Cara Backup Chat Whatsapp dengan Google Drive Android

Fitur terbaru whatsapp kini bisa membackup chat pesan whatsapp dengan menggunakan google drive. Backup chat whatsapp sangat penting untuk dilakukan ap

Fitur terbaru whatsapp kini bisa membackup chat pesan whatsapp dengan menggunakan google drive. Backup chat whatsapp sangat penting untuk dilakukan apabila anda menggunakan aplikasi WA sebagai sarana untuk bisnis anda. Selain backup, restore chat whatsapp juga bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk dapat menggunakan fitur backup & restore chat whatsapp, anda harus menggunakan aplikasi WA (whatsapp) versi terbaru yakni versi 12.2.174- 12.2.200 atau diatasnya.

Untuk membackup dan restore chat WhatsApp Android dari Google Drive caranya cukup mudah, pertama-tama cek dulu di Menu Settings – Chats & calls – Chat backup jika disana muncul pilihan Google Drive Settings berarti versi yang anda gunakan sudah mendukung fitur ini.

Jika tidak muncul silahkan update terlebih dahulu atau bisa juga dengan menggunakan versi terakhir yang bisa didapatkan dari situs WhatsApp.

Cara Backup Dan Restore Percakapan WhatsApp Dengan Google Drive

Cara Backup Chat Whatsapp dengan Google Drive Android

Bagi yang belum tahu cara untuk melakuan back up chat dan juga restore percapakan tersebut dari Google Drive, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di Android anda kemudian pilih menu – settings – chats & calls – chat backup
  2. Hubungkan akun WA dengan Google Drive dengan cara tap pada Back up to Google Drive. Kemudian tentukan interval back up yang diinginkan (harian, mingguan atau bulanan) setelah dipilih akan muncul pop up untuk memilih akun Google dan pilihlah akun Google yang ingin anda gunakan.
  3. Jika pada bagian Account sudah muncul username Google kamu berarti proses menghungkan Google Drive ke WhatsApp sudah berhasil.
  4. Untuk melakukan back up manual anda bisa tap tombol BACK UP (lihat gambar diatas / tengah)

Tips : sebelum melakukan back up pastikan koneksi internet anda dalam keadaan normal dan jika perlu hapus beberapa percakapan atau media yang anda anggap tidak terlalu penting agar file back up tidak terlalu besar dan proses upload akan lebih cepat.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara backup pesan / whatsapp ke google drive android. Semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan atau kendala anda bisa berkomentar pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…