Cara Mengubah Jaringan 3G Menjadi 4G LTE di Hp Android

Bisakah hp 3G menjadi 4G? Lalu bagaimana cara mengubah sinyal jaringan 3G jadi 4G LTE di smarphone android? Bisa dan caranya mudah

Bisakah hp 3G menjadi 4G? Lalu bagaimana cara mengubah sinyal jaringan 3G jadi 4G LTE di smarphone android? Bisa dan caranya cukup mudah akan tetapi tidak semua smartphone mendapatkan upgrade ke 4G. Saat ini 4G (LTE) menjadi jaringan tercepat di dunia bahkan dikatakan 10 kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya 3G (HSDPA) dan 2G (EDGE).

Akan tetapi, ada banyak pengguna smartphone yang mengeluh karena sinyal 4G di smartphonenya tidak bisa digunakan alias tidak muncul jaringan tersebut pada smartphone. Nah bagi anda yang juga mengalaminya, berikut ini tips bagaimana cara mengubah sinyal 3G ke 4G di smartphone Android.

Cara Mengubah Jaringan 3G Menjadi 4G LTE di Hp Android

Yang paling saya sukai dari sinyal 4G LTE adalah kecepatan internetannya yang stabil dan bahkan 10 kali lipat lebih kencang dibandingkan 3G. Misalkan sebelumnya kecepatan download hanya 30kb pada saat menggunakan jaringan 3G maka anda akan cobalah untuk menggunakan sinyal 4G pastinya lebih cepat dan kemungkinan anda mendapatkan 300kb – 6mb perdetik loh.

Ada berbagai jenis cara untuk mengubah sinyal 3G jadi 4G di hp android, kali ini saya akan memberikan 3 Cara umum pada berikut ini.

1. Lewat Pengaturan Jaringan

Lewat Pengaturan Jaringan

Pada smartphone Android anda, silakan masuk ke menu Settings – SIM & Network (atau menu lain yang berhubungan dengan jaringan, lalu pilih Prefered Network Type. Pada setiap smartphone biasanya berbeda, namun kurang lebih opsi ini selalu sama.

Selanjutnya, silakan pilih jenis jaringan yang anda kehendaki. Jika jaringan 4G anda tidak dikunci, maka akan muncul pilihan 2G/3G/4G atau 4G LTE Only. Bergantung pada pilihan yang disediakan oleh vendor.

2. Jika Jaringan 4G Dikunci, Lewat Dial Pad!

Jika Jaringan 4G Dikunci, Lewat Dial Pad!

Bagi anda yang sering beli smartphone dari China (atau luar negeri), pasti pernah mengalami kendala sinyal 4G-nya tidak bisa dipake. Seperti kasus sinyal 4G Xiaomi yang hilang karena tidak memenuhi standar TKDN.

Untuk mengakalinya, anda bisa akses *#*#4636#*#* lewat dial pad smartphone. Lalu pada bagian Set Preferred Network Type silakan pilih LTE Only atau LTE/CDMA/UMTS (Auto). Maka otomatis jaringan yang anda gunakan akan berpundah ke 4G LTE.

3. Cara Mengubah 3G ke 4G Meizu

3. Cara Mengubah 3G ke 4G Meizu

Khusus untuk smartphone Meizu, ada cara cepat untuk mengaktifkan 4G di smartphone Meizu. Caranya adalah dengan masuk ke dial pad, lalu ketik *#*#4321#*#*, dan secara otomatis sinyal 4G di Meizu anda akan langsung aktif. Mudah banget kan?

Demikianlah sedikit ulasan singkat dari kami mengenai tips 3 cara mudah mengaktifkan jaringan 4G di smartphone Android. Jika anda mengalami kasus sinyal 4G hilang atau tidak bisa diaktifkan, silakan coba cara di atas.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…