Solusi Jitu Cara Mengatasi Aplikasi BBM yang Tidak Bisa Dibuka dan Error

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi BBM yang Tidak Bisa Dibuka? BBM (Blackberry Messenger) merupakan aplikasi instant chat atau pesan instan terpopuler di Dunia dan bahkan aplikasi ini dulunya pernah menjadi trending di google playstore. Akan tetapi beberapa pengguna sering mengeluhkan jikalau aplikasi bbm kesayangannya tidak bisa dibuka di hp android. Kemungkinan tidak bisa dibuka ini terjadi karena penggunanya tidak terlalu sering merawat smartphonenya. Banyak penyebab mengapa aplikasi bbm di android tidak bisa dibuka.

Kenapa aplikasi bbm tidak bisa dibuka dan selalu muncul pesan error? Penyebab umum mengapa hal tersebut bisa terjadi adalah aplikasi tidak pernah diupdate atau hp android tidak mengangkat beban aplikasi bbm dan kemungkinan juga cache pada aplikasi bbm tidak pernah dihapus. Contoh pesan error yang membuat aplikasi bbm tidak bisa dibuka seperti pesan pemberitahuan “Sayangnya BBM Telah Berhenti” Atau “Unfortunately, BBM Has Stopped”. Error lain biasanya aplikasi bbm bisa dibuka tapi tidak bisa sign in. Ketiga, bisa dibuka tapi loading terus tidak berhenti – berhenti.

Lantas bagaimana cara memperbaiki aplikasi bbm agar bisa dibuka dan mengatasi aplikasi bbm yang tidak bisa dibuka tersebut bisa kebuka kembali dengan normal? silahkan anda simak ulasan pada berikut ini dan coba terapkan pada smartphone android anda.

5 Cara Mengatasi Aplikasi BBM yang Tidak Bisa Dibuka

Solusi Jitu Cara Mengatasi Aplikasi BBM yang Tidak Bisa Dibuka dan Error

  • Hapus File Cache BBM

Cara pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus File cache yang masih menempel pada aplikasi BBM. Setiap aplikasi yang sedang berjalan tentunya akan membuat file sampah/ file cache. Dan apabila file cache tersebut tidak dihapus maka akan menumpuk di memori dan akan memberatkan memori.

Menghapus File cache sangatlah mudah, bisa satu persatu dan bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau CM Security. Lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah – langkah menghapus cache dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “BBM” » Kemudian tap“Hapus Cache”.

  • Hapus data aplikasi bbm pada pengaturan android

Metode kedua yang bisa anda lakukan saat metode pertama tidak berhasil yakni menghentikan aplikasi BBM secara paksa dan menghapus data aplikasi BBM. Menghapus data BBM artinya menghapus semua data login seperti basis data, cache, history, chat, dan lainnya. Cara ini akan membuat BBM serasa lebih fresh dan segar. Tapi sebelumnya anda harus ingat dengan ID dan kata sandi BBM anda supaya nantinya bisa login kembali. Simak langkah – langkah hapus data BBM dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “BBM” » Kemudian tap“Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

  • Update Aplikasi BBM

Dengan memperbarui aplikasi BBM maka semua bugs dan kerusakan akan diperbaiki saat update telah berjalan. Selain itu, anda juga akan mendapatkan fitur dan tampilan terbaru dari aplikasi BBM. Update aplikasi BBM langsung dari Google Play Store.

Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “BBM” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

  • Downgrade Versi Aplikasi BBM

Jika dengan Update tidak bisa berhasil maka lakukan downgrade yakni dengan menginstall BBM versi sebelumnya. Untuk melakukan downgrade cukup mudah, anda tinggal menghapus Aplikasi BBM yang masih menempel di Android anda. Kemudian anda download BBM Format apk, bisa dari JalanTikus.com atau dari situs lainnya. Setelah itu barulah anda install BBM tersebut di Android anda.

  • Install ulang Aplikasi BBM

Selain downgrade anda juga dapat install ulang BBM. Sebenarnya caranya sama perbedaannya hanya pada saat anda download Aplikasi BBM. Sebelum menginstall BBM, anda harus menghapusnya terlebih dahulu. Kemudian anda baru download dan install secara langsung dari Google Play Store. Dengan cara tersebut maka Google Play Store akan menyesuaikan dengan versi Android yang anda gunakan.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “BBM” » Kemudian tap“Hapus Instalasi”.

Demikianlah sedikit ulasan singkat bagaimana cara mengatasi aplikasi bbm di android tidak bisa dibuka sama sekali. Mungkin solusi diatas tidak berhasil 100% namun cara diatas merupakan cara paling umum memperbaiki semua aplikasi bbm yang tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…