Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Muncul Tiba-tiba

Bagaimana cara menghilangkan iklan di android yang muncul secara tiba-tiba? Bagi anda pengguna smartphone android yang pernah mengalami adanya iklan p

Bagaimana cara menghilangkan iklan di android yang muncul secara tiba-tiba? Bagi anda pengguna smartphone android yang pernah mengalami adanya iklan pop up mengganggu di layar hp androidnya maka bisa dipastikan hp android anda terkena virus malware. Penyebab iklan di android muncul ini biasanya anda salah men tap iklan dimana iklan ini berisikan sebuah virus malware yang merupakan virus yang mampu menyebarkan sejumlah iklan pop up maupun iklan lainnya yang sering muncul tanpa mengenal waktu.

Iklan-iklan yang sering muncul dan berganti-ganti pada layar hp android anda bertujuan untuk memperoleh pundi-pundi uang dari hasil yang tampil pada smartphone. Dan bahkan ada beberapa iklan ini bertujuan untuk menyedot pulsa serta lebih parahnya mengambil data penting anda pada hp android. Yang pasti virus malware iklan di hp android ini sangat mengganggu kenyamanan saat beraktifitas di hp android anda.

Berikut ini kami akan memberikan tips dan solusi cara menghilangkan iklan di layar hp android anda yang membandel dan sering muncul mengganggu aktifitas berselancar di dunia internet maupun lainnya.

Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Muncul Tiba-tiba

Cara Menghilangkan Iklan di Android yang Muncul Tiba-tiba

1. Kenali Sumbernya

Biasanya iklan-iklan ini muncul ketika anda membuka layar kunci anda. Anda akan langsung disuguhi iklan yang jika anda terburu buru maka bisa saja tak sengaja terpencet. Sumber dari iklan iklan ini bisa berasal dari aplikasi yang anda install namun tidak melalui Playstore. Seperti permainan game yang sudah dimodifikasi atau hasil download aplikasi dari situs internet lain. Aplikasi tersebut sering disisipi malware iklan untuk memperoleh keuntungan yang sudah disebutkan diatas. Umumnya jenis malware yang terkenal dengan hal ini yaitu Monkey Test dan Time Service.

2. Aplikasi yang berjalan

Jika langkah pertama tidak bisa anda lakukan karena anda sudah terlalu banyak menginstal aplikasi, maka anda bisa melihat aplikasi mencurigakan yang berjalan di running apps. Caranya, ketika anda membuka lockscreen dan iklan tersebut muncul, jangan buru buru menutup iklan tersebut. Tarik kebawah notifikasi drawer anda kemudian pilih menu setting. Di setting, buka pilihan aplikasi kemudian geser atau pilih agar menunjukkan aplikasi yang berjalan.

Anda bisa melihat aplikasi yang berjalan padahal tidak anda gunakan seperti BBM, Whatsapp, LINE dan lain-lain. Namun beberapa aplikasi tersebut memang dibutuhkan untuk berjalan sedangkan si aplikasi pengiklan ini adalah aplikasi yang seharusnya tidak anda gunakan. Hapus aplikasi tersebut untuk menghilangkan iklan di layar smartphone anda. Jika masih ada iklan yang muncul, lakukan langkah yang sama untuk mencari aplikasi yang dicurigai.

3. Format hp android atau kembalikan ke mode pabrik

Langkah terakhir adalah format smartphone anda untuk menghilangkan iklan di layar smartphone anda. Meskipun pada beberapa kasus malware yang ganas, format tidak menyelesaikan masalah. Jika ada terlalu banyak data yang ada di smartphone anda, cobalah urutkan aplikasi berdasarkan urutan penginstalan. Kemudian hapus satu persatu aplikasi tersebut sembari melihat apakah iklan tersebut muncul kembali atau tidak.

Nah demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara menghilangkan iklan di android yang sering tampil secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…