakan infrared. Tentu bukan itu saja caranya masih banyak cara lain untuk menjadikan smartphone Anda sebagai remote, mungkin lain kali saya akan mengulasnya. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…