Cara Memperbaiki Jaringan Data Seluler Android Tidak Muncul

Cara mengatasi dan memperbaiki jaringan tidak tersedia di android atau data seluler android tidak muncul. Solusi untuk kendala ini kerap kali dicari o

Cara mengatasi dan memperbaiki jaringan tidak tersedia di android atau data seluler android tidak muncul. Solusi untuk kendala ini kerap kali dicari oleh pengguna smartphone terutama dengan sistem operasi Android. Kendala ini memang sangat menyebalkan, pasalnya jika paket data pada hp android tidak muncul maka secara otomatis tidak bisa terhubung atau terkoneksi jaringan internet dampaknya anda tidak akan bisa mengakses aplikasi apapun yang menggunakan koneksi internet.

Seiring perkembangan jaman dimana teknologi sudah semakin maju, jaringan internet pun kini telah diperbarui dan dipasarkan di sejumlah wilayah di Indonesia. Contohnya saja jaringan internet yang terbaru yaitu 4G Lte dengan kecepatan 10 Kali lipat dibandingkan 3G menjadi salah satu jaringan internet terbaik untuk saat ini.

Namun apa gunanya jaringan lebih cepat dan koneksi stabil apabila data seluler android tidak muncul pada smartphone. Nah melalui artikel kali ini saya akan memberikan tips cara memperbaiki data seluler tidak muncul pada hp android.

Lantas bagaimana cara memperbaiki data seluler android tidak muncul atau sinyal paket data hilang secara tiba-tiba (putus-putus)? Mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Jaringan Data Seluler Android Tidak Muncul Atau Hilang

Cara Memperbaiki Jaringan Data Seluler Android Tidak Muncul

Sebelum anda memulai memperbaiki jaringan seluler tidak tersedia di android atau sinyal data seluler tidak muncul karena putus-putus pastikan smartphone anda sudah memiliki paket internet baik menggunakan kartu 3, telkomsel, indosat, axis, xl dan lain-lain. Kemudian lakukan langkah-langkah perbaikan pada sinyal seluler yang hilang di android pada berikut ini.

  1. Bila paket data tidak muncul silahkan masuk bagian settings > Mobile Networks > Centang pada pilihan “Use Packet Data”
  2. Bila paket data tidak nampak Matikan android anda kemudian merestartnya kembali
  3. Bila dengan merestart tidak menyelesaikan masalah anda bisa mematikan android, kemudian melepas kartu SIM dan memasangnya kembali dengan benar. Hidupkan android kembali

Jika metode diatas tidak berhasil gunakan metode alternative dibawah ini.

  1. Masuk bagian Settings > Mobile Networks > Access Point Names > Buat APN Baru dengan memilih New APN. Masukkan  APN sesuai dengan Provider kartu seluler anda.
  2. Setelah mengisi APN sesuai dengan data APN masing-masing operator tekan tombol back lalu anda akan segera mendapati bahwa sinyal paket data sudah muncul kembali.

Sudah melakukan cara tersebut tetapi belum muncul juga sinyal paket datanya? Coba gunakan mode Flight Mode atau mode pesawat. Tujuan dari Flight Mode agar koneksi internet anda dapat merefresh atau kembali seperti semula ketika kamu mengaktifkannya kembali.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai tips cara mengatasi jaringan data seluler android tidak muncul pada smartphone samsung, xiaomi, advan, smartfren andromax, oppo, vivo, dan lain-lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…