Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di PC dan Hp Android

Cara mengetahui kecepatan internet di komputer, laptop pc ataupun smartphone android dengan mudah. Penasaran bagaimana cara mengecek kecepatan internet wifi anda atau koneksi paket internet di hp android? Sebenarnya ada cara mudah melihat kecepatan internet wifi speedy di laptop maupun android tanpa perlu repot-repot anda menghubungi pihak operator penyedia internet.

Apa sih manfaatnya bila cara mengetahui kecepatan internet di komputer/pc dan hp android? Bisa dibilang cara melihat kecepatan internet di android dan komputer sangat penting. Sebab, ketika anda sedang mendownload file di internet anda bisa mengetahui estimasi waktu selesai mendownload dengan hanya mengetahui kecepatan internet saat melakukan download.

Lantas bagaimana cara mengetahui kecepatan wifi di laptop? Nah, melalaui artikel kali ini kami akan memberikan trik cara mengecek kecepatan internet wifi id atau speedy dengan berbagai jenis metode pada berikut ini.

3. Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di PC dan Laptop

1. Mengecek kecepatan internet melalui Speedtest.net

Mungkin beberapa dari Anda sering kali melakukan browsing internet melalui PC & Laptop. Nah, tak jarang juga terkadang internet tiba-tiba mengalami gangguan dan internet lemot. Maka dari itulah, Anda bisa mengeceknya dengan cara berikut ini:

Untuk mengecek kecepatan internet yang dikoneksikan ke PC atau Laptop, Anda bisa menggunakan web dari speedtest.net. Tidak perlu ribet dan juga banyak langkah. Anda hanya cukup mengunjungi situs web speedtest.net saja. Klik di sini untuk mengunjungi speedtest.

Setelah Anda mengunjungi speedtest, maka akan muncul kata “GO” dengan huruf besar di bagian tengah. Nah, Anda hanya perlu mengklik satu kali pada tulisan “GO’ tersebut. Secara otomatis, speedtest.net ini akan mengkalkulasikan kecepatan internet yang Anda miliki.

Kemudian Anda akan melihat speedtest sedang mengecek kecepatan internet Anda. Anda hanya tinggal menunggu hasilnya. Pada saat ingin mengecek kecepatan internet, disarankan untuk tidak sedang membuka web browser lainnya agar hasilnya lebih akurat.

Jika speedtest sudah menyelesaikan pengecekan kecepatan internet Anda, kemudian speedtest akan memberikan hasil dari pengecekan internet. Di dalamnya tercatat berapa ukuran mendownload dan juga mengupload. Tak lupa, speedtest memberikan banyaknya ping pada kecepatan internet Anda. Cukup lengkap dan mudah bukan?

2. Mengetahui kecepatan internet Wifi saat download via Indihome

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di PC dan Hp Android

Cara untuk mengetahui kecepatan internet lainnya kini hadir dari Indihome. Tidak jauh berbeda dengan speedtest.net, Indihome juga memberikan hasil yang cukup akurat untuk mengetahui seberapa cepat internet yang dimiliki oleh Anda. Caranya pun sangat mudah dan tidak ribet.

Pertama, Anda hanya perlu mengunjungi situs web Indihome Speedtest. Anda bisa klik di sini untuk mengunjungi situs Indihome Speedtest. Ketika Anda sudah memasuki halaman Indihome Speedtest, maka akan menampilkan tulisan “GO” besar berwarna merah. Klik tulisan “GO” untuk mengecek kecepatan internet Anda.

Kemudian secara otomatis Indihome Speedtest akan mengecek sebarapa kencang internet yang Anda miliki. Anda hanya perlu menunggu sampai pengecekan selesai. Sama seperti Speedtest.net, Anda dianjurkan untuk sedang tidak membuka web browser lainnya agar hasil lebih akurat.

Selesai mengecek kecepatan internetnya, maka Indihome Speedtest akan langsung memberikan hasilnya. Di layar laptop / PC Anda akan tertera seberapa cepat kecepatan untuk mendownload dna juga mengupload. Anda juga bisa mengetahui jitter dan juga ping dari hasil kecepatan internet yang sudah Anda cek. Mudah dan praktis bukan?

3. Cara melihat kecepatan internet wifi di laptop via CBN Speedtest
Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di PC dan Hp Android

Masih dengan cara mengetahui kecepatan internet secara mudah dengan menggunakan PC & laptop. Kali ini CBN Speedtest menjadi salah satu situs yang menyediakan jasa untuk mengecek kecepatan internet. Tidak jauh berbeda dengan Indihome Speedtest, Anda hanya perlu mengunjungi situs CBN Speedtest.

Anda bisa mengklik di sini untuk mengunjungi situsnya. Namun sebelumnya, pastikan bahwa laptop & PC Anda sudah menggunakan Adobe Flash Player. Sebab, CBN Speedtest hanya bisa digunakan untuk PC & Laptop yang sudah dipasang Adobe Flash Player.

Jika CBN Speedtest telah selesai mengecek kekuatan internet Anda, maka secara otomatis CBN akan menampilkan hasil dari pengecekan internet. Di dalam hasilnya akan ditampilkan kecepatan download, upload, dan juga PING yang ada di internet Anda. Sama-sama mudah dan tidak ribet bukan?

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Hp Android

1. Cek kecepatan internet Via Aplikasi Speedtest by Ookla

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di PC dan Hp Android

Seperti yang diketahui bahwa Speedtest juga hadir di website untuk mengecek kecepatan internet di PC / laptop. Nah, kali ini Speedtest hadir dalam bentuk aplikasi Android. Anda bisa mengetahui kecepatan mendownload juga mengupload.

Bahkan, hasil yang ditampilkan merupakan hasil real-time. Tak lupa, Speedtest.net ini juga memberikan hasil berapa banyak ping di internet Anda. Anda hanya perlu mengklik “Begin Test” dan biarkan Speedtest mengecek hasil kecepatan internet Anda. Download aplikasinya di sini.

2. Cara mengetahui kecepatan internet di android via aplikasi V-Speed Speedtest
Cara Mengetahui Kecepatan Internet Di PC dan Hp Android

V-SPEED Speed Test juga hadir sebagai salah satu aplikasi untuk mengecek kecepatan internet di HP. Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 203.000 kali di PlayStore ini menawarkan kemudahan dalam mengecek kecepatan internet HP Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda akan menerima hasil tes kecepatan internet berupa kecepatan download dan juga upload. Bahkan, aplikasi V-SPEED Speed Test ini menyediakan fasilitas untuk mencari sinyal WiFi juga loh. Anda mau menggunakan aplikasi ini? Langsung dapatkan aplikasinya di sini.

Ddemikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengetahui kecepatan internet baik di laptop, pc, komputer maupun hp android dengan mudah dan paling simple. Semoga bermanfaat selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…