Cara Jitu Mengatasi Tidak Dapat Memuat Lokasi di Instagram (100% Berhasil)

Cara mengatasi dan memperbaiki kesalahan tidak dapat memuat lokasi di instagram (IG) sehingga hal ini membuat tidak bisa update lokasi di instagram. I

Cara mengatasi dan memperbaiki kesalahan tidak dapat memuat lokasi di instagram (IG) sehingga hal ini membuat tidak bisa update lokasi di instagram. Instagram memiliki banyak sekali fitur-fitur yang menakjubkan salah satunya fitur Lokasi / Location. Fitur lokasi ini bisa kita gunakan pada saat mengunggah video maupun foto di instagram. Umumnya fitur ini bertujuan untuk menandakan bahwa foto dan video ini dibuat dilokasi tersebut. Sehingga apabila foto / video yang anda unggah dilihat oleh teman-teman, kerabat, pacar, maupun keluarga akan mengetahui dimana letak lokasi video yang anda unggah. Dan barangkali mereka juga ingin mengetahui dan ingin datang ke lokasi foto yang anda bagikan.

Selain itu jika anda menyertakan sebuah lokasi pada foto / video instagram anda, sebenarnya bukan follower saja yang dapat melihat dan mengetahui lokasi foto / video tersebut. Namun orang lain juga bisa mengetahuinya dengan cara melakukan pencarian lokasi pencarian di instagram. Dengan cara ini orang lain dengan mudah mengetahui gambar dan video apa saja yang terdapat pada lokasi tersebut.

Lantas bagaimana cara mengatasi tidak dapat memuat lokasi di IG (Instagram)? Kenapa IG tidak bisa mencantumkan lokasi? Bagi anda yang menemukan kendala seperti ini, maka kami akan memberikan tips cara memperbaiki instagram yang tidak bisa memuat lokasi pada berikut ini.

Tips ampuh Mengatasi Tidak Dapat Memuat Lokasi di Instagram

  1. Lakukan Perizinan Apl

Cara pertama, silahkan anda bisa mencoba melakukan perizinan pada aplikasi Instagram. Agar bisa memuat fitur lokasi di instagram anda harus mengaktifkan fitur GPS pada smartphone android. Umumnya setiap perangkat memiliki perizinan apl yang otomatis telah dilakukan disaat menginstall aplikasi, tapi sebagian juga perlu dilakukan secara manual. Dan untuk melakukannya, anda bisa mencoba seperti pada langkah – langkah dibawah ini.

Mengatasi Tidak Dapat Memuat Lokasi di Instagram

Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Instagram” » Selanjutnya tap “Perizinan Apl”. Kemudian pastikan pada perizinan “Lokasi” dalam kondisi aktif.

  1. Bersihkan Cache Instagram

Selanjutnya, untuk cara yang kedua dengan membersihkan file sampah yang ada pada Aplikasi Instagram. Siapa tahu dengan membersihkan file sampah, Instagram bisa normal kembali dan dapat memuat lokasi dengan baik. Anda bisa memanfaatkan Aplikasi Keamanan untuk membersihkan file sampah dengan cepat atau bisa juga dengan melakukannya secara manual. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Mengatasi Tidak Dapat Memuat Lokasi di Instagram

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

  1. Hapus Data Instagram

Dan untuk cara yang ketiga adalah dengan cara membersihkan data Instagram. Membersihkan data Instagram yang dimaksud disini adalah menghapus data sementara seperti basis data, history, cache, login, dan lainnya. Dengan cara ini, pengaturan Instagram akan kembali pada posisi awal. Untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mengatasi Tidak Dapat Memuat Lokasi di Instagram

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Cara Menambahkan Lokasi Baru di Instagram

Umumnya instagram menyediakan dua cara yang bisa kita lakukan untuk membuat lokasi baru di instagram. Pertama adalah dengan menentukannya secara otomatis, dan kedua dengan mencarinya secara manual. Untuk menambah lokasi secara manual, memang sangat mudah karena kita bisa mengetiknya sendiri. Tetapi bagaimana ketika Anda ingin menambah lokasi di instagram secara otomatis atau real time sementara muncul keterangan “tidak dapat memuat lokasi”?

  1. Gulirkan notifikasi Android kebawah kemudian cari ikon Lokasi dan Sync.
    Mengatasi Tidak Dapat Memuat Lokasi di Instagram

  2. Aktifkan kedua fitur tersebut.
  3. Buka aplikasi Instagram kemudian upload dan tambahkan lokasi seperti biasa, maka akan muncul secara otomatis bahkan bisa mengeditnya.

Kesimpulannya, sebelum Anda bisa menambahkan fitur add location ini, Anda harus mengaktifkan lokasi di instagram yang terintegrasi dengan fitur GPS didalam smartphone Android. Setelah GPS diaktifkan, aplikasi instagram pun akan membaca dan menampilkan lokasi saat ini Anda berada.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi instagram tidak dapat memuat lokasi dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…