Cara Memperbaiki Keyboard Android yang Rusak Error dan Macet

Bagaimana mengatasi dan cara memperbaiki keyboard android yang rusak, error (tidak berfungsi) dan macet? Keyboard merupakan salah satu fasilitas paling penting di setiap hp android guna untuk mengetikan kalimat. Namun apa yang terjadi apabila kita tidak bisa mengetik di android atau tombol keypad rusak? Pastinya segala aktivitas kita yang ada di android tidak dapat kita lakukan lagi contohnya saja ketika anda mengetik pesan, notepad, event, membuat kontak dan lain-lain.

Berbeda dengan jaman sekarang yang telah menggunakan keyboard layar sentuh. Keyboard jaman dulu atau yang sering disebut dengan nama keypad pada hp jadul, kini smartphone memberikan kemudahan bagi mereka yang tidak suka menggunakan keypad karena berbagai suatu alasan seperti keypad rusak, copot yang dimana hal ini sangat sulit untuk diperbaiki.

Tombol keyboard dengan mode layar sentuh memang lebih mudah untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti SMS, Chatting, Menulis Catatan, Browsing dan lain-lainnya. Jika –pun telah terjadi kerusakan atau masalah pada keyboard android tentunya hal tersebut sangat menggangu aktifitas harian anda. Dan biasanya hal tersebut disebabkan oleh file sampah atau hilangnya beberapa File Eksekusi Keyboard Yang Membuat Keyboard Jadi Rusak.

Misalnya saja terjadi seperti ini “Android Keyboard Has Stopped” atau Keyboard android telah berhenti. Nah, hal tersebut biasanya di sebabkan oleh corrupt pada file program atau file sampah yang tak pernah dihapus. Tetapi tenang saja, masalah tersebut bisa di atasi dengan mudah dan cepat. Cobalah ikuti langkah-langkah yang saya berikan dibawah ini.

Lantas bagaimana cara mengatasi atau cara memperbaiki keyboard android yang rusak dan tidak bisa befungsi sama sekali? Mari kita simak pada berikut ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Android yang Rusak Karena Error

Untuk memperbaiki keyboard android yang error sebaiknya masuk terlebih dahulu pada bagian sistem keybord kemudian bersihkan file sampah atau cache yang menggangu proses berjalanannya aplikasi keyboard. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Memperbaiki Keyboard Android yang Rusak Karena Error

  1. Pertama, masuk pada menu “Setting”, Kemudian pilih “Aplikasi”.
  2. Lalu cari aplikasi keyboard yang anda gunakan Misal “Keyboard Android (AOSP)”, kemudian “Hapus Data” dan “Hapus Cache” aplikasi keyboard tersebut.
  3. Selesai.

Cara Mengatasi Keyboard Android yang Rusak Karena Telah berhenti

Cara Mengatasi “Android Keyboard Has Stopped” terbilang cukup mudah untuk dilakukan, cukup masuk pada aplikasi “Download Manager” pada android anda, kemudian lakukan disable dan enable agar aplikasi dapat berjalan dengan normal kembali. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Keyboard Android yang Rusak Karena Telah berhenti

  1. Masuk pada menu “Setting”, kemudian pilih “Aplikasi” atau “Apps”.
  2. Selanjutnya cari aplikasi “Download Manager”, kemudian lakukan disable dan enable pada aplikasi tersebut. Lakukan restart atau reboot pada ponsel android anda.
  3. Selesai.

Jika dengan cara tersebut keyboard android anda masih terjadi error, anda bisa mendownload aplikasi Keybord melalui Google Play secara gratis, aplikasi tersebut bernama Google Keyboard dan SwiftKey keyboard.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana tips dan trik cara memperbaiki keyboard android yang rusak error dan macet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…