Cara Jitu Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop Komputer

Cara terjitu menghapus dan menghilangkan virus shortcut pada laptop dan komputer atau PC sampai tuntas dan mecegahnya kembali. Pada dasarnya Virus

Cara terjitu menghapus dan menghilangkan virus shortcut pada laptop dan komputer atau PC sampai tuntas dan mecegahnya kembali. Pada dasarnya Virus Shortcut yang kerap muncul di Flashdisk atau media penyimpanan lainnya masih menjadi momok para penggunanya. Sejatinya, shortcut ini hadir dikarenakan Flashdisk kamu terinfeksi oleh virus yang didatangkan dari media lainnya (bisa jadi komputer itu sendiri). Dan bisa juga, komputer yang awalnya bersih dari virus, namun karena ditancapkan dengan Flashdisk yang terkontaminasi oleh virus ini jadi ikut terinfeksi.

Cara Jitu Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop/Komputer (PC)
Penampakan Virus Shortcut

Sebenarnya cara menghilangkan virus shortcut sampai bersih sangat mudah untuk dilakukan kita tidak perlu harus memiliki skill khusus untuk menghapus dengan cepat virus shortcut. Hanya saja, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan scanning virus. Sekarang saya ingin membagikan tips cara menghilangkan virus shortcut di komputer dan laptop.

Cara menampilkan file yang disembunyikan oleh virus shortcut

  1. Langkah pertama silahkan anda Masuk kedalam windows explorer. Untuk lebih mudahnya silahkan tekan tombol windowspada keyboard secara bersamaan dengan huruf “E“.
  2. Setelah masuk kedalam windows Explorer, lakukan pengaturan file and folders didalam folder options. Langkah ini bisa sobat lakukan dengan masuk kedalam menu tools, atau dengan cara menekan tombol altbersamaan dengan huruf “T“. Setelah itu plih folder options.
  3. Setelah window folder options terbuka, pilih tab view dan lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini.

Hilangkan centang pada pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files (Recomended). Selanjutnya klik OK.

Nah langkah ini sebenarnya tidak akan membuat komputer atau laptop anda menjadi error melainkan tujuannya adalah menghilangkan centang dari dua pilihan diatas adalah untuk menampilkan file yang di setting dengan attribut supper hidden. File jenis ini biasanya digunakan untuk file system. Jadi pastikan anda disini tidak menghapus file system ini.

Cara Tuntas Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total

Virus shortcut sebenarnya adalah virus yang tidak berbahaya, namun bisa dikatakan virus yang cukup membuat kita kewalahan karena virus ini sangat jahil dimana cara kerja virus shortcut yaitu menyembunyikan file asli pada komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file attribut menjadi supper hidden. Selanjutnya virus akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut (terdapat tanda panah kecil pada icon file).

Cara Tuntas Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total

  1. Gunakan antivirus. Fungsi dari antivirus ini adalah selain untuk menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain, juga sebagai penangkal seandainya ada virus lain dari flashdisk lain. Saran saya gunakan antivirus yang cukup baik. Bukan antivirus abal – abal. Saya sarankan agar sobat menggunakan antivirus avast. Ada versi free-nya, silahkan download dulu jika memang sobat belum punya.
  2. Lakukan proses scanning. Lakukan proses scanning menyeluruh, baik itu pada drive c, drive d, ataupun pada flashdisk yang terinfeksi. Akan lebih baik jika sobat melakukan full scanning. Tungu beberapa saat sampai proses scanning oleh antivirus te;ah selesai. Selanjutnya akan ada laporan tentang beberapa virus yang ditemukan. Dalam hal ini silahkan hapus semua virus yang ada. Sekali lagi, tenang saja. File sobat tidak akan hilang. Karna virus shortcut ini tidak menginfeksi file melainkan hanya menyembunyikan filenya saja.
  3. Menghapus bekas file firus didalam flashdisk. Setelah virus dihapus biasanya masih ada file shortcut yang di tinggalkan oleh virus. Cara membersihkannya, buka flashdisk di windows Explorer. Lihat dimana letak drive flashdisk. Apakah di E, F, atau di G. Ingat, jangan sampai salah. Biasanya drive C, digunakan untuk system, D digunakan untuk menyimpan data dan seterusnya. Sekali lagi, pastikan pada drive mana flasdisk-nya.
  4. Dalam hal ini misalnya flashdisk berada pada drive F. Untuk melakukan penghapusan, silahkan masuk drive f menggunakan command prompt atau yang biasa dikenal dengan cmd. Caranya masuk ke RUN atau tekan tombol windows bersamaan dengan huruf R, selanjutnya masukkan cmd pada kotak dan enter.
  5. Setelah jendela commandpromt terbuka, masuk ke drive F (drive dimana flashdisk terpasang) dengan cara ketik F: dan enter.
  6. Setelah sebelah kursor yang berkedip berubah menjadi F:\>_ sobat bisa melakukan penghapusan. Tujuan utama kita adalah melakukan penghapusan file shortcut yang dihasilkan oleh virus. Lakukan penghapusan dengan cara mengetikkan del *.lnk s/ d/ kemudian tekan Enter, jika muncul error, cukup ketikan del *.lnk dan tekan Enter.
  7. Dalam tahap ini seharusnya file shortcut yang dihasilkan oleh virus telah hilang. Selanjutnya kita akan menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan cara merubah attributnya menjadi normal atau terlihat dalam mode standar.
  8. Masih di dalam Command Promt (cmd). Ketikan lagi drive letter usb kita contoh F: kemudian tekan enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d tekan Enter sekali lagi. (jika muncul error coba hilangkan hanya /d saja atau /s saja).
  9. Tunggu proses perubahan attribut ini sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal.
  10. Kembalikan settingan file system ke mode hidden. Tadi di awal kita sudah mencoba untuk menampilkan file yang berattribut supper hidden, nah seperti yang saya bilang di awal tadi biasanya supper hidden ini digunakan untuk menyimpan file system agar tidak terlihat pada mode normal.

Apabila anda ingin menyembunyikan kembali file yang sebelumnya kita setting, maka silahkan anda lakukan langkah-langkah hidden file pada berikut ini.

Untuk melakukan hidden file pada file system lakukan langkah seperti diatas :

  1. Masuk kedalam windows explorer. Untuk lebih mudahnya silahkan tekan tombol windows pada keyboar secara bersamaan dengan huruf “E”.
  2. Setelah masuk kedalam windows Explorer, lakukan pengaturan file and folders didalam folder options. Langkah ini bisa sobat lakukan dengan masuk kedalam menu tools, atau dengan cara menekan tombol alt bersamaan dengan huruf “T”. Setelah itu plih folder options.
  3. Setelah window folder options terbuka, pilih tab view dan lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini.
  4. Centang kembali pada pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files (Recomended). Selanjutnya klik OK.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara menghilangkan virus shortcut di komputer laptop PC dan flashdisk atau hardisk yang terjangkit virus ini. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…