Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dibuka dan Di Copy Paste

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dibuka – Mircrosoft word merupakan sebuah aplikasi yang membantu dan memudahkan seseorang di dalam membuat sebuah dokumen penting seperti surat, skripsi, makalah, proposal dan lain-lain. Microsoft word adalah bagian dari paket software microsoft office. Saat ini microsoft word sudah banyak penggunanya mengingat kebanyakan dari pengguna komputer, Laptop, maupun pc menggunakan sistem operasi os windows. Selain itu tampilannya yang mudah dipahami dan juga cara memakainya yang mudah, micorsoft word menjadi software yang harus ada atau diwajibkan di semua komputer.

Banyak aktivitas membuat sebuah dokumen yang bisa kita lakukan di aplikasi mircosoft word ini. Mulai dari mengolah dan memanipulasi data, menyisipkan gambar, membuat klipping / makalah, membuat grafik, chart, dan masih banyak lainnya. Dokumen di Microsoft Word pasti merupakan dokumen yang penting. Terkadang kita sebagai pembuat dokumen tidak mengetahui hal apa saja yang terjadi apabila dokumen tersebut dicuri, tentunya kita memiliki pemikiran untuk melindungi file word tesebut dengan cara mengunci file word agar tidak bisa dibuka diedit dan di copy paste.

Lalu bagaimana cara mengunci file word agar tidak bisa dibuka dan di copy paste? Mudah sekali. Anda bisa melindungi file microsoft word dengan cara memberi password dokumen tersebut agar file word tidak bisa diedit, dibuka, disalin ataupun dicopy paste oleh pengguna lain.

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dibuka dan Diedit atau di Copy Paste

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dibuka dan Diedit atau di Copy Paste

Melalui artikel kali ini, kami akan memberikan tips cara melindungi dan mengunci file microsoft word 2007, 2010 agar tidak bisa diedit, dibuka dan disalin oleh pengguna lain. Adapun hal yang harus kita lakukan, mari kita simak pada berikut ini.

  1. Tentukan File yang akan di protect, jika sudah di buka lalu klik menu Review.
  2. Lalu klik Protect Document dibagian paling kanan setelah itu klik Restrict Formatting and Editing.
  3. Setelah itu akan muncul kotak seperti gambar dibawah ini, dan berikan ceklis pada kotak yang sudah saya tandai, dan setting ke Filling in forms setelah itu klik Yes, Start Enforcing Protection.
  4. Jika sudah maka anda akan disuruh memberikan password pada dokumen tersebut. Kotak pertama untuk password dan kotak kedua untuk pemasukan password yang kedua kali, jika semua sudah beres klik OK.
  5. Selesai.

Demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai cara mengunci file word agar tidak bisa dibuka diedit dan di copy paste dan cara melindungi atau protect file mircosoft word agar tidak dicuri dan diedit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…