Cara Memblokir Pengguna Jahil Wifi Modem ZTE Indihome

Cara memblokir akses internet pengguna wifi di modem ZTE Indihome bisa kita lakukan dengan mensetting router dengan mudah. Namun begitu banyak pelangg

Cara memblokir akses internet pengguna wifi di modem ZTE Indihome bisa kita lakukan dengan mensetting router dengan mudah. Namun begitu banyak pelanggan indihome belum mengetahui bagaimana cara memblokir pengguna / orang-orang yang tidak diketahui yang menggunakan wifi tanpa se-izin pemilik wifi indihome.

Tak sedikit pengguna Wi-Fi merasa kesal apabila jaringan internet wifi mereka dipakai oleh orang lain yang tidak memiliki izin atau mendapatkan akses masuknya secara ilegal dengan membobol passwordnya. Hal ini dapat menyebabkan Kecepatan Internet Wi-Fi menurun karena pengguna didalamnya terlalu banyak menggunakan akses internet. Karena sistem bandwith pada wifi akan terbagi di setiap pengguna yang konek ke modem wifi indihome.

Pada dasarnya di modem Indihome memang sudah disediakan fitur untuk melihat para penggunanya dan fitur untuk memblokir para pengguna WiFi Indihome. Untuk jenis modem lain seperti ZTEAlcatelHuaweiTp-link atau jenis merek lain yang membedakan hanya pada tampilan dashboard. Intinya sama, tujuannya adalah fitur tersebut dapat melihat perangkat dan mengontrol akses internetnya.

Cara Blokir Pengguna Wifi Gelap di Modem ZTE Indihome

  1. Buka terlebih dahulu Control Panel WiFi dengan membuka 192.168.1.1 pada browser kalian dan login menggunakan username dan password router.
  2. Setelah Login, masuk ke bagian Network -> Wlan Settings -> WIFI Clients List. Disana kalian bisa melihat daftar klien atau pengguna yang menggunakan WiFi kalian.
    Cara Memblokir Pengguna Jahil Wifi Modem ZTE Indihome

  3. Jika anda telah mendapatkan Target anda hanya perlu menyalin kode MAC-nya dan memasukannya ke bagian WIFI ACL, tepat dibawah menu Clien List. Jika belum menemukan target, anda bisa mengecek IP Address setiap perangkat yang terhubung ke WiFi dengan Cara Mengetahui IP Address PC atau Ponsel dengan Mudah.
    Cara Memblokir Pengguna Jahil Wifi Modem ZTE Indihome

  4. Pada menu ACL, anda perlu memasukan kode MAC-nya ke kolom MAC Adress yang ada dibawah dan pastikan anda memilih pengaturan Disable dan Black List seperti gambar dibawah. Jika sudah, tekan Apply. Perangkat dengan MAC Address tersebut akan langsung terputus dan tidak dapat terhubung kembali dengan WIFI anda! terkecuali anda mengizinkannya untuk masuk kembali.
    Cara Memblokir Pengguna Jahil Wifi Modem ZTE Indihome

  5. Untuk Cara Menghapus Black List atau mengizinkan kembali user yang telah kita banned untuk bisa masuk kembali kedalam Jaringan yaitu anda hanya perlu melakukannya seperti cara Ketiga, namun pada pengaturannya anda harus mengganti menjadi Enable dan White List, setelah itu tekan Apply.
 Nah demikianlah sedikit ulasan singkat bagaimana cara mudah blokir pengguna wifi indihome tak dikenal dengan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…