Cara Melihat Spesifikasi Laptop/PC Lengkap

Panduan Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Spesifikasi sebuah komputer atau laptop memang hal yang paling penting dalam memilih sebuah PC maupun laptop

Panduan Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Spesifikasi sebuah komputer atau laptop memang hal yang paling penting dalam memilih sebuah PC maupun laptop. Pasalnya banyak pengguna PC mencari spesifikasi tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Akan tetapi menurut penelitian yang saya dapatkan mengenai hal ini ternyata masih banyak pengguna laptop tidak mengetahui cara melihat spesifikasi laptop dan PC yang ia punya.

Pada dasarnya sangat banyak terdapat panduan cara untuk melihat spesifikasi PC atau laptop baik di Windows 7, windows 8, dan Windows 10. Salah satu cara yang sering saya lakukan dan sering juga dilakukan banyak orang adalah dengan menggunakan tools yang sudah disediakan oleh windows tersebut atau sudah bawaan dari windows itu sendiri. Cara ini lebih efesien, efektif dan banyak orang yang menggunakan. Karena dengan cara ini kita lebih mudah mengetahui spesifikasi PC dan tidak butuh menginstal software lain atau tambahan hanya untuk sekedar melihat spesifikasi pada PC maupun laptop.

Walaupun bahwa sebenarnya demikian, namun tidak sedikit juga yang menggunakan software lainnya untuk melihat spesifikasi PC atau laptop. Alasannya sangat beragam dan berbeda – beda, tetapi alasan yang paling spesifik dan banyak dilontarkan oleh para pengguna PC maupun laptop adalah untuk melihat nilai spesifikasi yang lebih lengkap lagi.

Nah kali ini saya akan membagi tips cara lengkap melihat spesifikasi PC dan laptop. Baik itu dengan menggunakan software bawaan dari windows sendiri ataupun menggunakan software lainnya.

Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop Melalui Tools Properties My Computer

Pada umumnya cara ini paling banyak digunakan oleh pengguna untuk melihat spesifikasi PC dan laptop. Caranya memang dibilang sangat mudah dilakukan. Selain mudah, cara ini efesien dan juga efektif. Caranya gampang, anda hanya masuk ke bagian Devices and Drives (tekan tombol Windows + E bersamaan). Kemudian klik kanan pada My Computer (Windows 7) atau This PC (Windows 8 dan 8.1) lalu klik Properties. Maka akan tampil tab windows baru dimana tab windows baru tersebut seperti pada gambar berikut ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Melalui DirectX Diagnostic Tool

Beragam cara untuk melihat spesifikasi PC di tools windows. Cara selanjutnya masih menggunakan tools dari windows atau bawaan dari windows itu sendiri . Tools yang dimaksud pada windows yakni DirectX Diagnostic Tool. Cara ini sangat mudah hanya dengan menggunakan RUN pada windows dan dengan kode perintah tertentu. Caranya ialah tekan tombol Windows + R pada keyboard anda, lalu ketikkan perintah “dxdiag” tepat pada kolom RUN (tanpa tanda kutip). Seperti pada gambar berikut ini:

Cara Melihat Spesifikasi Laptop/PC Lengkap

Setelah anda melakukan cara di atas maka akan tampil dengan lengkap spesifikasi PC/laptop tertentu pada DirectX Diagnostic Tool. Anda bisa melihat spesifikasi PC ataupun laptop mulai dari Operating System, VGA, Processor, Memory dan lain sebagainya. Seperti pada gambar berikut ini:

Cara Lengkap Melihat Spesifikasi PC dan Laptop dengan Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Walaupun cara ini jarang digunakan oleh pengguna atau mungkin jarang yang mengetahui cara ini. Namun informasi mengenai spesifikasi PC dan laptop yang diberikan oleh software ini atau dengan menggunakan aplikasi CPU-Z ini sangat lengkap sekali dibandingkan dengan anda menggunakan kedua cara sebelumnya. Di software ini anda tidak hanya dapat melihat Operating System, VGA, Processor, Memory, CPU saja, tetapi banyak tools dan score atau kecepatan load juga diinformasikankan oleh software CPU-Z ini.

Aplikasi CPU-Z bersifat freeware yang artinya kita bisa mengunduh dan  memiliki aplikasi ini secara gratis tanpa perlu membayar untuk menggunakan aplikasinya. Cara menggunakan aplikasi CPU-Z untuk melihat spesifikasi PC atau laptop ini silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan pada berikut ini.

  • Silahkan anda download atau unduh software CPU-Z 1.72 terlebih dahulu.
  • Install aplikasi CPU-Z seperti mengintal software lain pada umumnya.
  • Silahkan anda Buka software CPU-Z tersebut.
  • Setelah anda membuka aplikasinya maka akan tampil informasi yang memberitahukan semuah hal tentang spesifikasi PC atau laptop anda secara lengkap dan padat.

Demikian ulasan mengenai cara melihat spesifikasi PC dan Laptop dengan lengkap mudah serta cepat. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…