3 Cara Terampuh Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC Khusus Android

Bagaimana cara mengatasi hp bootloop pada smartphone android kita tanpa pc atau menggunakan komputer untuk memperbaikinya? Bagi anda yang pernah menga

Bagaimana cara mengatasi hp bootloop pada smartphone android kita tanpa pc atau menggunakan komputer untuk memperbaikinya? Bagi anda yang pernah mengalami bootloop di hp android tentunya merasa sangat kesal dan bingung cara mengembalikan hp android rusak karena bootloop tersebut ke semula atau normal seperti biasanya. Memang pada era jaman sekarang teknologi semakin canggih namun, secanggih-canggihnya sebuah teknologi pastinya ada beberapa kendala seperti bug dan error yang belum kita ketahui.

Sebelum ke topik pembahasan, apakah kalian sudah mengetahui apa itu Bootloop merupakan kata lain dari softbrick yang dimana artinya adalah suatu keadaan di mana hp atau smartphone android anda tidak bisa memasuki desktop (halaman utama), dan hanya tertahan sampai logo atau istilahnya stuck di logo android.

3 Cara Terampuh Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC Khusus Android

Perlu anda ketahui, penyebab hp android menjadi bootloop dan bagaimana bootloop tersebut bisa terjadi sehingga ketika anda mengaktifkan hp android maka anda akan terus stuck di logo dan tidak bisa masuk ke dalam dekstop android.

  1. Updgrade OS android dengan custom rom yang tidak cocok dengan firmware (biasanya karena beda model).
  2. Flashing file yang tidak jelas.
  3. Merubah atau mengedit sistem file, contohnya Build.prop.
  4. Merubah file permission sebuah file.
  5. Mematikan hp secara paksa ketika sedang booting.
  6. Menggagalkan proses update firmware.

Pada umumnya bootloop sendiri ada 3 tingkat jenis permasalahan yakni tingkat bootloop easy, medium dan hard.

1. Bootloop Ringan (Easy).

Bootloop yang satu ini terjadi karena operating sistem terlalu banyak memproses aplikasi (Khususnya Game Berat) sehingga hp tiba-tiba saja langsung bluescreen atau freezz.

Setelah bluescreen, biasanya akan terjadi bootloop namun bukan ketika booting, melainkan saat di halaman utama atau desktop.

2. Bootloop Sedang (Medium).

Bootloop yang satu ini biasanya paling sering terjadi setelah Flashing rom baru, menginstall tweaks, mengedit build.prop, dan salah flash gapps.

3. Bootloop Berat (Hard).

Nah, untuk bootloop yang satu ini adalah kasus bootloop yang paling dahsyat dampaknya, karena anda tidak bisa memasuki custom recorvery sama sekali, bahkan untuk menyambung USB ke komputer atau laptop itu juga susah.

Nah, kalau sudah seperti ini, biasanya emmcnya sudah kena (emmcnya error), sehingga untuk ngebetulinnya pasti susah, dan emmcnya itu perlu di ganti baru.

Lantas bagaimana cara menanggapi masalah bootloop pada hp android sehingga smartphone kita bisa digunakan kembali dengan normal. Berikut ini adalah bagaimana cara mengatasi hp bootloop tanpa pc atau komputer dengan mudah tanpa harus perlu ke bengkel smartphone untuk memperbaikinya.

3 Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC Khusus Pengguna Android

1. Matikan Android

Cabut baterai, kartu SIM dan memori eksternal (Micro SD) lalu biarkan selama beberapa menit agar baterai tidak memberikan energi terhadapa motherboard Android. Setelah itu, pasangkan dan coba hidupkan kembali.

2. Masuk Kedalam Android Stock Recovery Mode

Kita biasa menyebutnya sebagai Android Stock Recovery mode. Untuk dapat masuk kedalam mode ini, pastikan Android dalam keadaaan mati kemudian tekan kombinasi tombol agar Android masuk ke recovery mode. Hal penting yang perlu diperhatikan, setiap merk Tablet dan Smartphone Android memiliki kombinasi tombol yang berbeda. Sebagai contoh:

  • jika Android dari Samsung biasanya dengan menekan kombinasi tombol Volume Up+ Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik, maka akan masuk kedalam stock recovery mode.
  • Setelah anda masuk, navigasikan dengan cara menekan tombol vol down untuk memilih “Wipe data/factory reset”. Langkah ini akan membuat Android Anda kembali ke pengaturan awal. Semua data serta file yang ada di internal memori akan terhapus.
  • Setelah itu, pilih Reboot System Now.

3. Masuk kedalam Custom Recovery.

Jika Android telah diroot atau telah melakukan flashing custom ROM atau mod. Masuklah kedalam CWM recovery. Caranya.

  • Matikan lalu cabut baterai Android selama beberapa detik lalu pasangkan kembali.
    Tekan tombol kombinasi untuk masuk kedalam CWM Recovery.
  • Setelah anda berhasil masuk, pilih “Wipe Data/Factory Reset”. Jika diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  • Sekarang arahkan lalu pilih menu “Advanced” kemudian pilih “Wipe Dalvik Cache”. Jika diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  • Selanjutnya cari lalu tekan“Mounts and Storage” kemudian tekan pilihan “format /data” dan “format /cache”. Hal ini akan menghapus data serta cache dari Android anda.
  • Terakhir pilih reboot.

Dengan melakukan langkah tersebut, Smartphone dan Tablet Android biasanya akan kembali melakukan boot dengan normal. Yang kita lakukan diatas untuk mengatasi bootloop pada Android adalah dengan menghapus data dan cache. Serta melakukan Factory Reset agar Android Anda kembali seperti baru.

Demikianlah sedikit ulasan singkat tentang bagaimana cara mengatasi hp bootloop tanpa pc langsung dari hp itu sendiri. Anda bisa menerapkan cara diatas di berbagai merk smartphone android baik itu xiaomi, samsung, oppo, sony, advan, Andromax smartfren, vivo, lenovo dan lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…